Kemampuan menulis teks biografi menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang / Rina Lesmana

Main Author: Lesmana, Rina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9620/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLesmanaRina.2017.KemampuanMenulisTeksBiografiMenggunakanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)padaSiswaKelasVIIISMPNegeri15Malang.Skripsi.JurusanSastaIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.NitaWidiatiM.Pd.KataKuncikemampuanmenulisteksbiografimodelpembelajaranthinktalkwrite.Kemampuanmenulisadalahkemampuanyangbersifataktifdanproduktifdidalammenghasilkantulisanyangdiperolehmelaluiprosespembelajarandanlatihansecaraterus-menerusPadapenelitianinidifokuskankepadakemampuanmenulisteksbiografi.Teksbiografimerupakansuatukaryatulisyangmengisahkanseorangtokohperistiwadanmasalahyangdialamitokohyangditulisolehoranglain.Melaluikegiatanmenulisteksbiografisiswadapatmendokumentasikansuatukisahhidupseorangtokohdalambentuktulisandanhasiltulisandapatmemberikansuatuinformasikepadapembacamengenaiperjalananhidupseseorang.ModelpembelajaranyangdigunakanadalahmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)yaitumodelpembelajaranyangdirancanguntukmendorongsiswadalamberpikiruntukmemecahkanmasalahsecaraberkelompokdanberdiskusikemudianmenuliskanhasildiskusikedalambentuktulisan.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikankemampuanmenulisteksbiografimenggunakanmodelpembelajaranthinktalkwritepadasiswakelasVIIISMPNegeri15Malangdariduaaspekyakniaspekciristrukturdanaspekcirikebahasaanteks.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatandesktiptifkuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri15MalangtahundansampelyangdipilihadalahsiswakelasVIII-BVIII-FdanVIII-ISMPNegeri15Malangtahunpelajaran2016/2017denganjumlah75siswa.Sumberdatamerupakanhasilkaryasiswa.Teknikpengambilansampelmenggunakansimpelrandomsampling.Pengumpulandatadilakukanmelaluiduateknikyaitu(1)tesuraiandan(2)rubrikpenilaian.Analisisdatadilakukanmelaluitigatahapyakni(1)persiapan(2)pengkodean(3)penilaian.BerdasarkanhasiltemuanpenelitiandanpembahasanterhadapkemampuanmenulisteksbiografimenggunakanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)padasiswakelasVIIISMPNegeri15Malang(1)kemampuansiswamenulisteksbiografidilihatdariaspekciristruktursebanyak46siswadari75berhasilmenulisstrukturteksbiografi(2)kemampuansiswamenulisteksbiografidilihatdariaspekcirikebahasaansebanyak44siswadari75siswabelumberhasilmenuliscirikebahasaanteksbiografi.KriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yangberlakudiSMPNegeri15Malangyaitu70.Jikadilihatdarijumlahsiswatersebutlebihdominansiswayangmampumenulisteksbiografidilihatdariaspekciristrukturteksdancirikebahasaanteks.SehinggadapatdisimpulkanbahwasiswakelasVIIISMPNegeri15Malangmampumenulisteksbiografi.Saranpenelitiandiajukankepadatigapihakyakni(1)guru(2)siswadan(3)penelitilain.ABSTRACTLesmanaRina.2017.TheAbilityofWritingBiographyTextbyUsingThinkTalkWrite(TTW)MethodonVIIIGradeofJuniorHighSchool15Malang.Thesis.DepartmenofIndonesianandLiteratureIndonesiaFacultyofLiteratureStateUniversityofMalang.AdvisorDr.NitaWidiatiM.Pd.Keywordswritingskillbiographytextthinktalkwritemethod.Theabilityofwritingisanactiveandproductiveabilityinproducingwritingobtainedthroughcontinuouslearningandtraining.Inthisstudyfocusedontheabilitytowritebiographytexts.Thetextofabiographyisapaperthattellsofacharactereventandproblemexperiencedbyacharacterwrittenbysomeoneelse.Throughtheactivitiesofwritingbiographytextsstudentscandocumentacharacterslifestoryintheformofwritingandtheresultsofwritingcanprovideinformationtothereaderaboutthejourneyofoneslife.ThelearningmethodusedistheThinkTalkWrite(TTW)learningmodelwhichisalearningmodeldesignedtoencouragestudentsinthinkingtosolveproblemsingroupsanddiscussandthenwritetheresultsofthediscussionintotheformofwriting.ThepurposeofthisstudyistodescribetheabilitytowritebiographicaltextusingthemodelofthinktalkwritelearninginthestudentsofclassVIIIGradeofJuniorHightSchool15Malangfromtwoaspectsnamelyaspectsofstructureandaspectsoflanguagelinguisticfeatures.Theapproachusedinthisresearchisquantitativedescriptiveapproach.ThepopulationinthisresearchisthestudentsofclassVIIIGradeofJuniorHightSchool15MalangyearandtheselectedsampleisthestudentsofclassVIII-BVIII-FandVIII-ISMPNegeri15Malangacademicyear2016/2017withtotal75students.Thedatasourceistheworkofthestudents.Thesamplingtechniqueusingsimplerandomsampling.Thedatawerecollectedthroughtwotechniquesnamely(1)descriptiontestand(2)assessmentrubric.Dataanalysisisdonethroughthreestagesnamely(1)preparation(2)coding(3)assessment.BasedonthefindingsofresearchanddiscussionontheabilitytowritebiographicaltextusingThinkTalkWrite(TTW)learningmodelingradeVIIIstudentsofGradeofJuniorHightSchool15Malang(1)studentsabilitytowritebiographicaltextseenfromstructuralfeaturesaspectsasmuchas46studentsfrom75managedtowritestructureBiographicaltexts(2)studentsabilitytowritebiographicaltextsviewedfromaspectsoflanguageasmuchas44studentsfrom75studentshavenotsucceededinwritingthecharacteristicofbiographytext.MinimumExhaustivenessCriteria(KKM)applicableinJuniorHighSchool15Malangis70.Ifseenfromthenumberofstudentsmoredominantstudentswhoareabletowritebiographicaltextseenfromtheaspectsofthestructureoftextandthecharacteristicsoflanguagetext.ThusitcanbeconcludedthatthestudentsofgradeVIIIGradeofJuniorHightSchool15Malangareabletowritebiographicaltexts.Theresearchsuggestionissubmittedtothreepartiesnamely(1)teachers(2)studentsand(3)otherresearchers.