Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia menggunakan media kartu kata pada siswa kelas III SDN Slorok 01 Kabupaten Blitar / Triana Wulandari
Main Author: | Wulandari, Triana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9528/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulandariTriana.2016.PembelajaranKeterampilanBerbicaraMenggunakanMediaKartuKatadiSDNSlorok01KecamatanGarumKabupatenBlitar.SkripsiJurusanBahasadanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AbdulSyukurGhazaliM.Pd(II)Dra.IdaLestariM.Si.KataKunciketerampilanberbicarakartukataprosespembelajaranbercerita.PenelitianinidilatarbelakangiolehkurangnyapenguasaanketerampilanberbicarasiswakelasIIISDNSlorok01.AdapunmasalahdalampenelitianiniadalahprosespembelajaranberbicaramenggunakanmediakartukatapadaSDNSlorok01KecamatanGarumKabupatenBlitar.PenelitianinibertujuanuntukmelihatperencanaanprosesdanevaluasipembelajaransiswakelasIIIketikamenggunakankartukatapadamateriberbicaradiSDNegeriSlorok01.Pembelajaranberbicaramenggunakankartukataadalahpenggunaanmediakartukatasebagaialatbantuuntuksiswauntukmengarangsebuahcerita.Kartukataberperansebagaipenentutemadanpedomanbagisiswauntukmenceritakanperistiwa-peritiwayangadadalamgambaryangterdapatpadakartukatasertamengandungunsurpermainandanpenguatan.Penelitianinimerupakanjenispenelitiankualitatifyangdatanyabersifatdeskriptif.Penelitianinimenunjukkanbahwaketikamenggunakanmediakartukatasiswalebihterlihatlebihaktifdalampembelajarandanmengalamiperubahan.PerubahantersebutdapatdilihatdariketertarikansiswaterhadappembelajarandannilaidaripembelajaranyaitupersentasebanyaknyasiswayangmendapatkannilailebihdariatausamadenganKKMlebihdari75%.Hasiltesakhiryaitu90%siswamendapatkannilailebihdariatausamadenganKKM.HasilbelajarsiswakelasIIIpadapembelajaranketerampilanberbicaradiSDNegeriSlorok01adalahsebagaiberikut(1)siswadapatmemahamikosakatabaruyangdianggapsulit(2)pembagiankelompokberdasarkankemampuanakademiksiswadanpendampinganyangtepatselamaprosespembuatancerita(3)pelaksanaantahapperformansiyangdilaksanakanbergiliranolehsiswa.