Kemampuan menulis laporan kegiatan siswa kelas VIII-G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014 / Yomima Nensi Imlawel

Main Author: Imlawel, Yomima Nensi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9566/
Daftar Isi:
  • ImlawelNensiYomima.2014.KemampuanMenulisLaporanKegiatanSiswaKelasVIII-GSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanBahasaIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HsWidodoM.Pd.KataKuncikemampuanmenulislaporankegiatanMenulissebagaisalahsatubentukkomunikasiverbal(bahasa)dapatdidefinisikansebagaisuatukegiatanpenyampaianpesandenganmenggunakantulisansebagaimediumnya.Pesanadalahisiataumuatanyangterkandungdalamsuatutulisan.Adapuntulisanmerupakansebuahsistemkomunikasiantarmanusiayangmenggunakansimbolataulambangbahasayangdapatdilihatdandisepakatipemakainya.SelanjutnyaAkhadiahArsjaddanRidwan(19883)jugamengemukakanbahwadidalamkomunikasitertulisterdapatempatunsuryangterlibat.Keempatunsurituadalah(a)penulissebagaipenyampaipesan(b)pesanatauisitulisan(c)saluranataumediumtulisandan(d)pembacasebagaipenerimapesan.Tujuandaripenelitianiniyakniuntukmengetahuikemampuansiswadalammenulislaporankegiatandilihatdariaspekbahasaaspekformatdanaspekkelengkapanisi.Metodologipenelitianiniyaknipenelitiandeskriptifkuantitatif.DatapenelitianiniberupaskoryangdiperolehdarikemampuansiswadalammenulislaporankegiatansiswakelasVIII-GSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Instrumenpenelitianiniberupatesdanrubrikpenelitianmenulis.Penyekorandilakukandenganmetodeanalitikyaknidenganmemberikanskorterhadapaspek-aspekyangakanditeliti.Setelahpenyekoranselesaidilakukanpenilaianperaspekberdasarkanpedomanpenilaianyangtelahditentukan.Analisisdatadilakukansetelahsemuadataterkumpuldenganlangkah-langkahberikut(1)persiapandan(2)pentabulasi.HasilanalisispenelitiankemampuanmenulislaporankegiatansiswakelasVIII-GSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdilihatdariaspekbahasadinyatakanbahwasebanyak20siswa(100%)mendapatkankualifikasisangatmampu.Artinyasebanyak20siswamendapatnilaidiatasSKM.Kemampuansiswamenulislaporankegiatandilihatdariaspekbahasasebanyak7siswa(35%)mendapatkankualifikasisangatmampu13siswa(65%)mendapatkankualifikasimampu.Padaaspekformatditemukanjugasebanyak20siswa(100%)mendapatnilaidiatasSKMyakni15siswa(75%)beradapadakualifikasisangatmampudansebanyak5siswa(25%)beradapadakualifikasimampu.Aspekkelengkapanisisebanyak15siswa(75%)mendapatkankualifikasisangatmampusebanyak5siswa(25%)beradapadakualifikasimampu.