Penggunaan piranti puitik dalam puisi karya siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Yuliani Paranita

Main Author: Paranita, Yuliani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9517/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKParanitaYuliani.2016.PenggunaanPirantiPuitikDalamPuisiKaryaSiswaSMAKelasXBahasaSMANegeri7Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.RoekhanM.Pd.Pembimbing(II)Dra.Hj.IdaLestariM.Pd.KatakuncipirantipuitikpuisipembelajaransastraPuisimerupakanbentukkaryasastrayangmengungkapkanpikirandanperasaanpenyairsecaraimajinatifdandisusundenganmengonsentrasikanstrukturfisikdanstrukturbatin.Pirantipuitikmerupakanalatuntukmembentukkekuatanbunyikohesikoherensidanharmonipadapuisiagarterbentukkeindahanpadapuisi.Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikan(1)penggunaandiksipuisikaryasiswa(2)penggunaanmajaspuisikaryasiswadan(3)penggunaansaranaretorikapuisikaryasiswakelasXBahasaSMANegeri7MalangTahunPelajaran2015/2016.Penelitianinitermasukpenelitiankualitatifdenganteknikkajiantekssastra.SumberdatapenelitianadalahtekspuisisiswakelasXBahasayangdiperolehdarigurumatapelajaranBahasaIndonesiasebagaiperantara.DatapenelitianberupabagiantekspuisiyangmengandungpirantipuitikdalampuisikaryasiswakelasXBahasaSMANegeri7MalangTahunPelajaran2015/2016.TeknikpengumpulandatadengancaraanalisisdokumendarilembartugasmenulispuisikepadasubjekpenelitianmelaluiguruMataPelajaranSastraIndonesia.Analisisdatanyameliputi(1)reduksidata(2)penyajiandatadan(3)pemaknaan/penarikansimpulan.Pengecekankeabsahantemuandilakukandenganteknikkecermatansertaketekunanpembacaan.HasilpenelitianiniberupadeskripsipenggunaanpirantipuitikpuisikaryasiswakelasXBahasaSMANegeri7Malang.Pirantipuitiktersebutmeliputi(1)diksi(2)majasdan(3)saranaretorika.Diksimeliputi(a)katakonkret(b)katadenotasidan(c)katakonotasi.Majasmeliputi(1)simile(2)metafora(3)personifikasi(4)metonimidan(5)sinekdoke.Saranaretorikameliputi(1)repetisi)(2)pararelisme(3)ironi(4)hiperbola(5)paradoksdan(6)litotes.Berdasarkantemuanpenelitiansaranditujukanbagisiswagurudanpenelitiselanjutnya.Siswadisarankanuntuklebihbanyakberlatihmenulispuisidenganmemperhatikanpenggunaanpirantipuitiklebihmendalamagarterciptapuisiyangestetis(indah).Siswajugadisarankanuntukbanyakberinteraksidengankegiatanmembacapuisi-puisiparapenyair.Dengancaratersebutdiharapkansiswamemilikiperbendaharaankatayangbaikdanterasahsecaraperlahan.GurubahasaIndonesiaperlumemperluaskosakatadanmeningkatkanpengetahuanterhadapberbagaijenispirantipuitikagardapatmengajarkanberbagaijenispirantipuitikpuisikepadasiswadisekolah.Bagipenelitilaindisarankanuntukmelakukanpenelitiandenganmemperkayatemuanmengenaipirantipuitikdalampuisiselaintigaaspek(diksimajassaranaretorika).Penelitiselanjutnyajugadisarankanuntukmemperluasfokuspenelitiansepertigayapenulisanpuisitemayangdiangkatrasasertanadayangdihasilkandanlainsebagainya.