Kemampuan menulis puisi dengan rangsang media lagu siswa kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang / Isbat Baun

Main Author: Baun, Isbat
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9574/
Daftar Isi:
  • BaunIsbat.2014.KemampuanMenulisPuisidenganRangsangMediaLaguSiswaKelasVIIISMPKristen1YPKMalang2013/2014.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Suyono.MPd.Katakuncikemampuanmenulispuisirangsangmedialagu.12288122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmengetahuitingkatkemampuanmenulispuisisiswakelasVIIISMPKristen1YPKMalang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.Sumberdatadalampenelitianiniberupapuisi.Datadalampenelitianiniberupanilaitentangkemampuanmenulispuisidilihatdarisegi(1)pilihankata(diksi)(2)pengimajian(citraan)dan(3)gayabahasa(majas).Adapunpopulasidalampenelitianiniberjumlah40siswayangterbagimenjadi2kelas.KelasyangdijadikansampelpenelitianadalahkelasVIII-Byangmemilikijumlahsiswasebanyak14siswa.Instrumenpenelitianberupapedomanpenyekoranpuisi.PengumpulandatadilakukandenganmembagikanlembarperintahmenulispuisisebelummenulispuisisiswadimintamendengarkanlaguyangdinyanyikanolehIwanFalsyangberjudulIbu.Analisisdatadilakukandalamtigalangkahyaitu(1)persiapan(2)pengodeandan(3)penilaian.122881228812288HasilanalisisdanpembahasankemampuanmenulispuisidenganrangsangmedialagusiswakelasVIIISMPKristen1YPKMalangdilihatdarisegipilihankata(diksi)sebesar6429%atausebanyak9siswasudahmampumencapainilai880570(SKM)dansiswayangbelummampumencapainilai880570sebesar3571%atausebanyak5siswa.Darisegipengimajian(citraan)sebesar7142%atausebanyak10siswasudahmampumencapainilai880570(SKM)dansiswayangbelummampumencapainilai880570sebesar2858%atausebanyak4siswa.Darisegigayabahasa(majas)sebesar5714%atausebanyak8siswasudahmampupencapaiannilai880570(SKM)dansiswayangbelummampumencapainilai880570sebesar4284%atausebanyak6siswa.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapadaketigasegimasihadasiswayangbelummampumencapaiSKMterutamapadagayabahasa(majas).Olehkarenaitudisarankankepadakepalasekolahuntukmenerapkanpenelitiantindakankelasagardapatmeningkatkankualitaspembelajarandandapatmengetahuikelemahanpembelajaran.Saranuntukgurusebaiknyagurubanyakreferensitentangtopikyangakandiajarkansehinggasiswamemilikibanyakcarauntukmemberikanhasilyangterbaik.Kemudiansaranuntukpenelitilainuntukmengkajikemampuanyangsamadengankompetensidasaryangberbedaataumeningkatkankemampuansiswapadafokusyangsamadenganpenelitian.