Hubungan minat baca dengan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Malang / Dyah Ayu Pangestuti

Main Author: Pangestuti, Dyah Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9514/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPangestutiDyahAyu.2015.HubunganMinatBacadenganKemampuanMenulisCeritaPendekSiswaKelasVIIASMPNegeri4Malang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.TitikHarsiatiM.Pd(II)DewiPusposariS.PdM.PdKataKunciminatbacakemampuanmenulisceritapendekSMPMembacamemilikibanyakmanfaatsalahsatunyauntukmemicukreativitas.Membacadiajarkansejakdinibukanhanyaagaranakmampumembacamelainkanjugamelatihaktivitasmentalmulaidarimemahamisampaimemproduksisebuahtulisansendiri.Saatseoranganakmulaitertarikdenganbukubacaanorangpertamayangharusmendukungadalahorangtua.BegitupuladenganmenulispadaumumnyasetiaporangmampumenulistetapiuntukmenghasilkantulisanyangbaikmembutuhkankemampuankemauandanminatmakadariituperludiajarkandijenjangSMP.Membacadanmenulismemangmempunyaihubunganyangsalingberkaitan.Membacadapatmemicukreativitasartinyabahwakebiasaanmembacadapatmemunculkanideuntuksuatukreativitassalahsatunyaadalahmenulis.Banyaknyapengalamanmembacaakanmenambahwawasansehinggamempunyaibekalyanglebihuntukmenulissebuahceritapendek.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanminatbacadankemampuanmenulisceritapendeksertamengetahuiadatidaknyahubunganminatbacadengankemampuanmenulisceritapendeksiswakelasVIISMPNegeri4Malang.Hipotesisdalampenelitianiniadalahadahubunganantaraminatbacadengankemampuanmenulisceritapendek.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankuantitatif.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri4MalangpadabulanMaretsampaiApril2015.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankorelasional.Analisishasilpenelitianmenggunakananalisiskorelasi.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupakuesioneratauangketminatbacadanteskemampuanmenulisceritapendek.PenelitianinimenggunakansampelsatukelasyaitukelasVIIASMPNegeri4Malangyangterdiridari30siswa.Hasilpenelitianiniada3yaitusebagaiberikut.PetamaminatbacasiswakelasVIIASMPNegeri4Malangtergolongtinggi.Dari30siswa9siswa(30%)minatbacanyasangattinggi16siswa(53%)minatbacanyatinggi5siswa(17%)minatbacanyacukuptinggidantidakadasiswayangminatbacanyakurangtinggi.KeduakemampuanmenulisceritapendeksiswakelasVIIASMPNegeri4Malangtergolongbaik.Dari30siswa9siswa(30%)sangatbaikdalammenulisceritapendek14siswa(47%)baikdalammenulisceritapendek7siswa(23%)cukupbaikdalammenulisceritapendekdantidakadasiswayangkurangbaikdansangatkurangdalammenulisceritapendek.KetigaminatbacamemilikihubunganyangpositifdansignifikandengankemampuanmenulisceritapendeksiswakelasVIIASMPNegeri4Malang.haltersebutdapatdilihatdariangkakorelasiantaraminatbacadengankemampuanmenulisceritapendeksebesar0691yangartinyaadanyakorelasiantara(X)minatbacadan(Y)kemampuanmenulisceritapendek.DarihasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwaminatbacasiswakelasVIIASMPNegeri4Malangtergolongtinggikemampuanmenulisceritapendekbaikdanterdapathubunganyangpositifdansignifikanantaraminatbacadankemampuanmenulisceritapendek.Saranyangdiberikandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut.Pertamabagisekolahdiharapkanmampumemfasilitasisumberbelajardanperpustakaanyangmemadaiuntukmendukungprosespembelajarandanmenumbuhkankebiasaanmembacadilingkungansekolah.Keduabagigurudapatmengeloladanmengarahkandalamkegiatanbelajarmengajardanjugadiharapkanmampumembangkitkanminatbacasiswadenganmembuatsudutbacadikelas.Ketigabagisiswadiharapkanmeningkatkansemangatuntukbelajarmenulisdankegiatanmembaca.Keempatbagipenelitiselanjutnyadiharapkanpenelitianinidapatdijadikandasaruntukdikembangkanlebihlanjutdandapatdijadikanreferensiuntukpenelitianberikutnya.