Tindak asertif guru SDLB dalam kegiatan belajar mengajar / Dellania Zulkarnain

Main Author: Zulkarnain, Dellania
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9519/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKZulkarnainDellania.2015.TindakAsertifGuruSDLBdalamKegiatanBelajarMengajar.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AnangSantosoM.Pd.(II)Dr.GatutSusantoM.MM.PdKataKuncitindakasertifkegiatanbelajarmengajarTindakasertifmerupakansalahsatujenistuturanyangberisiinformasiuntukmelakukansesuatuyangdirencanakandandilaksanakanolehpenuturkepadalawantuturanya.Tuturaniniseringsekalidituturkanolehgurudalamkegiatanbelajarmengajaruntukmenyampaikanmateri.SelainitudalamlingkupSDLBAutismeLabUMtindakasertifjugadituturkandalamarahanlainkepadasiswadalambentukprogramkhususatauterapi.Dalamkurunterakhirinipenelitimenyadaripenelitianyangmenyentuhtindakasertifgurukhususnyaparapengajardisekolahdasarluarbiasamasihsangatkurang.Berkaitandenganitumakadiperlukanpembahasanmengenaitindakasertifgurusekolahdasarluarbiasatersebut.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyangmencakupbentuktindakasertiffungsitindakasertifdandayaekspresifdalamtindakasertifgurusekolahdasarluarbiasa.Rancanganpenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif.Datayangberupatranskripdarituturanguruinidiperolehmelaluirekamaudiodalamkegiatanbelajarmengajar.Prosespengumpulandatadilakukandenganteknikrekamcatat.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatayaknimanusiaataupenelitiitusendiri.Untukmenjagakeabsahandatamakadilakukanmodelaluryangmencakuppengumpulandatareduksidatapenataandanklasifikasidatadanidentifikasidata.Berdasarkanhasilanalisisyangtelahdilakukandiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.PertamabentuktindakasertifyangdigunakandalamtuturanguruSDLBLabAutismeUMadalimabentukyaknibentukberitapositiflimabentukberitanegatifduabentuktanyaretoriksatubentuktanyabiasadanduabentuktanyaklarifikasiataukonfirmasi.Keduafungsitindakasertifguruterdirienamfungsi.Fungsitersebutmasing-masingadalahfungsimenyatakanmemberitahukanfungsimenyarankanfungsimengeluhfungsimenegaskandanfungsimenceritakankembali.Ketigadayaekspresifdalamtindakasertifguruterdiridariduafungsikomunikatifyangmeliputimenyalahkansesuatudanmemujisesuatu.ABSTRAKTujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibentuk-bentukdanfungsitindakasertifgurudalamkegiatanbelajarmengajardikelas.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdeskriptifdenganinstrumenpenelitirekamdancatatanlapangan.Penelitimengklasifikasikantindakasertifgurukedalam3bagianyaitubentuktindakaseriffungsitindakasertifdandayatindakasertif.Masing-masingdianalisissesuaidenganbentuktindaktuturfungsituturannyadandayadalamtindakasertif.Hasildaripenelitianinigurulebihbanyakmenggunakantindakasertifbentukberitadanfungsimemberitahukan.Penelitijugamenemukansedikitnyapenggunaanfungsituturanmengeluhdayadirektifmenyuruhdansetaranyadayaekspresifmemujidanmeyalahkan.