Analisis teknik penokohan cerpen karya siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Malang / Faradiba Sofia Anggita

Main Author: Anggita, Faradiba Sofia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9632/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnggitaFaradibaSofia.2017.AnalisisTeknikPenokohanpadaCerpenKaryaSiswakelasXIIPS2SMANegeri5Malang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.Hj.IdaLestariM.Si.KataKunciCerpenteknikpenokohanlangsungteknikpenokohantidaklangsungSalahsatujenisteksyangdiajarkanuntukmengembangkanketerampilanmenulissiswadalampembelajaranBahasaIndonesiakelasXISMAberdasarkanKurikulum2013adalahmenyusuntekscerpen.PadajenjangpendidikansebelumnyatekscerpeninijugatelahdiajarkanpadakelasVIIISMP/MTS.Halinididasariataspertimbanganbahwatekscerpenperludiajarkansecaraberkesinambungan.Selainituteksinimerupakansalahsatujenisteksyangmembutuhkanproseskreativitasyangtinggihalitudisebabkandalampenulisancerpendibutuhkanideperasaanmaupunpikirankreatifuntukmenghasilkancerpenyangmenarikbagipembaca.BerdasarkanhasilpenelitianyangtelahpenelitilaksanakandiSMANegeri5MalangkhususnyadikelasXIIPS2ditemukanbahwatidaksemuasiswadapatmenguasaidanmemvariasikanteknikpenokohantekscerpen.Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanduafokuspenelitian.Pertamateknikpenokohansecaralangsung/analitikyaknituturanpengarang.Keduateknikpenokohansecaratidaklangsung/dramatikyangmeliputipenampilantokohcakapantingkahlakupikirandanperasaanaruskesadaanreaksitokohreaksitokohlaindanpelukisanlatardalamcerpenkaryasiswakelasXISMANegeri5Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiankajianteksyangmerupakansalahsatujenisdaripenelitiankualitatif.LokasipenelitiandilakukandiSMANegeri5Malang.SumberdatadalampenelitianiniberupatekscerpenkaryasiswakelasXIIPS2SMANegeri5Malang.DatapenelitianiniberupapenggalancerpenkaryasiswakelasXIIPS2SMANegeri5Malangyangmenunjukkanteknikpenokohan.ProsedurpengumpulandatadilakukandenganteknikdokumentasicerpenkaryasiswayangsudahadasebagaitugasdarigurubahasaIndonesia.Instrumenyangdigunakanterdiriatasinstrumenkuncidanpelengkap.Penelitimenjadiinstrumenkuncipenelitianini.Instrumenpelengkapberupapedomankodifikasidatadanpedomananalisisdata.Datadianalisisdenganprosedur(1)reduksidata(2)penyajiandatadan(3)penarikankesimpulan.Tahapanpenelitianyangdilakukanmeliputitahappersiapanpelaksanaandanpenyelesaian.Dalammenentukankeabsahantemuanpenelitimelakukandiskusidengandosenpembimbingdantemansejawat.Hasilpenelitianiniberupadeskripsitentangteknikpenokohansecaralangsungdantidaklangsung.Berdasarkananalisisdatadiperolehduahasilsebagaiberikut.Pertamateknikpenokohansecaralangsung/analitikyaknituturanpengarang.Tuturanpengarangmerupakantuturanlangsungdaripengaranguntukmendiskripsikanwatakdansifattokohdalamcerpen.Selainituterdapattuturanpengarangyangmenunjukanpelukisanfisiktokoh.Keduateknikpenokohansecaratidaklangsung.teknikpenokohansecaratdaklangsungmerupakanteknikdimanapenulismenggunakantingkahlakudanperistiwadalamceritauntukmenggambarkantokoh.Teknikpenokohanridaklangsungdalamcerpensiswayangpalingbanyakdigunakanadalahcakapancarakeduayangbanyakdigunakanadalahpikirandanperasaantokohdancaraketigayangjugabanyakdigunakandalamcerpensiswaadalahtingkahlaku.Saranpenelitianditujukankepadasiswagurudanpenelitiselanjutnya.Bagisiswadisarankanuntukmemperbanyakrefrensiterkaitteknikpenokohancerpensehinggapengetahuantentangteknikpenokohan/caramelukiskanwataktokohlebihbervariasisehinggadapatmenghasilkankaryacerpenyanglebihmenarik.Bagigurumatapelajarandisarankanuntukmemberikanpenjelasanlebihdalammengenaiteknikpenokohansecaralangsungdantidaklangsungsertateknik-tekniklainyangbisadigunkandalammenggambarkanwataktokohsehinggasiswamemilikibanyakwawasanterkaitteknikpenokohansaatmenuliscerpenagarhasilnyalebihbaikdanmenarik.KepadapenelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitianpadaaspeklainterkaitdengantekscerpendanmenjadikanpenelitianinisebagaimasukandalammelakukanpenelitianlainterkaitteknikpenokohanABSTRAKAnggitaFaradibaSofia.2017.AnalysisofCharacterizationTechniquesonShortStoriesWrittenby2ndYearStudentsofSMANegeri5Malang.ThesisIndonesianLiteratureDepartmentFacultyofLettersStateUniversityofMalang.SupervisorDra.Hj.IdaLestariM.Si.Keywordsshortstorydirecttechniquesindirecttechniques.Writingshortstoriesisaformoflanguageandliteraturelearningskillthatmustbemasteredbylearnersbecausewritingshortstoriesisacreativeprocessthatisnoteasytobedone.Inordertowriteshortstoriesthatappealtothereaderitrequiresideasfeelingsandcreativethoughts.Writingshortstoriesbecameoneoftheimportantaspectsinlanguagelessons.Itbecomesanactivitytotrainthelearnersinpouringideasfeelingsinawritingandcandevelopthecreativityoflearners.Bymakingwritingshortstoriesasalessoninschoolitcangivethepotentialstudentstherightguidancetoimprovetheirskill.Therearetwoelementsthatconstructtheshortstoryorfictionalprosetheintrinsicandextrinsicelements.Theintrinsicelementsoftheshortstoryincludethemescharactersandcharacterizationsplotbackgroundpointofviewlanguagestyleandmessage.Theextrinsicelementoftheshortstoryisrelatedtotheelementsoutsidefromtheliteraryworksuchasthebackgroundoftheauthorandembeddedculturalvalues.Thecharacterisoneoftheimportantelementsbecauseitcanshowthepsychologicalandhumancharacters.Theliteraryworksmirrorthelifeandhasaroleofbringingastoryandmessage.Therearetwotechniquestodisplaythecharacteristicscharactersattitudeandnaturewhicharedirecttechniquesandindirecttechniques.Thisstudyaimstodescribethetechniqueofcharacterizationdirectly/analyticandindirectly/dramaticthatiscontainedintheshortstorieswrittenbystudentsofXISocialSMANegeri5Malang.Thisresearchisatextstudyresearchwhichisatypeofqualitativeresearch.TheresearchwasconductedinSMANegeri5Malang.Thedatasourceinthisresearchisshortstorytexts.ThedataofthisresearchisinaformofquotationofshortstoriesbythestudentsofclassXISMANegeri5Malangwhichshowthecharacteristicsandcharacterstraits.ThedatacollectionprocedureisdonebyinterviewingteachersanddocumentingshortstoriesofexistingstudentsworksasassignmentsfromIndonesianlanguageteachers.Instrumentsinthisstudyareresearchersthemselves.Datacollectioninstrumentsintheformofstudentworksheets(LKS)cepenworkofstudentswhohavebeencreated.Dataanalysisinthisresearchisdonethreethings(1)datareduction(2)presentationofdataand(3)drawingconclusionafterthatisanalyzingthetechniqueofcharacterizationdirectlyandindirectlywithspecifiedguidance.Checkingthevalidityofdatafindingsbyrepeatingcarefullydiscussionswithpeersanddiscussionswithexpertsormentors.Theresearchstagesinthisresearchinclude(1)preparationstage(2)implementationstageand(3)reportingstage.Theresultofthisresearchisthedescriptionofthecharacterizationtechniquesdirectlyandindirectly.Basedontheresearchresultstwoconclusionsareobtainedasfollows.Firstthedirect/analyticcharacterizationtechniqueisdividedintotwotechniqueswhichare(1)directspeechfromauthorswhoareoftenusedbecausetheauthorsdirectlydescribethecharactertraitsand(2)thephysicalrepresentation.Secondthemostusedindirectcharacterizationtechniqueinshortstoriesofstudentsiscakepanthesecondmostisthethoughtsandfeelingsofthecharactersandthethirdmostisthestudentsshortstoryisthebehavior.Researchsuggestionsaredirectedtostudentsteachersandfurtherresearchers.Forstudentsitisadvisabletoreadmoreshortstorieswiththeirtheoriesandpracticewritingshortstoriessothattheknowledgeofhowtodepictthecharacterofthecharactersmoreandmorevariedandcancombineorvarythecharacterizationtechniquessothatthewritingbecomesbetterandinteresting.Forthesubjectteachersitisadvisabletogiveadeeperexplanationofthecharacterizationtechniquesdirectlyandindirectlyandothertechniquesthatcanbeusedindescribingthecharacterofthecharactersothatstudentshavemanyinsightsrelatedtocharacterizationtechniqueswhenwritingshortstoriesforbetterandinterestingresults.forthenextresearcheritissuggestedtodoresearchthatcanimprovethequalityofshortstorybasedontechniqueofcharacterizationsothatstudentsbecometrainedindeterminingcharacterscharacteristicswithvarioustechniquebesidesitissuggestedtodoresearchonotheraspectrelatedtotextindeep