Teks anekdot karya siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang tahun pelajaran 2016/2017 / Feti Nur Aini

Main Author: Aini, Feti Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9634/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAiniFetiNur.2017.TeksAnekdotKaryaSiswaKelasXSMKNegeri2MalangTahunPelajaran2016/2017.Skripsi.JurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.EndahTriPriyatniM.Pd.KataKuncimenulisteksanekdotkelasxKurikulumyangdigunakanpadasaatiniadalahKurikulum2013.PadaKurikulum2013terdapatkompetensi-kompetensidasaryangmemuat4keterampilanberbahasa.SalahsatuketerampilanberbahasayangterdapatdalamKurikulum2013adalahmenulis.PembelajaranBahasaIndonesiayangmengacupadaKurikulum2013menekankanpembelajaranberbasisteks.PadajenjangsekolahmenengahatasyaknikelasXterdapatberbagaimacamteksyangdipelajarisalahsatunyaadalahteksanekdot.Teksanekdotmempunyaitigaaspekpentingyaitustrukturisicirikebahasaandanisi.Tigaaspektersebutyangakanmenentukankekreatifansiswadalammenulisteksanekdot.FokuspenelitianiniadalahmendeskripsikanteksanekdotkaryasiswakelasXSMKNegeri2MalangTahunPelajaran2016/2017.Pendekatanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpendekatankualitatifsedangkanjenispenelitianiniadalahdeskriptif.DatadalampenelitianiniberupadokumenteksanekdotkaryasiswakelasXSMKNegeri2MalangTahunPelajaran2016/2017.DatadalampenelitianinibersumberdarisiswakelasXjurusanPerawatSosialSMKNegeri2MalangTahunPelajaran2016/2017.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahinstrumenpengumpulandatadaninstrumenanalisisdata.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanadalahtesmenulis.Kegiatananalisisdatadimulaisejaktahappengumpulandatatahapkodifikasidatatahapreduksidatasampaitahapmemasukkandatakedalamtabelanalisisdata.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamateksanekdotdikajidarikelengkapanstrukturisinyaditemukanduapolastruktur/urutanyaitu(1)lengkap(judul-abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda)(2)tidaklengkap(a)(judul-orientasi-krisis-reaksi-koda)(b)(judul-orientasi-krisis-reaksi)(c)(orientasi-krisis-reaksi-koda)dan(d)(judul-orientasi-krisis).Strukturisiteksanekdotterdiridari6unsuryaitu(a)judul(b)abstraksi(c)orientasi(d)krisis(e)reaksidan(f)koda.Padaunsuryangpertamajudulditemukantigavariasimaknajudulyaitumaknalugasmaknasimbolikberisikritikan/sindirandanmaknalugasberisikritikan/sindiran.Padaunsuryangkeduaabstraksiditemukanduavariasigambaranumumyaitugambaranumumperistiwadangambaranumumtokohutama.Padaunsuryangketigayaituorientasiditemukansembilanvariasipengenalanyaitu(1)pengenalanlatarsuasana(2)pengenalanlatarbelakangkonflik(3)pengenalanlatarsuasanadantempat(4)pengenalanlatartempatdanlatarbelakangkonflik(5)pengenalantokohdanlatarbelakangkonflik(6)pengenalanlatartempatwaktudankonflik(7)pengenalanlatarsuasanatempatdanlatarbelakangkonflik(8)pengenalantokohlatartempatdanlatarbelakangkonflikdanyangterakhir(9)pengenalantokohlatarsuasanatempatdanlatarbelakangkonflik.Padaunsurkeempatkrisisditemuakanduavariasipermasalahanisiyaitukonflikdankonflikberisikritikan/sindiran.Padaunsurkelimayaitureaksiditemukanlimavariasiresponyaitu(1)responberupaspontanitas(2)responberupatanggapan(3)responberupapenyelesaianmasalahsertaunsurhumor(4)responberupatanggapansertaunsurhumordan(5)responberupatanggapanunsurhumorsertakritikan/sindiran.Padaunsuryangterakhirkodaditemukanlimavariasipenutupyaitu(1)penutupberupatindakan(2)penutupberupaekspresi(3)penutupberupatindakandanekspresidan(4)penutupberupatindakandanpenyelesaianmasalah.Keduateksanekdotdikajidaricirikebahasaannyamempunyaiduaunsurkebahasaanyaitu(1)katayangmenunjukkanceritamasalalu/masalampaudan(2)kalimat/kataseru.Padaunsurkebahasaanyangpertamaterdapatempatvariasikatayangmenunjukkanceritamasalalu/masalampauyaitu(1)suatuhari(2)padasuatuhari(3)disuatudesadan(4)kemarin.Padaunsurkebahasaanyangkeduaterdapatduavariasikalimat/kataseruberdasarkantujuanpenegasannyayaitu(1)kalimat/kataseruuntukmenegaskanpermasalahan/konflikdan(2)kalimat/kataseruuntukmenegaskanekspresi.Ketigateksanekdotdikajidariisinyamempunyaitigaunsurisiyaitu(1)unsurhumor/kelucuan(2)unsurkritikan/sindirandan(3)unsurperistiwa.Padaunsurisiyangpertamayaituhumor/kelucuanterdapatempatvariasidalammenuangkanunsurhumordidalamteksyaitu(1)dituangkandenganceritaketidakpahamantokoh(2)dituangkandenganceritatindakantokohyangapaadanya(3)dituangkandenganceritareaksitokohmenganggapsamaduahalyangberbedadan(4)dituangkandenganceritaekspresiyangberlebihan.Padaunsurisiyangkeduaterdapattigavariasikritikan/sindiranberdasarkansasaranyaitu(1)kritikan/sindiranterhadaptindakan(2)kritikan/sindiranterhadapkebijakandan(3)kritikan/sindiranterhadapkondisi.Padaunsurisiyangketigaterdapattigajenisperistiwaberdasakankeberpengaruhannyayaitu(1)fungsional(2)kaitandan(3)acuan.PertamasaranbagiguruBahasaIndonesiahasilpenelitianinidapatdigunakansebagaimateritambahanbagisiswauntuklebihmengenalteksanekdotdangurulebihmemperhatikanpenyampaianmateriteksanekdotyangmencakup3aspek(strukturisicirikebahasaandanisi)supayasiswalebihkreatiflagidalammenyusunteksanekdot.Keduakepadacalonpenelitiselanjutnyadapatmemanfaatkanhasilpenelitiansepertiyangdipaparkanpadasimpulandiatasuntukmeneliti3aspekpenting(strukturisicirikebahasaandanisi)dengansubjeklainataumembandingkankaranganteksanekdotsiswaSMKdansiswaSMAdengantujuanmengetahuiperbandingankarangansiswayangberlatarbelakangjurusanberbeda.