Pengembangan media kartu untuk pembelajaran unggah-ungguh basa Jawa bagi siswa SD/MI kelas V / Fatihatus Syahida

Main Author: Syahida, Fatihatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9509/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSyahidaFatihatus.2016.PengembanganMediaKartuUntukPembelajaranUnggah-UngguhBasaJawaBagiSiswaSD/MIKelasV.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.A.SyukurGhazaliM.Pd(II)Dr.SunotoM.Pd.KataKuncimediakartuunggah-ungguhbasaJawaSiswaSD/MIKelasVMasyarakatJawasangatmengedepankanunggah-ungguhatautatakramakarenamerekamemilikiwatakrendahhatidansenangmenghargaisesama.Melaluipenggunaanunggah-ungguhbasamasyarakatJawadapatmenghormatioranglaindantentumartabatnyasendirijugadihormatiolehoranglain.Unggah-ungguhbasaadalahpenggunaanbahasamenurutaturantatakrama.Orangyangbisamenggunakanunggah-ungguhbasaberartimampumenempatkandiridenganbaikmenjagamartabatdirisendirisopandanmampumenghormatioranglain.Materiunggah-ungguhbasatelahdiajarkandalampembelajaranbahasaJawadiSD/MIkelasV.NamunberdasarkananalisiskebutuhanyangdilakukandiMIRaudlatulHudaKabupatenNganjukdiketahuibahwapelaksanaanpembelajaranunggah-ungguhbasatersebutbelummembuahkanhasilyangmaksimal.Halitudibuktikandenganketidakmampuansiswaberbicarasesuaiunggah-ungguhbasasaatberkomunikasidengangurudikelas.Unggah-ungguhbasadianggapsebagaimateriyangsulit.Halitudiperparahdengantidakadanyamediauntukmengajarkanunggah-ungguhbasa.Olehkarenaitudikembangkanmediakartuuntukpembelajaranunggah-ungguhbasabagisiswaSD/MIkelasV.Penelitiandanpengembanganinidilaksanakandengantujuanuntukmenghasilkanprodukyangberupamediakartuuntukpembelajaranunggah-ungguhbasaJawayangdilengkapidenganbukumateriunggah-ungguhbasaJawabagisiswaSD/MIkelasVmendeskripsikankelayakandankemenarikanproduktersebutdanmendeskripsikankeefektifanprodukberdasarkanhasilteskemampuansiswaSD/MIkelasVdalammenerapkanunggah-ungguhbasaJawasetelahmenggunakanmediakartudanpenunjangnyayangberupabukumateri.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianpengembangan.RancanganpenelitianinidiadaptasidariprosedurpenelitianpengembanganBorgdanGall.Pengembangmemodifikasiprosedurtersebutmenjaditujuhlangkahyaitu(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaan(3)pengembanganprodukawal(4)ujiahlidanujipraktisi(5)revisiprodukawal(6)ujilapangandan(7)revisiprodukakhir.Ujiprodukdilakukandenganmelibatkan(1)ahlimediapembelajaran(2)ahlimateripembelajaranbahasaJawa(3)praktisiyaitugurubahasaJawadan(4)siswakelasVMIRaudlatulHudaKabupatenNganjuk.Jenisdatapadapenelitiandanpengembanganiniberupadatakualitatifdankuantitatif.Datakualitatifberupakomentardansarandariahlisertapraktisijawabansiswaterhadaptesyangdiberikandanhasilrekamansiswayangberbicaradenganmenggunakanunggah-ungguhbasa.Datakuantitatifberupaskordariangketujiahlipraktisidansiswayangdiberikanuntukmenilaiprodukkartudanperangkatnyayangdikembangkan.Setelahituskordipersentasekansehinggadidapatkantingkatvalidasikelayakanuntukpembelajaranunggah-ungguhbasaJawabagisiswaSD/MI.Padapenelitiandanpengembanganiniinstrumenpengumpulandatayangdigunakanadalahpedomanwawancarapedomanobservasiangketdantes.Analisisdatadilakukandengancara(1)mengumpulkandataverbaltertulisyangdiperolehdariangket(2)menghimpunmenyeleksidanmengklasifikasidataverbaltulisdanhasiltranskriplisanberdasarkankelompokujicobadan(3)menganalisisdatadanmerumuskansimpulanhasilanalisissebagaidasaruntukmelakukantindakanterhadapprodukkartuuntukpembelajaranunggah-ungguhbasaJawa.Berdasarkanujiprodukyangmelibatkanahlimediapembelajarandiperolehrata-ratakelayakanproduksebesar9896%(sangatlayak)dariahlimateripembelajaranbahasaJawadiperolehrata-ratakelayakanproduksebesar8611%(sangatlayak)praktisidiperolehrata-ratakelayakanproduksebesar9875%(sangatlayak)dandarisiswadiperolehrata-ratakelayakanproduksebesar915%.Berdasarkansemuahasilujitersebutprodukmediakartuinidikategorikansangatlayak.MeskipundemikianadabeberapaaspekdariprodukyangperludirevisiberdasarkankomentardansaranperbaikandariahlimediadanahlimateripembelajaranbahasaJawa.SelainitupengembangjugamerevisiprodukberdasarkananalisisterhadaphasilteskemampuansiswaSD/MIkelasVdalammenerapkanunggah-ungguhbasaJawasetelahmenggunakanmediakartu.Simpulanpenelitiandanpengembanganiniadalahmediakartuuntukpembelajaranunggah-ungguhbasaJawainitergolonglayakdansiapdiimplementasikansetelahmelaluitahapujicobadanrevisi.Sebagailangkahpemanfaatanprodukhasilpengembangangurudapatmenjadikanmediakartuinisebagaisolusiuntukmengajarkanunggah-ungguhbasayangmenarikmelaluikegiatanbermain.Sementaraitubukumateridapatdigunakanuntukmemberikanpenjelasanlebihmendalamtentanguggah-ungguhbasakepadasiswa.Dalampenerapannyagurudisarankanuntukmemantaukegiatanberbahasasiswasaatbermainkartudanmemberikanpenilianindividuterhadapsetiapsiswadalamhalpenggunaanunggah-ungguhbasaselamabermainkartu.Siswadisarankanuntukmemperhatikanbahasayangdigunakannyasaatbermainkartuyaitudenganmenerapkanunggah-ungguhbasasesuaidenganyangadadikartu.Selainitusiswadiharapkanberlakujujurdankooperatifselamabermainkartu.Mediakartuyangdilengkapidenganbukumateriunggah-ungguhbasaJawainijugadapatdigunakansebagairujukanbagipengembanglain.Pengembanglaindisarankanuntukmenyusunmediapembelajaranberbicaramenggunakanunggah-ungguhbasaJawadenganlangkah-langkahpembelajaranyanglebihterstrukturdenganmenekankanprosesberbahasa.Selainitupengembangselanjutnyaperlumenambahkanpetunjukpenggunaanmediauntukgurudansiswasecaralebihjelasmisalnyadalambentukvideoyangberisipemeragaankegiatanbermainkartu.Pengembangselanjutnyajugaperlumenambahkanaturandansanksidalamberkomunikasisaatbermain.SelanjutnyapenyebarluasanprodukdapatdilakukanmelaluiMGMPBahasaJawaataumengunggahnyamelaluimediainternet.