Analisis tingkatan berpikir dan jenis kalimat tanya siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang dalam kegiatan membaca / Sri Wahyuni
Main Author: | Sri, Wahyuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9524/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWahyuniSri.2016.AnalisisTingkatanBerpikirdanJenisKalimatTanyaSiswaKelasXISMKN1MalangdalamKegiatanMembaca.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.TitikHarsiatiM.Pd.dan(2)Dr.DwiSaksomoM.Si.KataKuncitingkatanberpikirjeniskalimattanyasiswadankegiatanmembacaBerpikirmerupakansuatuaktivitasmentalseseorangyangdidalamnyaterdapatbeberaparangkaiankegiatansepertimengkalsifikasimenganalisismenyimpulkandanlain-lain.Tingkatanberpikirdapatdilihatdarijeniskalimattanyayangditulisolehsiswa.Kalimattanyamerupakansebuahkalimatyangisinyamenginginkansebuahinformasidarisipenulisdenganditandaitandatanya.Terdapatduatujuandaripenelitianini.Pertamamendeskripsikanragamtingkatanberpikir.KeduamendeskripsikanragamjeniskalimattanyayangditulisolehsiswaSMKN1Malangsetelahkegiatanmembaca.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdengandesainpenelitiandeksriptif.SumberdatapenelitianiniadalahtulisansiswakelasXISMKN1Malang.Datapenelitianiniberupakalimattanyayangditulisolehsiswasetelahkegiatanmembaca.Pengumpulandatadilakukandengantekniktestulis.Instrumenyangdigunakanberupatekseksplanasikompleksperintahdanpedomananalisistingkatanberpikirdankalimattanyasiswa.Kegiatananalisisdatadimulaidarireduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan/verivikasidata.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehduasimpulan.Pertamaragamtingkatanberpikirdiketahuibahwatingkatanberpikirmengingatmemahamimengaplikasimenganalisismengevaluasidanmengapresiasimunculdalamkegiatanmembaca.TingkatanberpikirmengingatdominanmunculdalampembelajaranbahasaIndonesiaberdasarkankalimattanyayangditulisolehsiswakelasXISMKN1Malang.Keduakalimattanyaberdasarkankriteriayangtelahditetapkanolehpeneliti.Adapunkeriteriayangdimaksudyakni(1)kalimattanyaberdasarkanbentukdanletakkatatanyapadakalimattanya(2)kalimattanyaberdasarkantanpamenggunakankatatanyadan(3)kalimattanyabervariasi.Secaradominanbanyaksiswayangmenggunakankatatanyaapauntukmembuatkalimattanyadankatatanyatersebutberadadiawalkalimattanya.Selainterdapatbentukkatatanyayangumumdijumpaiterdapatkatatanyatanpamenggunakankatatanya.Siswamenggunakankataadabenardanbisapadakalimattanyatanpamenggunakankatatanya.Padakalimattanyabervariasiditemukanterdapatduabuahkalimattanya.Sebelummenujupadainti/topikyangditanyasiswamenambahkankalimatberita/penjelas.Terdapatduasaranyangdiuraikansebagaiberikut.PertamatingkatanberpikirsiswabisaditingkatkantarafnyapadaseluruhaspekpembelajaranbahasaIndonesia.OlehkarenaitugurubahasaIndonesiaberusahamemancingsiswadenganilustrasiterkaittingkatanberpikirdenganmateriyangdiajarkan.Keduapenelitiselanjutnyahasilpenelitianinidapatdijadikansebagaiacuandalammengadakanpenelitiansejenissehinggapenelitianinidapatdikembangkanmenjadipenelitiantindakankelaskuantitatifpengembanganmaupuneksperimen.