Peningkatan kemampuan menulis puisi ekspresi diri dengan media lagu pada siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Lawang / Haykal Helmy
Main Author: | Helmy, Haykal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9605/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHelmyHaykal.2017.PeningkatanKemampuanMenulisPuisiEkspresiDiridenganMediaLagupadaSiswaKelasXIIS5SMANegeri1Lawang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.YuniPratiwiM.Pd.Katakuncikemampuanmenulispuisipuisiekspresidirimedialagu.Kemampuanmenulispuisiadalahkecakapandalammengekspresikanimajinasiperasaandanpikirandenganmenggunakanpilihankatakata-katakiasyangmemilikimaknadanamanatdarisuasanayangdiciptakanmelaluipuisidenganmemanfaatkanunsur-unsurpuisidanharusmelaluilatihandanpraktiksecarateratur.Puisiekspresidirimerupakanbentukkaryasastramodernyangmengekspresikanpemikirandirisendirimembangkitkanperasaandanmerangsangimajinasipancainderadalamsusunanyangberirama.Bahasayangdigunakandipilihdanditatasecaracermatkedalamrangkaiankata-katayangdisusundenganmemperhatikangagasanatauidetemaisidiksimajasdanejaansehinggamempertajamkesadaranorangakanpengalamannya.PembelajaranmenulispuisisudahdiajarkankepadasiswakelasXIIS5SMANegeri1Lawangsesuaidengankurikulum2013.Terkaitdenganpembelajaranmenulispuisidisekolahtersebutdilakukanstudipendahuluanatautahappratindakandenganhasilbahwa(1)siswakurangmampumenuangkanideimajinasipengalamannyadankata-katakedalamsebuahkalimatyangbaiksaatmenulispuisi(2)siswakurangmemahamitentanglangkah-langkahmenulispuisidenganbaikdanbenardalampembelajaranBahasaIndonesia(3)siswakurangkonsentrasiterhadappembelajarankarenamediayangdigunakankurangmenarik.Berdasarkanpermasalahantersebutperludiadakannyapembelajarandenganpenggunaanmedialaguuntuklebihmengkhususkanpokokpersoalandalammenulispuisiekspresidiri.Medialagudipilihkarenamedialagudapatmembantusiswamenuangkanideimajinasipengalamannyakata-katakedalampuisi(sebagaistimulus)danlaguyangdisediakanmampumenarikminatsiswauntukbelajarmenulispuisi.Tujuanumumpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikanpeningkatanproseskemampuanmenulispuisiekspresidiridenganmenggunakanmedialagupadasiswakelasXIIS5SMANegeri1Lawang(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilkemampuanmenulispuisiekspresidiridenganmenggunakanmedialagupadasiswakelasXIIS5SMANegeri1Lawang.SecarakhususpenelitianinibertujuanmendeskripsikanpeningkatankemampuanmenulispuisiekspresidirisiswakelasXIIS5SMANegeri1Lawangpadaaspek(1)gagasanatauide(2)isi(3)diksi(4)tema(5)majasserta(6)ejaan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas(PTK)yangmeliputiempattahapanyaitu(1)pratindakan(2)perencanaantindakan(3)pelaksanaantindakan(4)refleksihasiltindakan.Datapenelitianiniberupadataprosesdandatahasil.Dataprosesberupaperilakusiswasaatprosespembelajaranmenulispuisiekspresidiriyangdilakukansiswadangurudikelassedangkandatahasilberupaskorkemampuanmenulispuisiekspresidirisiswa.Pengumpulandataprosesdilakukandenganobservasimenggunakanlembarobservasicatatanlapangandanrubrikpenilaianprosessedangkandatahasildilakukandengantesyangdinilaimenggunakanrubrikpenilaianhasilmenulispuisi.Dataprosesdandatahasilyangtelahdikumpulkandianalisisdenganmenyeleksimengoreksimenskordanmenyimpulkan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamedialagumampumeningkatkankinerjapembelajaranmenulispuisiekspresidiripadaprosesdanhasilpembelajaran.Peningkatanprosestergambar(1)siswalebihantusiasdalammelaksanakanintruksilatihandanmelaksanakantugasdengantepatwaktu(2)siswalebihantusiasdanseriusdalammengerjakantesmenulispuisiekspresidiri(3)siswaperhatiandalammendengarkanpenjelasanguru(4)siswamenjadilebihaktifdankreatifdalampembelajaranmenulispuisiekspresidiri.Peningkatanhasilterlihatpadaaspek(1)siswamampumemilihgagasanatauidedengantepatdansesuaiantaratemapuisidengangagasanatauide(2)siswamampumenggambarkanisidengantepatdansesuaiantaratemapuisidengankeseluruhanisipuisibaiktersiratmaupuntersurat(3)siswamampumemilihtemayangtepatdansesuaiantaratemapuisidenganjuduldankeseluruhanisipuisi(4)siswamampumemilihkataataudiksidengantepatsesuaikonteksmengandungbahasakonotasi(banyakmakna)danmemilikinilaiestetisyangtinggi(5)siswamampumenggunakanmajasdengantepatdanmemilikivariasimajasyangberagamdan(6)siswamampumenulisejaandengantepatdansesuaidenganEjaanBahasaIndonesia(EBI).Peningkatanprosesdanhasilpembelajaranmenulispuisiekspresidiridiikutipuladenganpeningkatannilaihasilbelajarsiswadalammenulispuisiekspresidiri.Padatahappratindakannilairata-ratasiswa6541padasiklusInilairata-ratasiswaadalah6884danpadasiklusIInilairata-ratasiswaadalah7916.Penggunaanmedialagudalampembelajaranmenulispuisiekspresidirimampumeningkatkankemampuanmenulispuisidengandilihatdaribeberapaaspekmenulispuisi.Medialagumampumenarikperhatiansiswadanmenciptakansuasanabelajaryanglebihmenyenangkan.Lagudalammedialagudisesuaikandengantemaperasaanatauekpresifpenjelasangurumembantusiswadalammengerjakantesyangsekaligusmembantupemahamansiswatentanglangkah-langkahmenulispuisi.Pemberiancontohsecaralangsungdalamsetiaptahapanmenulisbimbinganindividumeratapemberianwaktuyangcukuppemberianpenguatansecaraverbaldannonverbalyangdiberikangurumenjadimotivasisiswadalammenulispuisi.Berdasarkantemuanpenelitiantersebutgurudisarankanagarmemberikanpembelajarandenganmetodedanmedialaguyangdapatmenumbuhkanminatsiswadalammenulispuisisertadibutuhkankeikutsertaanguruuntukmengajaksiswamembacakaryasastrasebanyakmungkinterutamapuisi.