Pengembangan bahan ajar menulis teks biografi bermuatan pendidikan karakter untuk siswa SMP kelas VIII / Wika Nurma Hidayatul Nafi'ah

Main Author: Nafi'ah, Wika Nurma Hidayatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9618/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNafiahWikaNurmaHidayatul.2017.PengembanganBahanAjarMenulisTeksBiografiBermuatanPendidikanKarakteruntukSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.WahyudiSiswantoM.Pd.KataKuncipengembanganbahanajarmenulisteksbiografipendidikankarakter.Penelitianpengembanganbahanajarmenulisteksbiografibermuatanpendidikankarakterdilatarbelakangiolehhasilstudipendahuluanbahwasaatiniterjadifenomenapenurunankualitasmoralpadausiaremaja.HaltersebutmenjadisalahsatualasanpemerintahIndonesiamengadakanprogrampendidikankarakter.SalahsatuimplementasipendidikankarakteradalahmelaluipembelajaranbahasaIndonesiayaitumelaluikegiatanmenulisteksbiografi.Teksbiografimemuatnilai-nilaikarakteryangdimilikitokoh.Akantetapisiswamasihmengalamihambatanmenulisteksbiografi.Siswakesulitanmembuatdaftarpertanyaanyangsesuaiuntukmenggaliinformasitokohyangbiografinyaakanditulis.Selainitusiswamasihkesulitanmenggunakankatahubungintrakalimatdanantarkalimatyangsesuai.Salahsatupenyebabkesulitantersebutadalahbahanajaryangbelumsesuaidengankebutuhansiswa.Bahanajaryangdigunakanmasihminimmateri.Bahanajartersebutbelummemudahkansiswadalammenulisteksbiografi.Disampingitubahanajarjugabelummenekankanpendidikankarakter.Olehkarenaitudibutuhkanbahanajaryangdapatmemudahkansiswadalammenulisteksbiografisertadapatmemberikanpendidikankarakterkepadasiswamelaluipenanamannilai-nilaikarakterpadatokohbiografi.PenelitiandanpengembanganinimemilikitujuanumummenghasilkanprodukberupabahanajarmenulisteksbiografibermuatanpendidikankarakteruntuksiswaSMPkelasVIIIsehinggadapatmembantukesulitansiswa.AdapuntujuankhususpenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanbahanajarmenulisteksbiografibermuatanpendidikankarakteruntuksiswaSMPkelasVIIIyangmemenuhisyaratisikebahasaansistematikadantampilansertalayakuntukpembelajaranyangsesuaiKurikulum2013.PenelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganBorgdanGall.Akantetapimodelpenelitiandanpengembangantersebutdiadaptasisesuaidengankebutuhandankondisipenelitian.Modelpenelitiandanpengembangantersebutdiadaptasimenjaditujuhlangkahyangmeliputi(1)studipendahuluan(2)perencanaan(3)pengembangandrafproduk(4)ujivalidasi(5)revisiprodukawal(6)ujilapanganterbatasdan(7)penyempurnaanprodukakhir.Ujivalidasidilakukandenganmelibatkan(1)ahlimaterimenulisteksbiografi(2)ahlipenyusunanbahanajarmenulisdan(3)praktisiatauguruBahasaIndonesia.Ujilapanganterbatasdilakukandenganmelibatkan15siswakelasVIIISMPNegeri9Malang.Jenisdatayangdiperolehdaripenelitiandanpengembanganiniadalahdataverbaldannumerik.Dataverbalberupacatatankomentardansaranyangdituliskanolehsubjekujipadalembarangketdaninformasilisanyangdiperolehdariwawancara.Sementaraitudatanumerikadalahdataberupaskorpenilaiandariangketyangdiisiolehvalidatordansiswa.Berdasarkanhasilujivalidasidenganahlidanpraktisidiperolehdataberikut.Aspekisibahanajarmendapatpersentase86%aspekkebahasaanmendapatpersentase921%aspeksistematikapenyajianmendapatpersentase982%danaspektampilanmendapatpersentase965%.Rata-ratapersentasekelayakanbahanajarmenulisteksbiografibermuatanpendidikankaraktersecarakeseluruhanmencapai918%yangberartitergolongsangatlayakdandapatdiimplementasikan.Adapunberdasarkanujilapanganterbatasdiperolehdataberikut.Aspekisibahanajarmendapatpersentase893%aspekkebahasaanmendapatpersentase958%aspeksistematikapenyajianmendapatpersentase908%danaspektampilanmendapatpersentase967%.Rata-ratapersentasekelayakanbahanajarmenulisteksbiografibermuatanpendidikankaraktersecarakeseluruhanmencapai914%yangberartitergolongsangatlayakdandapatdiimplementasikan.Saranpemanfaatanprodukhasilpengembanganditujukankepadagurusiswapenelitilaindanpengembangproduklebihlanjut.Gurudisarankanuntukmenerapkanbahanajarmenulisteksbiografibermuatanpendidikankarakterdalampembelajaranmenulisteksbiografisecaraoptimalagarkendaladalampembelajarandapatdiatasi.Siswadisarankanuntukmembacabahanajariniagardapatmenumbuhkembangkankekreatifandankemampuanmenulisteksbiografibaiksecaramandiriataudengankehadiranguru.Penelitidanpengembangbahanajarlaindisarankanuntukmempertimbangkanbahanajarinisebagaidasardalammengembangkanbuku-bukupelejaranmengenaiteksbiografidankaitannyadenganmuatankarakteryangsaatinibelumbanyaktersedia.ABSTRACTNafiahWikaNurmaHidayatul.2017.DevelopmentofTeachingMaterialsWritingTextofBiographyCharacterEducationContentforStudentsofSMPYearVIII.SarjanasthesisDepartmentofIndonesianLiteratureFacultyofLettersStateUniversityofMalang.AdvisorsProf.Dr.WahyudiSiswantoM.Pd.Keywordsdevelopmentofteachingmaterialsbiographytextwritingcharactereducation.Theresearchaboutlearningmaterialimporvementusingcharactereducationbasedbiographygroundedbypreliminarystudyresultsthatnowadaysthereisadecreaseofmoralqualityamongteenagers.ThisbecameoneofthereasonstheIndonesiangovernmentholdacharactereducationprogram.OneoftheimplementationofcharactereducationisthroughIndonesialanguageteachingthatisbybiographywritingactivity.Biographytextcontainscharactervaluesownedbyfamousfigures.Howeverstudentsarestillexperiencingbarrierstowritingbiographytexts.Studentsfinditdifficulttomakealistofappropriatequestionstodigupinformationofthepersonwhosebiographywillbewritten.Inadditionstudentsstillhavedifficultyusingappropriateintrasentencesandintersentenceswords.Oneofthecausesofthedifficultyistheteachingmaterialsthathavenotbeeninaccordancewiththeneedsofstudents.Theteachingmaterialsusedarestillminimal.Theteachingmaterialshavenotmadeiteasierforstudentstowritebiographytexts.Inadditionteachingmaterialsalsohavenotemphasizedcharactereducation.Thereforethereisaneedforteachingmaterialthatcanfacilitatestudentsinwritingbiographytextsandcanprovidecharactereducationforstudentsthroughtheinculcationofcharactervaluesonbiographyfigures.ThisresearchanddevelopmenthasthegeneralpurposeproducingtheproductintheformofteachingmaterialstowritebiographytextcontainingcharactereducationforstudentsofSMPYearVIIIsothatitcancopethestudentsdifficulties.ThespecificpurposeofthisresearchandimprovementistoproduceteachingmaterialstowritebiographytextcontainingcharactereducationforstudentsofSMPYearVIIIwhichmeetadequaciesintermsofcontentlanguagesystematicandappearancethatareappropriateforCurriculumof2013ThisstudyusesaresearchanddevelopmentmodelofBorgandGall.Howevertheresearchanddevelopmentmodelisadaptedaccordingtotheneedsandconditionsofthestudy.Theresearchanddevelopmentmodelisadaptedintosevensteps.Firstpreliminarystudy.Secondplanning.Thirdproductdraftbuillding.Fourthvalidationtest.Fifthrevisionofinitialproduct.Sixthlimitedfieldtest.Seventhrefinementofthefinalproduct.Validationtestisdonebyinvolving(1)materialexpertsofbiographytextwriting(2)writingmaterialsexpertsand(3)practitionersorteachersofIndonesianlanguage.Alimitedfieldtrialwasconductedinvolving15studentsofgrade8JuniorHighSchool9Malang.Thetypesofdatawereobtainedfromthisresearchanddevelopmentareverbalandnumericaldata.Verbaldataintheformofnotescommentsandsuggestionswrittenbythetestsubjectsonthequestionnaireandoralinformationobtainedfromtheinterview.Meanwhilenumericaldataisdataintheformofscoringscoresfromquestionnairesfilledbyvalidatorsandstudents.Basedonvalidationtestresultswithexpertsandpractitionersareobtainedthesefollowingdata.Aspectsofteachingmaterialscontentgets86%percentagelinguisticaspectgets92.1%percentagepresentationsystematicaspectgets98.2%percentageandaspectofdisplaygets96.5%percentage.Theaveragepercentageofeligibilityofteachingmaterialstowritebiographytextcontainingcharactereducationasawholereaches91.8%whichmeansitisclassifiedasveryfeasibleandcanbeimplemented.Whereasbasedonlimitedfieldtestresultsthefollowingdata.Aspectsofthecontentoftheteachingmaterialsget89.3%percentagelinguisticaspectgot95.8%percentagepresentationsystematicaspectgot90.8%percentageanddisplayaspectgot96.7%percentage.Theaveragepercentageofeligibilityofteachingmaterialstowritebiographicaltextcontainingcharactereducationasawholereaches91.4%whichmeansitisquitefeasibleandcanbeimplemented.Suggestionofutilizationofproductofdevelopmentresultaimedtoteacherstudentotherresearcherandproductdeveloperfurther.Teachersareencouragedtoapplyteachingmaterialstowritebiographicaltextcontainingcharactereducationinlearningtowritebiographytextoptimallysothatobstaclesinlearningcanbeovercome.Studentsareencouragedtoreadtheseinstructionalmaterialsinordertofostercreativityandbiographicalwritingskilleitherindependentlyorwithteacherattendance.Researchersandotherresourcedevelopersareadvisedtoconsiderthisresourceasthebasisfordevelopingpitchbooksonbiographytextswhichcontaineducationprogramthatiscurrentlynotmuchavailable.