Pengembangan media pembelajaran menyimak cerita wayang untuk SMP kelas IX KTSP berbasis multimedia interaktif / Notara Ratu Jelyta Draydhie Al-a'laa
Main Author: | Al-a'laa, Notara Ratu Jelyta Draydhie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9636/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAl-alaaNotaraRatuJelytaDraydhie.2017.PengembanganMediaPembelajaranMenyimakCeritaWayanguntukSMPKelasIXKTSPBerbasisMultimediaInteraktif.Skripsi.JurusanSastraIndonesiaUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.SuyonoM.PdKataKuncipengembanganmediapembelajaranmenyimakceritawayangpembelajaranmenyimakmultimediainteraktifMenemukanpesandariceritawayangmerupakansalahsatukompetensidasarKTSPmatapelajaranbahasaJawakotaMalangyangharusdikuasaiolehpesertadidikkelasIXtingkatSMP/MTs.Kompetensiinitermasukdalamaspekmendengarkandanmengerucutpadakegiatanmenyimak.Kegiatanmenyimakceritawayanginidapatmeningkatkantingkatpemahamanpesertadidikterhadapisipesanyangterkandungdalamceritawayangdanmerealisasikanterhadapkehidupansehari-harimereka.Akantetapihaltersebutbelumtercapaidikarenakanadanyabeberapahambatan.Hambatantersebutantaralainyaitudarifaktorinternaldanfaktoreksternal.Hambatanfaktorinternaladalahhambatanyangdatangdaridiripesertadidiksendirisedangkanhambatanfaktoreksternaladalahhambatanyangterkaitdenganfasilitaspembelajaranyaitumediapembelejarandanstrategipembelajaranyangdigunakanolehguru.Berkaitandenganhaltersebutperluadanyapengembanganmediapembelajaranmenyimakceritawayangyangdapatmengatasibeberapahambatan.HalinidimaksudkanuntukmemfasilitasidanmendukungprosespembelajaranmenyimakceritawayangditingkatSMP/MTs.AdapunbeberapahalyangmendasaripentingnyapengembanganmediapembelajaranyaknikebutuhanpesertadidikdantuntutanguruuntukdapatmemfasilitasipesertadidikmenguasaikompetensisesuaituntutankurikulumdenganmenyajikanprosesbelajaryangberkualitasdenganmemperhatikankarakteristikpesertadidiktingkatSMPkelasIX.PenelitiandanpengembanganinibertujuanmenghasilkanprodukmediapembelajaranmenyimakceritawayangkelasIXSMPKTSPberbasismultimediainteraktif.Tujuanumumtersebutdapatdirincimenjadibeberapatujuankhususyaitu(1)menghasilkanmediapembelajaranbahasaJawamenyimakceritawayanguntukSMPkelasIXKTSPberbasismultimediainteraktifdisertaidenganpenyajianmateri(2)menghasilkanmediapembelajaranbahasaJawamenyimakceritawayanguntukSMPkelasIXKTSPberbasismultimediainteraktifdisertaidenganpenyajiantampilanyanginteraktifdan(3)menghasilkanmediapembelajaranbahasaJawamenyimakceritawayanguntukSMPkelasIXKTSPberbasismultimediainteraktifdisertaidenganpenyajianbahasakomunikatif.DalampenelitiandanpengembanganinidiadaptasidarimodelpengembanganBorgandGall.Darimodelpengembangantersebutterdapat5tahapanprosedurpenelitianpengembanganyaitu(1)tahappenelitiandanpengumpulaninformasiawal(2)perencanaan(3)pengembanganproduk(4)ujicobadan(5)revisi.Produkhasilpenelitiandanpengembanganinidiujicobakepadaahlimaterimenyimakceritawayangahlimediapembelajaranpraktisi(guruJawa)dankelompokkecilpesertadidikyangberanggotakan10siswadenganmembagikanangket.Berdasarkandatahasilujivalidasiprodukyaknidiklasifikasikanberdasarkankelayakanisimediapembelajarankelayakankomponen/sajianmediapembelajarankelayakanbahasamediapembelajarandankelayakantampilanmediapembelajaran.Klasifikasitersebutsimpulandarihasilujicobaahlipraktisidanlapangan.Berikutadalahhasilrekapitulasidaribeberapaklasifikasihasilujivalidasiprodukmedia.Kelayakanisimemperolehpresntaserata-rata83%.Kelayakankomponen/sajianmediapembelajarnmemperolehpresentaserata-rata88%.Kelayakanbahasamediapembelajaranmemperolehpresentaserata-rata84%.Kelayakantampilanmediapembelajaranmemperolehpresentaserat-rata82%.MediapembelajaranyangdihasilkanpadapenelitiandanpengembanganinidiberijudulNyemakCritaPewayangan.Mediapembelajaraniniterdiriatas6bagian.Bagian1memuatkalimatpembukastandarkompetensikompetensidasardanindikator.Bagian2memuattokohwayangasalusulcritawayangdanjinisebasa.Bagian3memuatlarah-larahanenemtokakepesencritapawayanganaudioceritawayangberjudulResiDurnalanDuryudanavideowayangkulitberjudulKarnadadiSenapatidanvideoceritawayangorangberjudulRembuganBaratayuda.Bagian4memuat3bagiansoalsesuaijudulceritawayangpadabagian3.Bagian5memuatkamusbahasaJawadanataubahasaKawi.Bagian6memuatprofilpengembang.Adapunbeberapasaranpemanfaatanprodukyangdihasilkanpadapenelitiandanpengembanganiniyakniditujukanpadapihak-pihakyangberkaitandenganpengembanganmediapembelajaranmenyimakceritawayangguruagardapatmemanfaatkanmediapembelajaransecaraoptimalpesertadidikagarmemanfaatkanprodukuntukmenemukanisipesanceritawayangsecaramandiridandiseminasiprodukagardisebarluaskanmelaluijurnalpenelitianforumMGMPKota/KabupatenMalangsertamediasosial.