Peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN I Balonggebang Kab. Nganjuk dengan strategi 3 M (meniru-mengolah-mengembangkan) / Indri Lestari
Main Author: | Lestari, Indri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9555/ |
Daftar Isi:
- LestariIndri.2009.PeningkatanKemampuanMenulisKaranganSederhanaSiswaKelasIIISDNIBalonggebangKabupatenNganjukdenganStrategi3M(Meniru-Mengolah-Mengembangkan).SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.DwiSaksomoM.SiKatakuncimenuliskarangansederhanastrategi3MpembelajaranmenulisBerdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)2006disebutkanbahwaketerampilanmenuliskarangansederhanawajibdiajarkanpadasiswakelasIIISekolahDasar.Tujuanpembelajarantersebutadalahagarsiswamampumenuliskarangansederhanaberdasarkangambarserimenggunakanpilihankatadankalimatyangtepatdenganmemperhatikanpenggunaanhurufkapitaldantandatitik.DarihasilpengamatandilapangantampakbahwakemampuansiswamenuliskarangansederhanadiSDNIBalonggebangKabupatenNganjukmasihrendah.Haltersebutdapatdilihatdarihasilkarangansiswapadapratindakan.Siswamengalamikesulitanmenggunakanhurufkapitaldantandatitik.Dari35siswahanyaseorangsiswayangmendapatkanskormaksimal(4)padaaspekejaandanteknikpenulisan.Selainitusiswajugamengalamikesulitanmenuangkanidedalambentukkarangan.Sebanyak10siswahasilkarangannyahanyaterdiridariempatkalimat.Kalimattersebutsamadenganjumlahgambarseriyangdiberikan.Dengankatalainsiswahanyamampumenuliskansatukalimatpadasatugambar.Olehkarenaituuntukmeningkatkankemampuansiswadalammenuliskarangansederhanadiperlukansuatustrategipembelajaranyangtepat.Salahsatustrategiyangdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuansiswamenuliskarangansederhanaadalahstrategi3M(Meniru-Mengolah-Mengembangkan).Strategitersebutmeliputitigatahapanyaitutahapmenirutahapmengolahdantahapmengembangkan.Tahapmeniruadalahpemberianmodelkaranganyangdiidentifikasiunsur-unsurnyadandisadurdenganmemperhatikanpenggunaantandatitikdanhurufkapital.Tahapmengolahadalahtahapmengolahunsur-unsuryangadadalamkarangansederhanakhususnyanamatokohtempatdanwaktu.Tahapmengembangkanadalahtahapmengubahataumencarilawanwataktokohyangadadalamcontohkaranganmembuatkerangkakarangandanmengembangkankerangkakaranganmenjadikaranganutuh.Tujuanumumpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpeningkatankemampuanmenuliskarangansederhanadenganmenggunakanstrategi3M(MeniruMengolahdanMengembangkan)siswakelasIIISDNegeriIBalonggebangKabupatenNganjuk.Sedangkantujuankhususpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikanpeningkatankemampuanmenuliskarangansederhanadenganmenggunakanstrategi3MsiswakelasIIIdiSDNegeriIBalonggebangKabupatenNganjukpadatahapmeniru(2)mendeskripsikanpeningkatanivkemampuanmenuliskarangansederhanadenganmenggunakanstrategi3MsiswakelasIIIdiSDNegeriIBalonggebangKabupatenNganjukpadatahapmengolahdan(3)mendeskripsikanpeningkatankemampuanmenuliskarangansederhanadenganmenggunakanstrategi3MsiswakelasIIIdiSDNegeriIBalonggebangKabupatenNganjukpadatahapmengembangkan.Jenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Rancanganpenelitiandisusundalamduasiklusdenganmasingmasingsiklusmeliputiperencanaan(penyusunanRPP)pelaksanaanpengamatandanrefleksi.Dalammasing-masingsiklusterdiridaritigatahapanyaitutahapmenirutahapmengolahdantahapmengembangkan.SubjekumundalampenelitianiniadalahsiswakelasIIISDNIBalonggebangKabupatenNganjukyangberjumlah35siswa.Sedangkansubjekkhususnyaadalahsiswayangmemilikipermasalahandalampembelajaranmenuliskarangansederhanasejumlah10siswa.Padahasilpratindakandari375siswaterdapat10siswayangmemperolehnilaidibawahSKM.Penelitianinidilaksanakanpada8April2009sampaidengan8Mei2009dalamduasiklus.Datautamapenelitianiniadalahdatanonverbalyangberupahasilkarangansederhanasiswa.Datatersebutdidukungdatapenunjangyangmeliputilembarobservasicatatanlapanganpedomanwawancaradanfotoselamaprosespenelitian.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanmenuliskarangansederhanasiswakelasIIISDNIBalonggebangKabupatenNganjukdarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatan.Padatahapmenirumampumeningkatkankemampuanmenuliskarangansederhanasiswaterutamadalamketelitianpenggunaanejaandantandabaca.Padatahapmengolahmampumeningkatkankemampuanmenuliskarangansederhanasiswaterutamadalammengolahbangunstrukturkarangansesuaidenganimajinasidankreativitassiswa.Sedangkanpadatahapmengembangkanmampumeningkatkankemampuanmenuliskarangansederhanasiswaterutamadalammengembangkankerangkakarangandanidemenjadikaranganutuh.HaltersebutberdasarkanpadaperolehannilaisiswadiatasSKMyangditentukanolehsekolahyaitusebesar880570.Sehubungandenganhasilpenelitianmakadisarankankepadaguruagarmenciptakanstrategipembelajaranyanglebihkreatifdaninovatifsehinggapembelajaranterasalebihmenyenangkankhususnyadalampembelajaranmenulis.Strategi3M(Meniru-Mengolah-Mengembangkan)dapatdijadikansalahalternatifstrategipembelajaranmenuliskarangansederhana.Kepadapenelitilainyangakanmelakukanpenelitiansejenisdiharapkanmampumengembangkanstrategiinidalampembelajaranketerampilanmenulislainnyamisalnyamenulisteksberitamenulisnaskahdramadansebagainya.