Peningkatan kemampuan membacakan berita menggunakan teknik pemodelan berjenjang siswa kelas VIIIB SMP negeri satu atap merjosari malang tahun pelajaran 2011/2012 / Alfian Faisal Ma'ruf
Main Author: | Ma'ruf, Alfian Faisal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9560/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajaranmembacamembacakanberitateknikpemodelanberjenjangTujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikanpeningkatankemampuanmembacakanberitasiswakelasVIIIBSMPNSatuAtapMerjosariMalangmenggunakanteknikpemodelanberjenjang(2)mendeskripsikanpeningkatanprosespembelajaranmembacakanberitakelasVIIIBSMPNSatuAtapMerjosariMalangmenggunakanteknikpemodelanberjenjang.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Datahasildalampenelitianiniberupaskordandatadeskriptifkualitatif.Datakualitatiftersebutberuparesponsiswadanpenilaianaspekafektifselamaprosespembelajaranmembacakanberita.Penelitiantindakankelasdalampenelitianinimencakupempatkomponenyaitu(1)perencanaan(planning)(2)tindakan(acting)(3)pengamatan(observing)dan(4)refleksi(reflecting).HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanteknikpembelajaranPemodelanBerjenjangdapatmeningkatkankemampuanmembacakanberitakelasVIIIBSMPNSatuAtapMerjosariMalang.KemampuansiswamengalamipeningkatansecarabertahapdanmencapaihasilyangoptimalpadasiklusII.Peningkatantersebutberupapeningkatanprosesdanhasil.Peningkatanprosesdapatdilihatdaribagaimanasiswamencobamenerapkanaspek-aspekmembacakanberita.DariaspekintonasipadatahappratindakansiswasangatkurangmeningkatpadasiklusIdenganadanyamodelsiswabelajarmenirumodelyangditampilkansecaralangsungdanmeningkatlagipadasiklusIIsebagiansiswasudahbisamemvariasikanintonasilebihdarimodelyangditampilkan.DariaspekpenjedaanpadatahappratindakankemampuanawalsiswahanyamengertiartisimbolmeningkatpadasiklusIsiswabelajarmenggunakantandajedakedalamkalimatberitahasilnyapadasiklusIImengalamipeningkatansecarakeseluruhanmampumenggunakantandajeda.DariaspekpelafalanpadatahappratindakankemampuanawalsiswasebagianbesarcukupmampumeningkatpadasiklusIsiswamampumelafalkankatayangsulitmeskipunhanyasedikitdanpadasiklusIIkemampuansiswameningkatsebelummembacakansiswaberlatihmembacakankata-katasulitsehinggamerekamampumembacakandenganlancar.DariaspekmimikpadatahappratindakankemampuanawalsiswasangatkurangkarenamimikpalingsulitdipelajarimeningkatpadasiklusIsiswamulaimenirumimikmodelpembacaberitadanmeningkatlagipadasiklusIIsiswasebagianbesarmembacakanberitadenganpercayadiridanmengiterpretasikanmimikdengangayanyasendiri.DariaspekkelancaranpadatahappratindakankemampuanawalsiswacukupmamputetapiterlalucepatmembacanyadanhasilnyameningkatpadasiklusIsiswaberlatihmembacaberulang-ulangteksberitasehinggatampaklancarmeningkatlagipadasiklusIIsiswaberlatihmembacakandenganpelankata-katasulitsecaraberulang-ulangsehinggalancardantemponyabervariasi.Selaindilihatdarideskripsiaspek-aspekmembacakanberitapeningkatanjugadapatdilihatdaripenilaianafektifyaitukeaktifanperhatiandankerjasamasiswa.Darisegikeaktifanpadatahappratindakansiswabelumsepenuhnyaaktifbertanyaatauberkomentar.PadasiklusIsiswasudahcukupmampuberkomentarmeskipunsingkat.PadasiklusIIsiswaaktifmemberikankomentardisertaialasanyangjelas.Darisegiperhatianpadatahappratindakansiswatidakantusiasmemperhatikanjalannyapembelajaran.PadasiklusIsiswamulaitampakantusiasmemperhatikansaatgurumemberikancontohmodeldansaatsiswalainmembacakanberita.PadasiklusIIsiswamemperhatikandanmampumenanggapipenampilansiswalainsaatmembacakanberita.Darisegikerjasamapadatahappratindakansiswasangatkurangdalamhalkerjasamaselamapembelajarandanbelumbisabekerjasamadalamkelompok.PadasiklusIsiswamulaibisabekerjasamadengansiswamaupungurusaatpembelajaranberlangsung.PadasiklusIIsiswasebagianbesarsudahmampubekerjasamadengankelompokmaupunsaatpembelajaranmembacakanberitaberlangsung.Peningkatanhasildapatdilihatdarinilairata-ratasiswasejakstudipendahuluan.Nilairata-ratasiswasiswapadastudipendahuluanadalah5875%dantermasukkualifikasikurang.Nilairata-ratasiswapadasiklusImengalamipeningkatansebesar1545poinyaitu7420%dantermasukkualifikasicukup.Nilairata-ratasiswamengalamipeningkatanyangoptimalsebesar1605poinyaitu9025%dantermasukkualifikasisangatbaik.KemampuansiswamembacakanberitadisiklusIIsudahmencapaiketuntasanminimalyangditetapkanyaknisebesar75%sehinggadapatdikatakanbahwasiswaSMPNSatuAtapMerjosarisudahmampumembacakanberitadenganartikulasidanintonasiyangtepat.