Penggunaan konjungsi intrakalimat dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen / Nur Afni Istiqomah

Main Author: Istiqomah, Nur Afni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9601/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIstiqomahNurAfni.2017.PenggunaanKonjungsiIntrakalimatdalamTeksEksposisikaryaSiswaKelasXSMANegeri1Kepanjen.Skripsi.JurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.NurchasanahM.Pd.KataKuncikonjungsikoordinatifsubordinatiftekseksposisi.ProsespengajaranbahasaIndonesiadisekolahtidakluputdariaspekketerampilanmenulis.Menulisberartimenyampaikanpikirandanperasaanmelaluitulisan.Alatnyaadalahbahasayangterdiriataskatafrasaklausakalimatparagrafdanwacana.Menulissebuahkaranganatauwacanadibutuhkankecermatandanketelitian.Kecermatandanketelitianyangdimaksudmeliputiberbagaihalsalahsatunyapenggunakankonjungsiyangjelaskarenawacanatidakpernahlepasdaripenggunaankonjungsi.Tanpakonjungsiorangbisakehilangankontekskalimatyangmenyebabkanterjadinyamisskomunikasi.Untukitupenggunaankonjungsiyangtepatsangatmembantuterciptanyasebuahwacanayangkoherenterutamadalamwacanatulis.Halinibisaberartibahwakonjungsimerupakansebuahbagianyangpentingdalamsebuahwacana.Dalampenelitianinidikajimengenaiwujudpenggunaankonjungsipadatekseksposisikaryasiswa.Dalamtekseksposisiberisisuatupenjelasanataupemaparanpendapatgagasandankeyakinanpenulisuntukmeyakinkanpembacamengenaisebuahtopik.Jelasatautidaknyagagasanpenuliskepadapembacasalahsatunyadapatdilihatdaripenggunaankonjungsinya.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdengandesaindeskriptif.LokasipenelitianinidilakukandiSMANegeri1Kepanjen.Datadalampenelitianiniberupakonjungsikoordinatifdansubordinatifintrakalimat(antarklausa).SumberdatadidapatkandariguruMataPelajaranBahasaIndonesiayangberupakaranganeksposisikaryasiswakelasXdiSMANegeri1Kepanjen.Analisisdatapenelitianinidimulaisejakdatadikumpulkantekniknyasebagaiberikut(1)mengolahdata(2)mereduksidata(3)penyajiandatadan(4)penarikankesimpulan.Pengecekankeabsahantemuandilakukanmelaluitigalangkahyaituketekunanpenelitidiskusidengantemansejawatdanmemanfaatkanbantuandansarandaridosenpembimbing.Penelitianinimelaluitigatahapyaitutahappersiapantahappelaksanaandantahappenyelesaian.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdikemukakanduakesimpulan.Pertamaberdasarkanhasilanalisisyangtelahdilakukanpada18tekseksposisikaryasiswatelahditemukanwujudpenggunaankonjungsikoordinatifintrakalimat(antarklausa)yangdikelompokkanberdasarkansifatnyakonjungsitersebutadadalam8kategoriyangberbedameliputia)konjungsipenjumlahanb)konjungsipemilihanc)konjungsipertentangand)konjungsipembetulane)konjungsipenegasanf)konjungsipembatasang)konjungsipengurutandanh)konjungsipenyamaan.Keduaberdasarkanhasilanalisisyangtelahdilakukanpada18tekseksposisikaryasiswatelahditemukanwujudpenggunaankonjungsisubordinatifintrakalimat(antarklausa)yangdikelompokkanberdasarkansifatnyakonjungsitersebutadadalam6kategoriyangberbedameliputia)konjungsipenyebabanb)konjungsipersyaratanc)konjungsitujuand)konjungsipenyungguhane)konjungsikesewaktuandanf)konjungsipengakibatan.