Kemampuan menulis surat dinas (pengumuman) siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014 / Sahrul
Main Author: | Sahrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9568/ |
Daftar Isi:
- Sahrul.2014.KemampuanMenulisSuratDinas(Pengumuman)SiswaKelasVIIISMPLaboratoriumUniversitaNegeriMalangTahunAjaran2013/2014.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Suyono.MPd.Katakuncikemampuanmenulissuratdinas(pengumuman)Penelitianinibertujuanuntukmengetahuitingkatkemampuanmenulissuratdinas(pengumuman)siswakelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangtahunajaran2013/2014.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.Sumberdatadalampenelitianiniberupasuratdinas(pengumuman).Datadalampenelitianiniberupanilaitentangkemampuanmenulissuratdinas(pengumuman)dariaspek(1)kelengkapanisi(2)penggunaanbahasadan(3)format(bagiansurat).Adapunpopulasidalampenelitianiniberjumlah247siswayangterbagimenjadi7kelas.KelasyangdijadikansampelpenelitianadalahVIIIFyangmemilikijumlahsiswasebanyak37siswa.Padasaatdiadakantesmenulissuratdinas(pengumuman)4siswatidakbisamengikutidenganketerangansakitjadijumlahsampeldalampenelitianiniadalah33siswaatau13%darijumlahpopulasi.Instrumenpenelitianberupapedomanpenyekoransuratdinas(pengumuman).Analisisdatadilakukandalamtigalangkahyaitu(1)persiapan(2)pengodeandan(3)penilaian.Hasilanalisisdanpembahasankemampuanmenulissuratdinas(pengumuman)siswakelasVIIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangpadaaspekkelengkapanisimenunjukkansebesar88%atausebanyak29siswatelahmampumencapai880575(SKM)dansebesar12%atausebanyak4siswabelummampu.Isisuratdinas(pengumuman)dinyatakansecararingkasjelasdaneksplisit.Padaaspekpenggunaanbahasasebesar76%atausebanyak25siswatelahmampumencapai880575(SKM)dansebesar24%atausebanyak8siswabelummampu.Bahasayangdigunakanpadasuratdinas(pengumuman)merupakanbahasayangringkaspadatdanjelastetapimasihterdapatkesalahanpadaejaantandabacadanpilihankata.Padaaspekformat(bagiansurat)sebesar48%atausebanyak16siswatelahmampumencapai880575(SKM)dansebesar52%atausebanyak17siswabelummampu.Padaaspekinibeberapasiswamengalamikesulitanpadabagianpembukadanpenutup.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapadaketigaaspekmasihadasiswayangbelummampumencapaiSKMterutamapadaaspekformat.Olehkarenaitudisarankankepadakepalasekolahuntukmenerapkanpenelitiantindakankelasagardapatmeningkatkankualitaspembelajarandandapatmengetahuikelemahanpembelajaran.Saranuntukgurusebaiknyagurubanyakreferensitentangtopikyangakandiajarkansehinggasiswamemilikibanyakcarauntukmemberikanhasilyangterbaik.Kemudiansaranuntukpenelitilainuntukmengkajikemampuanyangsamadengankompetensidasaryangberbedaataumeningkatkankemampuansiswapadafokusyangsamadenganpenelitian.