Bentukan verba dalam teks cerpen karya siswa kelas XI SMK Negeri 2 Malang / Diah Eka Octaviani

Main Author: Octaviani, Diah Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9591/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKEkaOctavianiDiah.2017.BentukanVerbadalamTeksCerpenKaryaSiswaKelasXISMKNegeri2Malang.SkripsiJurusanBahasaIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.Suparno.KataKuncibentukanverbatekscerpenKatamerupakansalahsatuunsurpentingdalampenggunaanbahasasalahsatunyapadaprosespembuatankaryatulis.AdabanyakragamkelaskatadalambahasaIndonesiasalahsatunyakatakerja.KatakerjayangmengalamiprosesmorfologismempunyaipotensimemperkayaperbendaharaankatabahasaIndonesia.Pembentukankatakerjamelaluiprosesmorfologismengalamiperubahanyangberbeda-bedasesuaidenganmorfemyangmengikuti.Tekscerpenmerupakankaryafiksiberbentukprosanaratiffiktifyangmenceritakantentangkehidupanmanusia.FokuspenelitianiniialahbentukanverbadalamtekscerpenkaryasiswaXISMKNegeri2Malang.Bentukanverbadalamtekscerpendifokuskanpadatigaaspekyaitu(1)afiksasi(2)reduplikasidan(3)pemajemukan.Penelitianinidilakukandenganpendekatankualitatifdanjenispenelitiandeskriptif.PenelitiandilaksanakandiSMKNegeri2Malang.Datapenelitianiniialahdatasegmentatifberupapenggalan-penggalantekscerpenyangmengambarkanbentukanverbadenganafiksasireduplikasidanpemajemukan.Prosedurpengumpulandatadilakukanmelaluipenugasanmenulistekscerpen.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniberupainstrumenkuncidanpelengkap.Instrumenkunciadalahpenelitisendirisedangkaninstrumenpelengkapberupainstrumenpengumpulandata.Analisisdatadalampenelitianinimeliputitigatahapreduksipenyajiandatadanpenyimpulan.Pengecekankeabsahantemuandalampenelitianinidilakukanmelaluidiskusidenganahlidantemansejawat.Tahap-tahapyangdilakukandalampenelitianiniterdiriatastujuhtahapyaitustudipendahuluanpenentuanmasalahpenelitiperancanganpenelitipengumpulandataanalisisdatarumusanhasildanpenulisanlaporan.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut.PertamabentukanverbadenganafiksasiterdiridariprefiksmeN-ber-di-ter-sertakonfiksber-andi-kanmeN-imeN-kandanmemper-kan.BentukanverbadenganafiksmeN-lebihdominandalamtekscerpenkaryasiswa.Bentukanverbadenganafiksasimengalamiprosespembentukankatadaribentukasaldanbentukdasarmengalamiperpindahankategorikataberupakatakerjakatabendadankatasifatmenjadikatakerjasetelahmendapatafikspadabentukdasarataubentukasalmengalamiprosesmorfofonemikberupaperubahanfonemdanpenghilanganfonemsertabentukanverbadenganafiksasimemilikimaknayangberbeda-bedasesuaidenganimbuhanyangmelekatpadabentukdasar.Katakerjapalingbanyakditemukanberupakatakerjaperbuatan(aksi).Keduabentukanverbadenganprosesreduplikasiyangterdapatdalamtekscerpenberupakataulangsebagiandankataulangberubahbunyi.Bentukanverbadenganreduplikasimengalamiprosespembentukankatadaribentukasaldanbentukdasarmengalamiperpindahankategorikataberupakatakerjadankatabendamenjadikatakerjasetelahmendapatafiksdanpengulanganpadabentukdasar.Bentukanverbadenganreduplikasimengalamiprosesmorfofonemikberupapenghilanganfonemsertabentukanverbadenganreduplikasimemilikimaknayangberbeda-bedasesuaidenganimbuhanyangmelekatpadabentukdasar.Ketigabentukanverbadenganpemajemukanmengalamiprosespembentukankatadarigabunganbentukbebasdenganbentukbebas.Bentukanverbadenganpemajemukanberkategorikatakerjadanbentukanverbadenganpemajemukanmemilikimaknayangberbeda-bedasesuaidenganimbuhanyangmelekatpadabentukdasar.Berdasarkanhasilpenelitiandikemukakanduasaran.PertamasaranbagiguruBahasaIndonesiaagarmemantapkanmateripembelajaranterutamamengenaibentukanverbadanmenyusunlatihan-latihanbahanajarlebihbervariasi.Keduakepadapenelitiselanjutnyauntukmengembangkanpenelitiannyasecaralebihmenyeluruhsepertipembentukanverbadariilmusintaksisdanmenelititentangbentukanverbadengansubjeklainyangmasihtermasukkalanganakademik.