Penggunaan penanda kohesi dalam teks pidato karya siswa kelas IX MTs Negeri Batu / Feni Fenulya Sari
Main Author: | Sari, Feni Fenulya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9595/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSariFeniFenulya.2017.PenggunaanPenandaKohesidalamTeksPidatoKaryaSiswaKelasIXMTsNegeriBatu.Skripsi.ProgramStudiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PideksoAdiM.Pd.KataKuncipenandakohesitekspidato.Penggunaanbahasadalammenulisnaskahpidatomerupakanhalyangperludiperhatikan.LuasnyapembendaharaankataolehsiswaSMPdalammenuangkangagasanberupawacanatulisdibutuhkanadanyapemahamanyangcukupterhadapunsur-unsuryangmembuatkataataukalimattersebutpadu.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenggunaankohesigramatikaldanleksikalyangadadalamtekspidatokaryasiswauntukdiketahuikepaduanpenggunaannya.JenjangyangdipilihuntukpenelitianyaknikelasIX.Teksyangditelitiadalahtekspidato.Penelitianinidifokuskanpada(1)penandakohesigramatikal(2)penandakohesileksikal.Pendekatanyangdigunakanadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Teknikyangdigunakanadalahstudidokumentasi.Datapenelitianiniberwujudpenandakohesigramatikaldanleksikalyangadadalamtekspidatokaryasiswa.SumberdataberupatekspidatosiswakelasIXMTsNegeriBatu.Langkah-langkahpengumpulandatameliputi(1)menyusunpedomantelaahteksberupatabel(2)memasukkanhasilidentifikasipenggunaanpenandakohesi(3)menerapkaninstrumendengancaramengutipbagianyangdimaksuduntukdimasukkandalamtabelanalisisdan(4)memberikodepadateksyangdikumpulkan.Teknikanalisisdatapadapenelitianiniterdiriatas(1)reduksidata(2)penyajiandata(3)penarikankesimpulan.Pengecekankeabsahantemuandilakukandenganpemeriksaantemansejawatdantriangulasiahli.Triangulasiahlidilakukandengandosenpembimbinguntukmengurangikesalahandalampengumpulandata.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilpenelitianberikut.Pertamapenandagramatikalyangditemukanadalahgramatikalreferensisubstitusidankonjungsi.Penandareferensidikelompokkanmenjadireferensipersonaldemonstrativadankomparatif.Penandareferensiyangbanyakditemukanadalahreferensipersonal.Penandasubstitusiyangditemukanadalahsubstitusiverbal.Penandakonjungsiyangbanyakditemukanadalahkonjungsipenambahan.Keduaunsurpenandakohesileksikalyangditemukanadalahpenandakohesileksikalpengulangan(repetisi)dankolokasi.Penandaleksikalpengulanganyangpalingbanyakditemukandalamtekspidatoadalahpengulanganpenuh.Penandakohesikolokasitidakterlalubanyakditemukan.Berdasarkantemuanpenelitianyangtelahdipaparkandapatdisimpulkanyaknipenandakohesigramatikalellipsistidakditemukandalamtekspidato.Penandakohesileksikalpengulangandikelompokkanlagimenjadipengulanganpenuhdanpengulangansebagian.Penandakohesileksikalyangbanyakdigunakanadalahpengulanganpenuh.Pengulangansebagianhanyaterdapatbeberapasaja.Penandakohesileksikalkolokasijugabanyakdigunakandalamtekspidato.PenelitimemberikansaranpadagurumatapelajaranBahasaIndonesiadanpenelitiselanjutnya.Guruperlumemberikanpemantapanmateripenandakohesigramatikaldanleksikal.Kekurangansiswadalampemahamankohesigramatikalterletakpadapenempatankonjungsi.Padapenandakohesileksikalkekurangansiswaterletakpadapenggunaankolokasi.Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyabanyakmembacasumberrujukanterutamarujukanterkaitdenganpenandakohesigramatikaldanleksikal.Berdasarkanpenelitianpenandakohesitersebutdapatdilakukanpenelitianlainyangmendekatiyaknikesalahanpenempatankonjungsiantarkalimatdanintrakalimatjugaketidakmunculanellipsis.