Kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII-E SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Sarah Karolina Kubela
Main Author: | Kubela, Sarah Karolina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9569/ |
Daftar Isi:
- KubelaSarahKarolina.2014.KemampuanMembacaIntensifSiswaKelasVIIIESMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanBahasaIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RoekhanM.Pd.KataKunciKemampuanmembacamembacaintensif.Membacamerupakansalahsatukegiatanuntukmendapatkaninformasi.Denganmembacasiswadapatmemperolehberbagaiinformasibaikberupapengetahuanpembelajaranmaupuninformasilainnya.Membacaintensifadalahmembacasecaracermatuntukmemahamisuatutekssecaratepatdanakurat.Kemampuanmembacaintensifadalahkemampuanmemahamidetailsecaraakuratlengkapdankritisterhadapfaktakonsepgagasanadalahpesandanperasaanyangadapadawacanatulis.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuikemampuanmembacaintensifsiswadilihatdariaspekkemampuanmenemukanidepokokparagrafdankemampuansiswadalammenemukanidepenunjang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangandeskriptif.Populasipenelitianadalah247orang.SampelpenelitiankelasVIII-Esebanyak30siswa.Pengumpulandatadilakukandenganmemberikantesmembacaartikel.Intrumenpenelitianberupasoalessaydanrubrikpenilaianmembacaintensif.Analisisdatadilakukandenganlangkah-langkahberikut(1)persiapan(2)pengekodeandan(3)penilaian.PenafsiranhasilanalisismenggunakanpedekatanPAP.Hasilanalisisdatasebagaiberikut.Dalammenemukanidepokokparagrafsebanyak7siswa(233%)mendapatkankualifikasisangattinggi11siswa(366%)mendapatkankualifikasitinggi5siswa(166)mendapatkualifikasikurang7(233%)mendapatkankualifikasisangatkurang.Halinidapatdiartikanbahwa18siswa(60%)mendapatkannilaidiatasSKMyaitu75sedangkan12siswa(40%)yangdapatnilaidibawahSKM.Dalammenemukanidepenunjuangparagrafsebanyak7siswa(233%)mendapatkankualifikasisangattinggi11siswa(366%)mendapatkannilaikualifikasitinggi5siswa(166)mendapatkannilaikurang7(233%)siswamendapatkakualifikasinilaisangatkurang.Halinimenunjukanbahwasebanyak18siswa(60%)mendapatnilaidiatasSKM.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdisampaikankepadabeberapapihakantaralaingurumatapelajaranbahasaIndonesiakepadaSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdanpenelitiselanjutnya.BagigurubahasaIndonesiatemuanpenelitianinidapatdijadikansebagaimasukandanmerencanakanrencanaataumateripembelajaranbahasaIndonesia.Terutamamaterimengenaimembacaintensif.Gurujugabisamenggunakanmetodepembelajaranyangdisesuaikandengankemampuansiswa.Sehingggadenganadanyasebuahartikeltersebutsiswasudahbisamampumenemukanidepokokparagrafdalamteksbacaan.Keduasarankepadapenelitiselanjutnytemuanpenelitiinidapatdijadikanrujukandalampenelitiansejenis.Penelitiselanjutnyamemperluastemuandenganmenambahkajiandanpenemuanyanglebihakuratmengenaikemampuansiswadalammembacaintensif.