Kendala ambiguitas terhadap komprehensi menyimak teks eksplanasi siswa kelas XI Metro SMKN 8 Malang / Sahlan Maulana Rozak Ghozali Putra

Main Author: Putra, Sahlan Maulana Rozak Ghozali
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9611/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutraSahlanMaulanaRozakGhozali.2017.KendalaAmbiguitasterhadapKomprehensiMenyimakTeksEksplanasiSiswaKelasXISMKN8Malang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.H.A.SyukurGhazaliM.PdKataKuncikendalaambiguitasambiguitasleksikalambiguitasgramatikalmenyimaktekseksplanasiKetaksaan(ambiguitas)adalahmaknayanglebihdarisatu.Ketaksaanitudisebabkanolehantaralain(1)tidakhadirnyakonjungsiataupreposisi(2)urutanunsur-unsurnyamenyimpangdariurutanyangsudahlazim(3)penggunaankatayangmengambigukandan(4)intonasi/tekananyangberbeda.Dilihatdarisegileksikaldanstrukturkalimatnyaambiguitasdapatdibagimenjadiduamacamyaituambiguitasleksikaldanambiguitasgramatikal.Dalamambiguitasleksikalpenggunaankatasangatmemengaruhimaknaataunilaidarisebuahkalimat.Ambiguitasgramatikaladalahmacamambiguitasyangpenyebabnyaadalahbentukstrukturkalimatyangdipakai.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikan(1)ambiguitasleksikaldan(2)ambiguitasgramatikalyangmenyulitkansiswakelasXIMetroSMKN8Malangdalamkomprehensimenyimaktekseksplanasi.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifkarenapenelitianiniberusahamengungkapkendalaambiguitasterhadapkomprehensimenyimaksiswayangdapatterjadidalampembelajaranmenyimaktekseksplanasikompleks.Datapenelitianberupavideodansoal-soalpilihangandaberisipertanyaantentangkataataukalimatyangmengandungambiguitasleksikalberupakatayangmaknanyabergantungkontekddanistilahasingatauambiguitasgramatikalyangmemilikirapatansematandanelipsis.Pengumpulandatadilakukandenganstudidokumenyangberupasoal-soalpilihangandayangberisipertanyaantentangkataatauaklimatyangambiguyangtelahdijawabolehsiswa.Ambiguitasleksikaldisebabkankata-katabahasaasingyangjarangdidengardankata-katayangmaknanyaberubahberdasarkankontekskalimat.Ambiguitasgramatikaldisebabkantransformasitunggaltransformasirapatantransformasisematandanelipsis.Ambiguitasberpengaruhterhadapkomprehensimenyimaksiswa.Saranpenelitibagisiswaagarambiguitasleksikaltidakmenjadikendaladalamkomprehensimenyimaksiswaperlumencatatkata-kataatauisitilah-istilahasingyangjarangdidengarataudibacalalumencarimaknanyadidalamKKBI.Agarambiguitasgramatikaltidakmenjadikendaladalamkomprehensimenyimaksiswaperlulebihseringberlatihmenganalisisstrukturkalimat.Saranbagiguruperlulebihseringmelatihsiswatentangpemenggalankalimatagardapatmemahamidenganbaikmaknakalimatyangdidengarataudibacadanguruperlumencariteksyangtidakmemilikiambiguitasleksikalagarsiswaataupendengartidakterkecoh.Saranbagipenelitilaingunakanvideoyangkecepatanberbicaranyasesuaikecepatannormalyaitu125150kata/detikataukecepatanyangdibawahkecepatannormaldanjanganmenggunakandataberupakataambiguyangbercampurdengankatayangsulit.