Analisis teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 2 Papar tahun pelajaran 2013/2013 / Ika Elly Nurmaning Tyas
Main Author: | Tyas, Ika Elly Nurmaning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9562/ |
Daftar Isi:
- TyasIkaEllyNurmaning.2013.AnalisisTeksPidatoSiswaKelasIXSMPNegeri2PaparTahunPelajaran2012/2013.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RoekhanM.PdKatakuncimenulistekspidatomenulistekspidato12288122881228812288SalahsatukompetensidasarketerampilanmenulisyangharusdikuasaiolehsiswaSMPadalahmenulistekspidato.KeterampilanmenulistekspidatodiajarkankepadasiswadengantujuansupayasiswamampumenulistekspidatodenganbahasaIndonesiayangbaikdanbenar.Untukmengetahuihasilbelajarsiswadalammenulistekspidatodilakukananalisistekspidatosiswa.PenelitianiniadalahmendeskripsikantekspidatosiswakelasIXSMPNegeri2Paparpadaaspeksistematikaisipenggunaanbahasadanpenggunaanejaan.122881228812288Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandeskriptif.Instrumenpenelitianiniadalahperintahdanpetunjuksedangkanalatbantuyangdigunakanberupapanduananalisis.DatapenelitianiniberupatekspidatosiswakelasIX.Data-datatersebutkemudiandianalisisuntukmemperolehdeskripsitentangsistematikaisipenggunaanbahasadanpenggunaanejaan.SumberdatapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasIXSMPNegeri2Paparyangterdiridari7kelasyangberjumlah217siswa.Dari217siswadapatdikumpulkan217tekspidatoyangselanjutnya28tekspidatountukdianalisis.12288122881228812288Berdasarkananalisisdatadiperolehtigahasilpenelitian.Pertamasistematikaisitekspidatomeliputisalampembukasapaanpendahuluankedalamankeluasanpenggunaanhumorsimpulanharapandansalampenutup.Keduapenggunaanbahasameliputikesepadanankelogisankesatuandankepaduan.Ketigapenggunaanejaan.12288122881228812288Berdasarkananalisistekspidatopadaaspeksistematikaisidiperolehsembilanhasilpenelitian.Pertamatekspidatobagiansalampembukadenganpenyusunantepatsebanyak19siswa(67%)kurangtepatsebanyak9siswa(32%)dantidaktepatsebanyak0siswa(0%).Keduatekspidatobagiansapaandenganpenyusunantepatsebanyak20siswa(70%)kurangtepatsebanyak4siswa(14%)dantidaktepatsebanyak4siswa(14%).Ketigatekspidatobagianpendahuluandenganpenyusunantepatsebanyak8siswa(28%)kurangtepat16siswa(57%)dantidaktepatsebanyak4siswa(14%).Keempattekspidatobagiankedalamandenganpenyusunantepatsebanyak7siswa(25%)kurangtepatsebanyak18siswa(64%)dantidaktepatsebanyak3siswa(10%).Kelimatekspidatobagiankeluasandenganpenyusunansebanyak3siswa(10%)kurangtepatsebanyak14siswa(50%)dantidaktepatsebanyak11siswa(38%).Keenamtekspidatobagianpenggunaanhumordenganpenyusunantepatsebanyak0siswa(0%)kurangtepatsebanyak0siswa(0%)dantidaktepatsebanyak0siswa(0%).Ketujuhtekspidatoyangmemilikibagiansimpulandenganpenyusunantepatsebanyak3siswa(10%)kurangtepatsebanyak13siswa(46%)dantidaktepatsebanyak7siswa(25%).Kedelapantekspidatobagianharapandenganpenyusunantepatsebanyak4siswa(14%)kurangtepatsebanyak10siswa(35%)dantidaktepatsebanyak12siswa(31%).Kesembilantekspidatobagiansalampenuutupdenganpenyusunantepatsebanyak5siswa(17%)kurangtepatsebanyak17siswa(60%)dantidaktepatsebanyak7siswa(25%).12288122881228812288Berdasarkananalisispenggunaanbahasadalamtekspidatodiperolehempathasilpenelitian.Pertamakesepadanandengantepatsebanyak4siswa(14%)kurangtepatsebanyak16siswa(57%)dantidaktepatsebanyak8siswa(28%).Keduakelogisandengantepatsebanyak5siswa(17%)kurangtepatsebanyak16siswa(57%)dantidaktepatsebanyak7siswa(25%).Ketigakesatuandengantepatsebanyak3siswa(10%)kurangtepatsebanyak20siswa(70%)dantidaktepatsebanyak5siswa(17%).Keempatkepaduanyangtepatsebanyak3siswa(10%)kurangtepatsebanyak11siswa(39%)dantidaktepatsebanyak14siswa(50%).12288122881228812288Berdasarkananalisispenggunaanejaandengantepatsebanyak5siswa(17%)kurangtepatsebanyak17siswa(60%)dantidaktepatsebanyak6siswa(21%).12288122881228812288Berdasarkanhasilpenelitianinidikemukakantigasaran.Pertamabagigurudisarankanmelakukanperbaikanpembelajaranmenulistekspidatosupayasiswalebihterampilmenulistekspidato.Keduabagipenelitiselanjutnyadisarankanmelakukanpenelitianpadaaspeklainterkaitdengantekspidatomisalnyagayabahasadalamtekspidatokarangansiswa.Ketigabagisiswadisarankanlebihgiatbelajardanberlatihuntukmenulistekspidatodenganbaikdanbenar.12288122881228812288