Keefektifan kalimat dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Garum / Johan Susanto

Main Author: Susanto, Johan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9575/
Daftar Isi:
  • SusantoJohan.2014.KeefektifanKalimatDalamTeksLaporanHasilObservasiSiswaKelasXIPS2SMAN01Garum.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RoekhanM.Pd.KataKuncikalimatefektiftekslaporanhasilobservasi.Laporanadalahsuatucarakomunikasidimanapenulismenyampaikaninformasikepadaseseorangatausuatubadankarenatanggungjawabyangdibebankankepadanya.Karakteristiklaporanyakniteksyangbertujuanmemberikanpengetahuanatauinformasisejelas-jelasnyakepadapembaca.Karakteristiklainnyadarisuatulaporanadalahdipenuhinyateksitudenganfakta.Berdasarkanpaparandiataslaporanhasilobservasimemilikiduacirisebagaiberikut(1)menyajikanfakta-faktatentangperistiwatempatbendadanorang.(2)menambahkanpengetahuandanwawasankepadapembacanya.Fakta-faktaitubiasanyabisadidukungdengangambartabelmaupunbaganyangmemperkuatfaktatersebutagarlebihmemperjelasdanmudahdipahami.Penelitianinidilaksanakanuntukmemperolehdeskripsiyangobjektiftentangkeefektifankalimatdalamtekslaporanhasilobservasiyangditulissiswaberdasarkan(1)cirikegramatikalan(2)kelogisan(3)cirikelengkapankalimat(4)cirikehematankalimatdan(5)cirikepaduankalimat.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdandisusundenganmenggunakanjenispenelitiandeskriptif.SumberdatapenelitianiniadalahtekslaporanhasilobservasiyangditulissiswakelasXIPSIISMAN01Garumtahunpelajaran20132014.Pengumpulandatadilakukandenganmemberiperintahsoalmenulistekslaporanhasilobservasipadasiswa.Datadalampenelitianinidianalisismenggunakanpendekatanstrukturaldanmakna.Datayangterkumpulberupakalimatyangterdapatdalamtekslaporanhasilobservasipekerjaansiswadianalisismelaluitigatahapyaitu(1)reduksidata(2)penyajiandatadan(3)penarikansimpulan.Pengecekankeabsahandatadilakukandenganketekunanpengamatandandiskusidengantemansejawat.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamakeefektifankalimatberdasarkancirikegramatikalankalimatdalamtekslaporanhasilobservasiyangdikerjakansiswaterdiriataskalimatefektifdankalimattidakefektif.Kalimatefektifditandaidenganhadirnyaunsursubjekdanpredikatkalimat.Kalimattidakefektifditemukanpadakalimatyangtidakmenghadirkanunsursubjekdanpredikatkalimat.Kalimatefektifditemukansebanyak58kalimat(75%)dankalimattidakefektifsebanyak19kalimat(25%).Keduakeefektifankalimatberdasarkancirikelogisankalimatdalamtekslaporanhasilobservasiyangdikerjakansiswaterdiriataskalimatefektifdankalimattidakefektif.Kalimatefektifditandaidengansudahlogisnyahubunganantarunsur-unsurkalimat.Kalimatyangtidakefektifditemukanpadakalimatyangmenggunakankatabermaknatidaklogisdantidakhadirnyaunsursubjek.Kalimatefektifditemukansebanyak72kalimat(93%)dankalimattidakefektifsebanyak5kalimat(7%).Ketigakeefektifankalimatberdasarkancirikelengkapankalimatdalamtekslaporanhasilobservasiyangdikerjakansiswaterdiriataskalimatefektifdankalimattidakefektif.Kalimatefektifditandaidengansudahhadirnyaunsurwajibkalimatyaitusubjekdanpredikat.KalimattidakefektifditandaidengantidakhadirnyaunsurwajibSubjekpadakalimat.Kalimatefektifditemukansebanyak72kalimat(93%)dankalimattidakefektifsebanyak5kalimat(7%).Keempatkeefektifankalimatberdasarkancirikehematankalimatdalamtekslaporanhasilobservasiyangdikerjakansiswaterdiriataskalimatefektifdankalimattidakefektif.Kalimatefektifditandaidengantidakadanyapengulangansubjekdalamsatukalimatsedangkankalimatyangtidakefektifditemukanpadakalimatyangmengulangunsurmaknayangjamakdalamsatukalimat.Kalimatefektifditemukansebanyak54kalimat(70%)dankalimattidakefektifsebanyak23kalimat(30%).Kelimakeefektifankalimatberdasarkancirikepaduankalimatdalamtekslaporanhasilobservasiyangdikerjakansiswaterdiriataskalimatefektifdankalimattidakefektif.Kalimatefektifdapatditandaidengansubjekdanpredikatkalimatjelastidaktergangguunsurketeranganatauunsurlain.Kalimattidakefektifdisebabkankarenasubjekdanpredikatkalimattidakjelaskarenatergangguunsurketeranganatauunsurlaindantidakadanyatandakoma()setelahketerangandiawalkalimat.Kalimatefektifditemukansebanyak64kalimat(83%)dankalimattidakefektifsebanyak13kalimat(17%).Sarandalampenelitianinidisampaikankepadapertamapenelitibahasayanglain.Penelitibahasayanglaindisarankansupayadapatmenggalilebihdalamtentangkebahasaankhususnyabidangsintaksisdansemantikyangberkaitandengankeefektifankalimat.Penelitianselanjutnyayangbisadilakukanmisalnyapenelitianyangmengangkatpermasalahantentangkalimatefektifpadakaryatulisilmiahyangdikerjakansiswa.KeduasaranditujukankepadagurubidangstudiBahasaIndonesia.GurubidangstudibahasaIndonesiadisarankansupayahasilpenelitianinibisadijadikanbahanpertimbangandalammenentukansumberbelajarkhususnyayangberkaitandenganketerampilanmenulispadaKurikulum2013.Berdasarkanhasilpenelitiankeefektifankalimatdalamtekslaporanhasilobservasiyangdikerjakansiswabeberapamenggunakankalimattidakgramatikaltidaklogistidaklengkaptidakhematdantidakpadusehinggakalimattersebutmenjaditidakefektif.Olehkarenaitudalammengajarkanmateritentangmenuliskhususnyayangberkaitandenganmenuliskalimatefektifdalamtekslaporanhasilobservasiagarlebihmencermatistrukturnyamaupunmakna.HasilpenelitianinijugabisadijadikanbahanevaluasibagigurubidangstudiBahasaIndonesia.Evaluasiyangdimaksudberkaitandengankemampuansiswadalammenuliskalimatyangefektif.Halinikarenadalamtekslaporanhasilobservasiyangdikerjakansiswaditemukankalimatyangtidakgramatikaltidaklogistidaklengkaptidakhematmaupuntidakpadu.Olehkarenaituketikamenilaikaryasiswayangberupatekslaporanhasilobservasihendaknyalebihditelitikegramatikalankelogisankehematankelengkapandankepaduankalimatyangdigunakan.Jadigurubisalangsungmemberikanmasukansarandanpenguatanmaterikhususnyayangberkaitandenganmenuliskalimatyangefektifkepadasiswa.