Diksi dalam teks cerpen siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang / Eriska Puspita Santi

Main Author: Santi, Eriska Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9532/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSantiEriskaPuspita.2016.DiksidalamTeksCerpenSiswaKelasXSMKNegeri4Malang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumadiM.Pd.(II)Dr.TitikHarsiatiM.Pd.KataKuncidiksicerpenDalamsetiapkalimatpemilihankataperludilakukanagargagasanyangdisampaikandapatdipahamidenganbaikolehoranglain.Pilihankataerathubungannyadengankaidahsintaksismaknahubungansosialdanmengarang.Kaidahinisalingmendukungsehinggakaranganataututurkatalebihbernilai.Dalamkaranganpemilihankataterkadangtidaksesuai.Salahsatucontohnyapadakegiatanmenulissiswadisekolah.Haltersebutmenimbulkanpermasalahansiswadalammenuliskaranganterutamapadatekscerpen.Tekscerpenadalahceritafiksiyangselesaidibacadalamsekalidudukdanceritanyamampumembangkitkanefektertentupadapembaca.Olehkarenaitupemilihankatadalamtekscerpensangatmempengaruhipesanmoralyangmampumembangkitkanefektertentupadapembaca.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenggunaandiksimeliputi(1)penggunaanmaknadenotatifdankonotatif(2)penggunaankatabersinonim(3)penggunaankataidiomdan(4)penggunaankata-kataindria.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanmenggunakanjenispenelitianberupaanalisisteks.PenelitiandilaksanakandiSMKNegeri4Malang.Datadalampenelitianiniadalahdiksipadatekscerpen.Prosedurpengumpulandatadiperolehmelaluiteknikmetodepenugasanmenulistekscerpen.Instrumenyangdigunakanyakni(1)penelitisendiridan(2)instrumenpenugasandanpanduananalisisdata.Proseduranalisisdatayangdilakukanmeliputi(1)reduksidata(identifikasiklasifikasidankodifikasi)(2)penyajiandatadan(3)penarikankesimpulan.Setelahituprosesyangdilakukanyaknipengecekankeabsahan.Berdasarkantemuanpenelitianterdapatempathasilpenelitian.PertamapenggunaankatabermaknadenotatifdankonotatifbanyakditemukandalamtekscerpensiswakelasXSMKNegeri4Malang.Penggunaankatabermaknadenotatifdankonotatiftampakberimbangdalamsetiaptekscerpen.Keduapenggunaankatasinonimmemberikanvariasikatadalamtekscerpensehinggaceritatidakmembosankan.Ketigaditemukanduajenisidiomyakniidiompenuhdanidiomsebagian.Penggunaaanduajenisidiominitampakberimbangdalambeberapatekscerpen.Keempatpenggunaankata-kataindriamemberikanpenguatanefekkepadapembacasehinggaefekyangditampilkanakanterlihatnyatadalamceritatekscerpen.Berdasarkanhasilpenelitiandikemukakantigasaran.PertamabagigurubahasaIndonesiayangakanmenggunakansebagaiacuanmengajarkansiswaagarlebihmeningkatkandanmemperhatikansiswadalampenggunaandiksiyangtepatdansesuaidalamkarangankhususnyatekscerpen.Keduabagisiswaagarlebihtelitidalammenggunakandiksipadakarangankhususnyatekscerpen.Ketigapenelitiselanjutnyayangakanmengadakanpenelitiansejenisagarmelakukanpenelitianlanjutanyanglebihmendalam.