Tindak asertif guru SDLB dalam kegiatan belajar mengajar / Dellania Zulkarnain
Main Author: | Zulkarnain, Dellania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9519/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKZulkarnainDellania.2015.TindakAsertifGuruSDLBdalamKegiatanBelajarMengajar.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AnangSantosoM.Pd.(II)Dr.GatutSusantoM.MM.PdKataKuncitindakasertifkegiatanbelajarmengajarTindakasertifmerupakansalahsatujenistuturanyangberisiinformasiuntukmelakukansesuatuyangdirencanakandandilaksanakanolehpenuturkepadalawantuturanya.Tuturaniniseringsekalidituturkanolehgurudalamkegiatanbelajarmengajaruntukmenyampaikanmateri.SelainitudalamlingkupSDLBAutismeLabUMtindakasertifjugadituturkandalamarahanlainkepadasiswadalambentukprogramkhususatauterapi.Dalamkurunterakhirinipenelitimenyadaripenelitianyangmenyentuhtindakasertifgurukhususnyaparapengajardisekolahdasarluarbiasamasihsangatkurang.Berkaitandenganitumakadiperlukanpembahasanmengenaitindakasertifgurusekolahdasarluarbiasatersebut.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyangmencakupbentuktindakasertiffungsitindakasertifdandayaekspresifdalamtindakasertifgurusekolahdasarluarbiasa.Rancanganpenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif.Datayangberupatranskripdarituturanguruinidiperolehmelaluirekamaudiodalamkegiatanbelajarmengajar.Prosespengumpulandatadilakukandenganteknikrekamcatat.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatayaknimanusiaataupenelitiitusendiri.Untukmenjagakeabsahandatamakadilakukanmodelaluryangmencakuppengumpulandatareduksidatapenataandanklasifikasidatadanidentifikasidata.Berdasarkanhasilanalisisyangtelahdilakukandiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.PertamabentuktindakasertifyangdigunakandalamtuturanguruSDLBLabAutismeUMadalimabentukyaknibentukberitapositiflimabentukberitanegatifduabentuktanyaretoriksatubentuktanyabiasadanduabentuktanyaklarifikasiataukonfirmasi.Keduafungsitindakasertifguruterdirienamfungsi.Fungsitersebutmasing-masingadalahfungsimenyatakanmemberitahukanfungsimenyarankanfungsimengeluhfungsimenegaskandanfungsimenceritakankembali.Ketigadayaekspresifdalamtindakasertifguruterdiridariduafungsikomunikatifyangmeliputimenyalahkansesuatudanmemujisesuatu.ABSTRAKTujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibentuk-bentukdanfungsitindakasertifgurudalamkegiatanbelajarmengajardikelas.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdeskriptifdenganinstrumenpenelitirekamdancatatanlapangan.Penelitimengklasifikasikantindakasertifgurukedalam3bagianyaitubentuktindakaseriffungsitindakasertifdandayatindakasertif.Masing-masingdianalisissesuaidenganbentuktindaktuturfungsituturannyadandayadalamtindakasertif.Hasildaripenelitianinigurulebihbanyakmenggunakantindakasertifbentukberitadanfungsimemberitahukan.Penelitijugamenemukansedikitnyapenggunaanfungsituturanmengeluhdayadirektifmenyuruhdansetaranyadayaekspresifmemujidanmeyalahkan.