Pengembangan bahan ajar membaca kritis cerita fabel bermuatan nilai-nilai karakter untuk siswa kelas VII SMP laboratorium / Siska Jauharoh Fajriyah
Main Author: | Fajriyah, Siska Jauharoh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9608/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFajriyahSiskaJauharoh.2017.PengembanganBahanAjarMembacaKritisCeritaFabelBermuatanNilai-nilaiKarakteruntukSiswaKelasVIISMPLaboratoriumUM.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.Hj.SitiCholisotulHamidahM.Pd.Katakuncipengembanganbahanajarmembacakritisceritafabelnilai-nilaikarakter.PenelitianinidilatarbelakangiolehduapermasalahanyangdihadapiolehsiswaSMPyaitu(1)minatbacasiswatergolongsedang.Halinidibuktikandariangketsiswapadastudipendahuluansebanyak24dari33siswayangmembacasekitar16teksfabelselamabelajarceritafabelsementaraitusekitar1517dari33siswayangterbiasamenanggapiataumenganalisisceritafabelmenggunakanpemikirankritisnyasedangkanhasilwawancaradengangurubahasaIndonesiamenjelaskanbahwabahanajaryangdigunakanbelummemenuhikebutuhansiswadalammembacakritis.(2)penurunankualitasmoralpadasiswaSMP.Halinidibuktikandariobservasisaatgurumengajarsebanyaklimasiswatidursaatgurumenerangkanmateridankurangnyasopansantunterhadapguru.Kegiatanmembacakritisdalambahanajarinidipadukandenganceritafabel.Ceritafabeldipilihkarenadalamteksfabeltermuatpesanmoralataunilai-nilaikaraktersehinggaceritafabelsangattepatdipilihsebagaibahanpengembanganbahanajar.Olehkarenaituupayadalammengatasimasalahtersebutdilakukanpengembanganbahanajarmembacakritisceritafabelbermuatannilai-nlaikarakterdengantujuanuntukmemudahkansiswamenemukanmaknatersuratmaupuntersiratdalamceritamenumbuhkanataumeningkatkanpemikirankritissiswasertamembentukkaraktersiswa.Tujuanumumdaripenelitianiniyaitumenghasilkanprodukberupabahanajarmembacakritisceritafabelbermuatannilai-nilaikarakteruntuksiswakelasVIISMPLaboratoriumUM.Tujuankhususpenelitianiniadalahmenghasilkanprodukberupabahanajarmembacakritisceritafabelbermuatannilai-nilaikarakteruntuksiswakelasVIISMPLaboratoriumUMyanglayakdarisegiisisistematikabahasadantampilanyangsesuaidengankurikulum2013.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganBorgdanGallyangdimodifikasimenjaditujuhtahapanyaitu(1)studipendahuluan(2)tahapperencanaan(3)tahappengembanganproduk(4)tahapujiahlidanujipraktisi(5)tahaprevisiprodukawalberdasarkanhasilujiahlidanpraktisi(6)tahapujilapanganterbatasdan(7)tahappenyempurnaanprodukakhir.Ujiprodukdilakukandenganmelibatkan(1)ahlimaterimembacakritisceritafabel(2)ahlibahanajarmembacakritisceritafabel(3)praktisiataugurubahasaIndonesiadan(4)siswakelasVIISMPLaboratoriumUM.Jenisdatapenelitianiniadalahdataverbaldandatanonverbal.Datanonverbalberupaskorterhadapujiprodukbahanajaryangtelahdituliskanolehkelompokahlipraktisidansiswa.Dataverbalberupacatatankomentardansaranyangdisampaikanolehkelompokahlipraktisidansiswa.Padapenelitianpengembanganinimenggunakanangketpenilaiandanpedomanwawancarasebagaiinstrumenpengumpulandata.Analisisdatadilakukandengancara(1)mengumpulkandatanonverbaldariangketpenilaian(2)mentranskripdataverbal(3)mengidentifikasimengklasifikasimemaknaidanmenyimpulkandataverbaldan(4)menganalisisdatadanmerumuskansimpulananalisissebagaidasaruntukmelakukantindaklanjutterhadapprodukyangdikembangkan.Hasilanalisisdatatelahdiperolehbeberapainformasiterkaitdengantujuanpenelitiandanpengembanganyakni(1)kelayakandarisegiisimendapatkan843%dariahlimaterimembacakritisceritafabel866%dariahlibahanajarmembacakritisceritafabel75%dariahlipraktisidan846%darisiswa.Produktergolongsangatlayakdarisegiisidandapatdiimplementasikan.