Kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII-B SMP Kristen 1 YPK Malang tahun ajaran 2013/2014 / Rahman Surey

Main Author: Surey, Rahman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9567/
Daftar Isi:
  • SureyRahman.2014.KemampuanMenulisTeksBeritaSiswaSMPKristen1YPKMalang.SkripsiJurusanBahasaIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.SuyonoM.Pd12288122881228812288KataKuncikemampuanmenulisteksberita12288122881228812288Menulismerupakansalahsatuketerampilanberbahasaselainmendengarkanberbicaradanmembaca.Keterampilanmenulisdigunakandengantujuanagarsiswamempunyaikemampuandalammenuangkanidegagasanpikiranpengalamandanpandangandenganbenar.Sebagaisuatuketerampilankegiatanmenulisharuslahdilatihsecarabenardanterusmenerus(Romli200352).Halinidisebabkanmenulismembutukanwaktuyangcukupdanharusdilakukansecaraberkesinambungan.Tujuandaripenelitianiniuntukmengetahuikemampuansiswadalammenulisteksberitadilihatdariaspekjudulberitaterasberitatubuhberitadanbahasa.12288122881228812288DatadalampenelitianberupaskorkemampuanmenulisteksberitasiswakelasVIII-BSMPKristen1YPKMalang.InstrumenpenelitianyangdigunakandalamprosespenelitianiniadalahtestulisdanpanduanpenilaianmenulisteksberitaAnalisisdatadilakukandenganlangkah-langkahberikut(1)persiapan(2)pengkodeandan(3)penilaian.12288122881228812288Hasilanalisispadaaspekjudulberitamenunjukkanbahwasemuasiswa(100%)berhasilmencapai/melewatiSKM.Secararincisebanyak7siswa(50%)tergolongkualifikasiSangatMampu5siswa(36%)tergolongkualifikasiMampudan2siswa(14%)tergolongkualifikasiCukup.PadaaspekterasberitasiswayangnilainyaberadadibawahSKMlebihbanyakdaripadayangdiatasSKMyakni8siswa(57%)yangmasihtergolongkualifikasiBelumMampu.SedangkanyangberadadiatasSKMberjumlah6siswa(43%)yangterdiriatas1siswa(7%)mencapaikualifikasiSangatMampu1siswa(7%)mencapaikualifikasiMampudan4siswa(29%)mencapaikualifikasiCukup.Padaaspektubuhberitasemuasiswa(100%)berhasilmelewatiSKMdenganrincian9siswa(64%)padakualifikasiSangatMampu4siswa(29%)padakualifikasiMampudan1siswa(7%)padakualifikasiCukup.Padaaspekbahasa13siswa(93%)berhasilmelewatiSKMdenganrincian4siswa(29%)mencapaikualifikasiMampudan9siswa(64%)mencapaikualifikasiCukup.Sementaraitu1siswalainnya(7%)masihberadadibawahSKMtepatnyapadakualifikasiBelumMampu.12288122881228812288Secaraumumsiswasudahmampumenulisteksberita.Hanyasajamasihadabeberapakesalahanyangdilakukanolehsiswa.Pertamasebagianbesarsiswabelummampumembedakanantarajudulberitadanterasberita.Keduapadaaspekbahasamasihbanyakkesalahanyangdilakukansiswabaikpadapengunaankalimatefektifejaanmaupunpengembanganparagraf.12288122881228812288BerdasarkankenyataantersebutguruBahasaIndonesiadanpihaksekolahdisarankanuntuklebihmeningkatkankemampuansiswadalammenulis.Saranuntukpenelitiselanjutnyamemperluastemuandenganmenambahkajianpenemuanyanglebihakuratmengenaikemampuansiswadalammenulisteksberita.