Korelasi penggunaan strategi literasi informasi dan kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang / Ika Diandra Khadijah
Main Author: | Khadijah, Ika Diandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9628/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhadijahIkaDiandra.2017.KorelasiPenggunaanStrategiLiterasiInformasidanKemampuanMenulisKaryaIlmiahSiswaKelasXISMANegeri2Malang.S1PendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerah.JurusanSastraIndonesia.FakultasSastra.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.EndahTriPriyatniM.Pd83halaman.KataKunciStrategiLiterasiInformasiKaryaIlmiahKorelasiDiperkenalkannyamenuliskaryailmiahsejaksekolahmenengahatas(SMA)termasukdiSMANegeri2Malangdapatmenunjangpembelajaransehari-harisehinggadapatmenunjangkeberhasilansiswadalammembuatkaryailmiahketikamelanjutkanpendidikandiperguruantinggi.Namunpengenalankaryailmiahsajatidaklahcukupjikatidakditunjangdenganliterasiyangberkualitas.Untukituperlunyamempelajaribagaimanamencariinformasiyangtepatuntukmenunjangkaryailmiahsiswamakasiswaharusmenguasailiterasiinformasi.Dalammelakukanpenelitiansiswamelewatiberbagaimacamprosesliterasiinformasidimulaidarimemilihtopikmengaksessumberinformasimemilihmengolahmempresentasikandanmengevaluasiinformasi.Untukitupenelitianinibertujuanmengetahuikemampuanmenuliskaryailmiahsiswamengetahuipenggunaanstrategiliterasiinformasisiswadanmengetahuihubunganstrategiliterasiinformasidengankemampuanmenuliskaryailmiah.Metodepenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkorelasionaldenganpendekatandeskriptifkuantitatif.PenelitianinidilakukandiSMANegeri2Malangdenganmengambilsampelsebanyak50siswayangterdiridarikelasXIprogramMIPAprogramIPSdanprogramBahasa.Datayangdiperolehdalampenelitianiniadalah(1)skorpenggunaankemampuanliterasiinformasidan(2)skorhasilkaryatulisilmiah.Teknikpengambilandatayangdigunakanyaitumelaluiangketdantes.TeknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahSimpleRandomSampling.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalah(1)penilaianacuanpatokanskalalimadan(2)programSPSS16.0forWindowsdenganduaujianalisisyaitu(1)ujiprasyaratdan(2)ujikorelasional.BerdasarkananalisisdataditemukanbahwasiswaSMANegeri2Malangbanyakmemperolehsumberinformasiliterasidariinternetdanbukureferensi..Hasilskorrata-ratakemampuanmenuliskaryailmiahsiswakelasXISMANegeri2Malangadalah7189%dengankategoricukup.Hasilskormenggunakanstrategiliterasiinformasisiswaadalah628%dengankategoricukup.Korelasiantarapenggunaanstrategiliterasiinformasidankemampuansiswadalammenuliskaryailmiahdapatdiketahuisetelahpengamatandanpengumpulandataskorhasilmakalahsiswadanskorpenggunaanstrategiliterasiinformasisiswayangkemudianditelitidandinilai.Dariragamdatayangdidapatdariteknikpengumpulandatainikemudiandidapatkanhasiluntukdianalisis.Hasildarianalisisdatamenunjukkanadanyahubunganpositifantaramenggunakanstrategiliterasiinformasidankemampuansiswadalammenuliskaryailmiahdengansignifikansirhitung05530230rtabel.Berdasarkanpenelitiantersebutpenelitimenyarankankepada(1)guru(2)pembinaKIRdan(3)penelitilain.Pertamakepadagurudiharapkanmampumeningkatkankemampuanmenuliskaryailmiahsiswasesuaidengankaidahyangbenardanmeningkatkanliterasiinformasisiswadenganmencontohkancara-carapenggunaanliterasiinformasimulaidarimengetahuikebutuhaninformasimendapatkanmenggunakanmengevaluasimenganalisismenggunakandanmengomunikasikaninformasisecarabaiksertameningkatkankemampuanmenuliskaryailmiahdanpenggunaanliterasiinformasisiswaagarnilainyameningkatkarenahubunganstrategiliterasiinformasisiswamasihtermasukdalamkategoricukup.KeduakepadapembinaKIRsupayamenambahmengajarkancaraberliterasiinformasiyangbaikagarhasilkaryailmiahsiswalebihbaiklagi.SelainitupembinaKIRdapatmeningkatkankemampuanmenuliskaryailmiahsiswapadaaspekmenuliskajianpustakamenulispembahasandandaftarrujukankarenasiswamasihmemperolehnilaidengankategoricukuppadaaspektersebut.Ketigakepadapenelitilaindiharapkanpembelajaranliterasiinformasi.dapatdikajiulanglebihlanjutmengingatperkembanganteknologiinternetyangmemudahkanmendapatkaninformasicenderungmembuatsiswamenyampingkanpenelitianpenelitanterdahuludankurangmemperhatikankaidah-kaidahdalampenulisanliterasiinformasiyangbenardalampembuatankaryailmiah.