Analisis tingkatan berpikir dan jenis kalimat tanya siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang dalam kegiatan membaca / Sri Wahyuni

Main Author: Sri, Wahyuni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9524/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWahyuniSri.2016.AnalisisTingkatanBerpikirdanJenisKalimatTanyaSiswaKelasXISMKN1MalangdalamKegiatanMembaca.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.TitikHarsiatiM.Pd.dan(2)Dr.DwiSaksomoM.Si.KataKuncitingkatanberpikirjeniskalimattanyasiswadankegiatanmembacaBerpikirmerupakansuatuaktivitasmentalseseorangyangdidalamnyaterdapatbeberaparangkaiankegiatansepertimengkalsifikasimenganalisismenyimpulkandanlain-lain.Tingkatanberpikirdapatdilihatdarijeniskalimattanyayangditulisolehsiswa.Kalimattanyamerupakansebuahkalimatyangisinyamenginginkansebuahinformasidarisipenulisdenganditandaitandatanya.Terdapatduatujuandaripenelitianini.Pertamamendeskripsikanragamtingkatanberpikir.KeduamendeskripsikanragamjeniskalimattanyayangditulisolehsiswaSMKN1Malangsetelahkegiatanmembaca.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdengandesainpenelitiandeksriptif.SumberdatapenelitianiniadalahtulisansiswakelasXISMKN1Malang.Datapenelitianiniberupakalimattanyayangditulisolehsiswasetelahkegiatanmembaca.Pengumpulandatadilakukandengantekniktestulis.Instrumenyangdigunakanberupatekseksplanasikompleksperintahdanpedomananalisistingkatanberpikirdankalimattanyasiswa.Kegiatananalisisdatadimulaidarireduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan/verivikasidata.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehduasimpulan.Pertamaragamtingkatanberpikirdiketahuibahwatingkatanberpikirmengingatmemahamimengaplikasimenganalisismengevaluasidanmengapresiasimunculdalamkegiatanmembaca.TingkatanberpikirmengingatdominanmunculdalampembelajaranbahasaIndonesiaberdasarkankalimattanyayangditulisolehsiswakelasXISMKN1Malang.Keduakalimattanyaberdasarkankriteriayangtelahditetapkanolehpeneliti.Adapunkeriteriayangdimaksudyakni(1)kalimattanyaberdasarkanbentukdanletakkatatanyapadakalimattanya(2)kalimattanyaberdasarkantanpamenggunakankatatanyadan(3)kalimattanyabervariasi.Secaradominanbanyaksiswayangmenggunakankatatanyaapauntukmembuatkalimattanyadankatatanyatersebutberadadiawalkalimattanya.Selainterdapatbentukkatatanyayangumumdijumpaiterdapatkatatanyatanpamenggunakankatatanya.Siswamenggunakankataadabenardanbisapadakalimattanyatanpamenggunakankatatanya.Padakalimattanyabervariasiditemukanterdapatduabuahkalimattanya.Sebelummenujupadainti/topikyangditanyasiswamenambahkankalimatberita/penjelas.Terdapatduasaranyangdiuraikansebagaiberikut.PertamatingkatanberpikirsiswabisaditingkatkantarafnyapadaseluruhaspekpembelajaranbahasaIndonesia.OlehkarenaitugurubahasaIndonesiaberusahamemancingsiswadenganilustrasiterkaittingkatanberpikirdenganmateriyangdiajarkan.Keduapenelitiselanjutnyahasilpenelitianinidapatdijadikansebagaiacuandalammengadakanpenelitiansejenissehinggapenelitianinidapatdikembangkanmenjadipenelitiantindakankelaskuantitatifpengembanganmaupuneksperimen.