Kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII-E SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Sarah Karolina Kubela

Main Author: Kubela, Sarah Karolina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9569/
Daftar Isi:
  • KubelaSarahKarolina.2014.KemampuanMembacaIntensifSiswaKelasVIIIESMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanBahasaIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RoekhanM.Pd.KataKunciKemampuanmembacamembacaintensif.Membacamerupakansalahsatukegiatanuntukmendapatkaninformasi.Denganmembacasiswadapatmemperolehberbagaiinformasibaikberupapengetahuanpembelajaranmaupuninformasilainnya.Membacaintensifadalahmembacasecaracermatuntukmemahamisuatutekssecaratepatdanakurat.Kemampuanmembacaintensifadalahkemampuanmemahamidetailsecaraakuratlengkapdankritisterhadapfaktakonsepgagasanadalahpesandanperasaanyangadapadawacanatulis.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuikemampuanmembacaintensifsiswadilihatdariaspekkemampuanmenemukanidepokokparagrafdankemampuansiswadalammenemukanidepenunjang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangandeskriptif.Populasipenelitianadalah247orang.SampelpenelitiankelasVIII-Esebanyak30siswa.Pengumpulandatadilakukandenganmemberikantesmembacaartikel.Intrumenpenelitianberupasoalessaydanrubrikpenilaianmembacaintensif.Analisisdatadilakukandenganlangkah-langkahberikut(1)persiapan(2)pengekodeandan(3)penilaian.PenafsiranhasilanalisismenggunakanpedekatanPAP.Hasilanalisisdatasebagaiberikut.Dalammenemukanidepokokparagrafsebanyak7siswa(233%)mendapatkankualifikasisangattinggi11siswa(366%)mendapatkankualifikasitinggi5siswa(166)mendapatkualifikasikurang7(233%)mendapatkankualifikasisangatkurang.Halinidapatdiartikanbahwa18siswa(60%)mendapatkannilaidiatasSKMyaitu75sedangkan12siswa(40%)yangdapatnilaidibawahSKM.Dalammenemukanidepenunjuangparagrafsebanyak7siswa(233%)mendapatkankualifikasisangattinggi11siswa(366%)mendapatkannilaikualifikasitinggi5siswa(166)mendapatkannilaikurang7(233%)siswamendapatkakualifikasinilaisangatkurang.Halinimenunjukanbahwasebanyak18siswa(60%)mendapatnilaidiatasSKM.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdisampaikankepadabeberapapihakantaralaingurumatapelajaranbahasaIndonesiakepadaSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdanpenelitiselanjutnya.BagigurubahasaIndonesiatemuanpenelitianinidapatdijadikansebagaimasukandanmerencanakanrencanaataumateripembelajaranbahasaIndonesia.Terutamamaterimengenaimembacaintensif.Gurujugabisamenggunakanmetodepembelajaranyangdisesuaikandengankemampuansiswa.Sehingggadenganadanyasebuahartikeltersebutsiswasudahbisamampumenemukanidepokokparagrafdalamteksbacaan.Keduasarankepadapenelitiselanjutnytemuanpenelitiinidapatdijadikanrujukandalampenelitiansejenis.Penelitiselanjutnyamemperluastemuandenganmenambahkajiandanpenemuanyanglebihakuratmengenaikemampuansiswadalammembacaintensif.