(2)kelayakandarisegisistematikamendapatkan100%dariahlibahanajarmembacakritisceritafabel916%dariahlipraktisidan852%darisiswa.Produktergolongsangatlayakdarisegisistematikadandapatdiimplementasikan.(3)kelayakandarisegikebahasaanmendapatkan75%dariahlibahanajarmembacakritisceritafabel75%dariahlipraktisidan916%darisiswa.Produktergolongsangatlayakdarisegikebahasaandandapatdiimplementasikan.(4)kelayakandarisegitampilanmendapatkan843%dariahlibahanajarmembacakritisceritafabel843%dariahlipraktisidan882%darisiswa.Produktergolongsangatlayakdarisegitampilandandapatdiimplementasikan.Simpulanpenelitianpengembanganiniadalahbahanajardinilailayakdarisegiisisistematikabahasadantampilandandapatdiimplementasikandalampembelajaranmembacakritisceritafabel.Saranpemanfaatanprodukhasilpengembanganditujukanpadagurusiswasekolahpenelitilaindanpengembanganproduklebihlanjut.Gurudisarankanuntukmelatihsiswadalammembacakritisdanmemanfaatkanbahanajarsebagaialternatifpembelajaranmembacakritisceritafabeldenganoptimalsehinggakendalayangdihadapidapatteratasi.Siswadisarankanuntukmemanfaatkanbahanajarmembacakritisceritafabelbermuatannilai-nilaikarakterdenganbaiksiswajugadisarankanberperanaktifdalampembelajaransehinggabahanajarinidapatmembantudalammenumbuhkanataumeningkatkanpemikirankritissertamampumemberikannilai-nilaikarakteryangdapatdicontohatauditerapkandalamkehidupan.Sekolahdisarankanmenggunakanbahanajarinisebagaitambahanpenyediaanbukutekspelajaran.Penelitilaindisarankanuntukmempertimbangkandanmenjadikanbahanajarmembacakritisceritafabelsebagaisumberinspirasidalammengembangkanbahanajarlebihbaik.Bahanajarinidapatdimanfaatkanbagipengembangbahanajarlebihlanjutyaitudenganmempelajarimenelitidanmemanfaatkanprodukinisebagaibahanajarmembacakritisceritafabelsehinggapenelitimendapatkankomentardansaranyangdapatdijadikansebagaibahanpertimbanganpengembanganproduklebihlanjut.ABSTRACTFajriyahSiskaJauharoh.2017.DevelopingTextbookofCriticalReadinginFablesContainedwithTheValuesofCharacterBuildsforSevenGradersinJuniorHighSchoolLaboratoriumUM.ThesisIndonesianofLiteratureDepartment.FacultyofLetters.StateUniversityofMalang.Advisor.Dr.Hj.SitiCholisotulHamidahM.Pd.Keywordsdevelopingtextbookcriticalreadingfablesthevaluesofcharacterbuilding.Thebackgroundofthisresearchisbasedon2problemswhichisfacedbyjuniorhighschoolstudentsfirststudentsdontreallylikereading.Itshowedbythequestionnairethatgiventothestudentsfrom33studentsonly24studentscanread16abletextduringtheclasslesson.Moreoverfrom33studentsonly1517studentswhoisaccustomedtorespondoranalyzefableusingcriticalthinkingwhiletheresultsofinterviewswithIndonesianteachersexplainedthattheteachingmaterialsusedhavenotmettheneedsofstudentsincriticalreading.Seconddecreasingofmoralqualityinjuniorhighschoolstudents.Itshowsfromtheobservationwhentheteachersteachingaboutfivestudentssleepwhentheteacherexplainedthematerialandlackofcourtesytowardstheteacher.CriticalReadingactivityinthisresourceiscombinedwithfable.ThereforetheefforttosolvetheproblemisthedevelopmentofteachingmaterialinCriticalReadingMaterialtheFablecontainingthevaluesofcharacterbuildswiththeaimtohelpstudentstofindtheexplicitorimplicitmeaningsinthestorytogroworimprovestudentscriticalthinkingandtoestablishstudentscharacter.ThegeneralobjectiveofthisresearchistoproduceaproductintheformofteachingmaterialstoreadcriticallyfablecontainingvaluesofcharacterbuildforgradeVIIstudentsofSMPLaboratoriumUM.ThespecificpurposeofthisresearchistoproduceaproductintheformoflearningmaterialstoreadcriticallyfablecontainingcharactervaluesforgradeVIIstudentsofSMPLaboratoriumUMwhichareproperlyintermsofcontentsystematicslanguageandappearancewhicharesuitablewith2013curriculum.ThisresearchusestheBorgandGalldevelopmentmodelwhichmodifiedintosevenstages(1)preliminarystudy(2)planningstage(3)productdevelopmentstage(4)expertteststageandpractitionertest(5)productrevisionstageBasedonexperttestresultsandpractitioners(6)limitedfieldteststagesand(7)finalproductimprovementstage.Theproducttestisdonebyinvolving(1)thematerialcriticreadthefable(2)theexpertofreadingmaterialcriticismoffable(3)thepractitionerorIndonesianlanguageteacherand(4)theseventhgradestudentsofSMPLaboratoriumUM.Thedatatypeofthisresearchisverbalandnon-verbaldata.Non-verbaldataisintheformofscoresonthetestofteachingmaterialproductsthathavebeenwrittenbyagroupofexpertspractitionersandstudents.Verbaldataisintheformofnotescommentsandsuggestionssubmittedbygroupsofexpertspractitionersandstudents.Inthisresearchdevelopmenttheresearcherusedquestionnaireassessmentandinterviewguidelinesasaninstrumentofdatacollection.Dataanalysisisdoneby(1)collectingnon-verbaldatafromassessmentquestionnaire(2)transcribingverbaldata(3)identifyingclassifyinginterpretingandconcludingverbaldataand(4)analyzingdataandformulatinganalysisconclusionsasbasistofollowupondevelopedproducts.Theresultsofdataanalysishaveobtainedsomeinformationrelatedtothepurposeofresearchanddevelopmentthoseare(1)propernessintermsofcontentget843%frommaterialexpertsreadcriticallyfable86.6%fromexpertreadingmaterialcriticalstoryfable75%Fromexpertpractitionersand84.6%fromstudents.Theproductisveryproperintermsofcontentandcanbeimplemented.(2)Thesystematicfeasibilityofobtaining100%oftheteachingexpertsreadingcriticallyfable91.6%ofthepractitionersexpertsand85.2%ofthestudents.Theproductisproperlyintermsofsystematicsandcanbeimplemented.(3)Eligibilityintermsoflanguageget75%oftheteachingexpertsreadcriticallyfable75%ofexpertspractitionersand91.6%fromstudents.Theproductisproperintermsoflanguageandcanbeimplemented.(4)Propernessintermsofappearanceearns84.3%oftheteachingexpertsreadingcriticallyfable84.3%ofthepractitionersexpertsand88.2%ofthestudents.Theproductisverydecentintermsofappearanceandcanbeimplemented.Theconclusionofthisdevelopmentresearchisthattheteachingmaterialsareconsideredproperintermsofcontentsystematicslanguageandappearanceandcanbeimplementedincriticalreadinglearningfable.Utilizationsuggestionofdevelopmentproductresultaimedatteacherstudentschoolotherresearcherandfurtherproductdevelopment.Teachersareadvisedtotrainstudentsincriticalreadingandutilizeteachingmaterialsasanalternativelearningtoreadcriticalstorieswithoptimalfablesothattheconstraintsfacedcanbeovercome.StudentsareencouragedtousetheteachingmaterialtocriticallyreadthestoryofthefablecontainingthevaluesofthecharacterswellthestudentsarealsoadvisedtoplayanactiveroleinthelearningsothatthisteachingmaterialhelpstudentsingrowingorincreasingcriticalthinkingandabletogivethevaluesofcharactersthatcanbeemulatedorappliedIndailylife.Schoolsareencouragedtousethisresourceinadditiontoprovidingtextbooks.Otherresearchersareadvisedtoconsiderandmaketeachingmaterialscriticaloffableasasourceofinspirationindevelopingbetterteachingmaterials.Thisteachingmaterialscanbeutilizedforthedeveloperoffurtherteachingmaterialsbystudyingresearchingandutilizingthisproductasalearningmaterialtoreadcriticalfablesothatresearchersgetcommentsandsuggestionsthatcanbeusedasconsiderationforfurtherproductdevelopment.