Kemampuan menemukan pokok-pokok berita yang didengar oleh siswa kelas VIII-B SMP Kristen 1 YPK Malang tahun ajaran 2013/2014 / Amus Gainau

Main Author: Gainau, Amus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9576/
Daftar Isi:
  • GainauAmus.2014.KemampuanMenemukanpokok-pokokBeritayangdiDengarSiswaKelasVIII-BSMPKristen1YPKMalangTahunAjaran2013/2014.SkripsiJurusanBahasaIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.YuniPratiwiM.P.DKataKunciKemampuanmenemukanpokok-pokokberitayangdidengar.Kemampuanmenyimakberitamerupakansalahsatuketrampilandasarsuatuproseskegiatanmenyimaklambang-lambanglisandenganpenuhperhatianpemahamanapresiasisertainterprestasiuntukmemperolehinformasimenangkapisiataupesansertamemahamimaknakomunikasiyangtelahdisampaikanolehpembicaramelaluiujaranataubahasalisan.BerdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)salahsatuketerampilanmenyimakyangdiajarkanpadajenjangSekolahMenengahPertama(SMP)khususnyadikelasVIIIyaituketerampilanmenyimakberita.Penelitianiniuntukmengatahuikemapuansiswadalammenyimakberitadilihatdariaspek5W1H.Datapenelitianiniberupaskoryangdiperolehdarikemampuanmenemukanpokok-pokokberitayangdiberitakanadalahyangdidengarolehsiswakelasVIII-BSMPKristen1YPKMalang.Tesyangdibentukberupatesuraian.Didalamtestersebutterdapat6pertanyaandenganjawabanuraiansingkatdan1pernyataandenganjawabandeskriptif.Setiapbutirpertanyaanmengacukepadasatuunsurdari5W1.Secaraberturut-turutpertanyaantersebutmengacukepadapokok-pokokberitatentangperistiwadalamberitasubjekperistiwadalamberitawaktuterjadinyaperistiwadalamberitalokasiterjadinyaperistiwadalamberitasebabterjadinyaperistiwadalamberitadanprosesterjadinyamasalahdalamberita.Analisisdatadilakukansetelahsemuadataterkumpuldenganlangka-langkaberikut(1)persiapan(2)pengodeandan(3)penilaian.Hasilanalisispenelitiankemampuanmenemukanpokok-pokokberitayangdidengardilihatdariaspekkecepatanmenunjukanbahwasebanyak1siswa(83%)termasukdalamkulifikasikurangmampu6siswa(50%)termasukdalamkualifikasikurangmampu5siswa(4166%)termasukdalamkulifikasibelummampu.Halinidapatdiartikanbahwajumlahsiswayangtidakmencapai/melewatiSKMlebihsedikitdaripadajumlahsiswayangmencapai/melewatiSKM.Sebanyak2siswa(17%)berhasilmelewatiSKM.tetapitidakadaseorangpunyangmencapaikualifikasisangatmampu.Tigasiswatersebutberadapadakualifikasikurangmampudalammenemukanpokok-pokokberitayangdidengar.Sementaraitujumlahsiswayanglebihbesaryakni4siswa(33%)masihberadadibawahSKM.Dari9siswatersebut4atau33%siswaberadapadakualifikasikurangmampudalammenemukanpokok-pokokberitayangdidengardan6atau50%siswalainnyamemperolehkualifikasibelummampu.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwasiswabelummampumenemukanpokok-pokokberitayangdidengartelahdinilaiperaspekdandilihatBerdasarkannilairata-ratakelasjugatergolongkurangmampudengannilaiyangtidakmencapaiSKM60yakni61.Saranuntukgurumaupunpihaksekolahsebaiknyalebihmeningkatkankemampuansiswadalammenyimakberita.Saranuntukpenelitilainuntuklebihmenyempurnakanaspek-aspekdalammenyimakmasihbanyakyangharusdigalihkembaliagardapatmenganalisispembelajaranmenyimakyangefektif.