Kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X IIS SMAN 1 Tumpang tahun ajaran 2015/2016 / Intan Sri Lestary

Main Author: Lestary, Intan Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9515/
Daftar Isi:
  • LestaryIntanSri.2016.KemampuanMenulisTeksAnekdotSiswaKelasXIISSMAN1TumpangTahunPelajaran2015/2016.SkripsiProdiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.WahyudiSiswantoM.Pd(II)Dr.Hj.SitiCholisotulHamidahM.PdKatakuncikemampuanmenulisteksanekdotDalamKurikulum2013BahasaIndonesiakelasXterdapatKompetensiDasar(KD)Memproduksiteksanekdot.KDtersebutmengindikasikanbahwasiswaharusmampumenguasaiketerampilanmenulisteksanekdot.Haltersebutbertujuanagarsiswamampumengenalmemahamidanmenulisteksanekdot.TujuanumumpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikankemampuansiswakelasXIISdalammenulisteksanekdot.Secarakhususpenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankemampuanmenulisteksanekdotdilihatdariunsurstruktur(abstraksiorientasikrisisreaksidankoda)danmendeskripsikankemampuanmenulisteksanekdotdilihatdariunsurkebahasaan(katakonotasikalimatsindirandankalimatmoral).Penelitianinimenggunakanrancanganpendekatankuantitatifdanjugamenggunakandesainpenelitiandeskriptif.DatapenelitianiniberupaskoryangmenggambarkankemampuanmenulisteksanekdotsiswakelasXIISSMANegeri1Tumpang.Skortersebutdidapatdaripenilaianterhadapunsurstrukturyaitu(1)abstraksi(2)orientasi(3)krisis(4)reaksidan(5)koda.Skortersebutjugadidapatdaripenilaianterhadapunsurkebahasaanyaitu(1)penggunaankalimatlangsungdantaklangsung(2)penggunaannamatokoh(3)kalimatpenggunaankonjungsidankatakerjamaterial.Sumberdatadalampenelitianiniadalahhasiltulisansiswaberupateksanekdot.PopulasipenelitianiniadalahselurussiswakelasXIISSMANegeri1Tumpangyangterdiriatas5kelas.SampelpenelitianinidiambildikelasXIIS-4yangberjumlah40siswa.Databerupaskordiperolehdarianalisishasiltulisansiswadenganpanduanrubrikpenskoran.Terdapatduarubrikpenilaiandalampenelitianiniyaiturubrikpenilaianunsurstrukturteksanekdotdanrubrikpenilaianunsurkebahasaan.BerdasarkanhasilanalisiskesuluruhanunsurstrukturdiketahuibahwasiswakelasXIISSMANegeri1Tumpangterdapat75%siswayangmendapatkualifikasicukupmampudansebanyak75%siswamencapaikualifikasikurangmampu.Dengandemikiandapatdikatakanbahwasebagianbesarsiswakurangmampumenulisteksanekdotdilihatdariunsurkeseluruhanstruktur.Berdasarkanhasilanalisiskesuluruhanunsurkebahasaan75%siswayangmendapatkualifikasisangatmampudalammenulisteksanekdotdilihatdariunsurkebahasaan.Kualifikasimampujugadidapatoleh10%siswa.Sementaraitusebanyak625%siswamencapaikualifikasicukupmampudan20%siswamendapatkualifikasikurangmampu.Haltersebutdapatdikatakanbahwasiswajugacukupmampumenulisteksanekdotdilihatdariunsurkebahasaannya.Berdasarkantemuanpenelitiantersebutdisarankankepadaguruagartemuanyangterdapatdalampenelitianyangmengukurkemampuanmenulisteksanekdotinisebaiknyadiperhatikansebagaipengetahuanyangberhubungandenganpengajaranmenulisteksanekdot.Haltersebutkarenaberdasarkanhasilpeneliaianmasihbanyaksiswayangkurangmampudalammenulisteksanekdotberdasarkanunsurstrukturmaupunkebahasaannya.Penelitilaindapatmemperhatikanbahwamasihbanyaksiswayangkurangmampudalammenulisteksanekdot.Penelitiselanjutnyadapatmelakukaneksperimenmediapembelajaranataubahanajardalammenulisteksanekdotagarparasiswatidakterjebakdalamkekurangmampuandalammenulisteksanekdot.