Problematika pelaksanaan pembelajaran menulis puisi di kelas V MI Tholabuddin Kecamatan Gandusari / Trisminingsih

Main Author: Trisminingsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9506/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTrisminingsih.ProblematikaPelaksanaanPembelajaranMenulisPuisidiKelasVMITholabuddinKecamatanGandusari.Skripsi.JurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuakibatulHasanahM.Pd.(II)MusthofaKamalS.PdM.Sn.KatakunciproblematikamenulispuisipelaksanaanpembelajaranSalahsatubentukkaryasastrayangdikenalkanpertamakaliuntuksiswajenjangsekolahdasarataumadrasahibtidaiyahadalahpuisiyangdiwujudkandalambentukpembelajaranmenulispuisi.Elemenpendukungkeberhasilanpembelajaranmenulisyaitucaragurudalammenyajikanpelajaranmenulisdikelasdanresponsiswaterhadapkegiatanpembelajaranyangdilakukan.Penelitianinibertujuanmendeskripsikan(1)problematikapelaksanaanpembelajaranmenulispuisi(2)faktorpenyebabmunculnyaproblematikadan(3)alternatifpemecahanmasalah.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.Sumberdataprimerdalampenelitianiniadalahperistiwaatauaktivitasdikelasdaninforman(gurukelasV)untukmendapatkaninformasitentangproblematikapelaksanaanpembelajaranmenulispuisi.Sumberdatasekunderdalampenelitianiniadalahinforman(guru)danresponden(siswa)untukmendapatkaninfomasitentangfaktorpenyebabmunculnyaproblematika.SelainitusumberdatalainyaknirespondenuntukmendapatkanrespontentangalternatifpemecahanproblematikayaitugurukelasVMITholabuddin.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasiwawancaradanangket.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapmengumpulkandatamengklasifikasidatamemaparkandatadalambentukteksnaratifdanmemberikesimpulan.Keabsahandatadilakukandengantriangulasiyaitumembandingkanhasilpengamatandenganhasilwawancara.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiperolehsimpulansebagaiberikut.Pertamaproblematikaditemukanpadaseluruhtahapkegiatanpembelajaranyaitu(1)siswamalasdankurangantusiasmengikutipembelajaran(2)tahapintisiswakurangaktifdalampembelajarandan(3)tahappenutupsiswatidakfokusdaninginmengakhiripembelajaran.Keduafaktorpenyebabmunculnyaproblematikayaitugurudansiswa.(1)gurusulitmemotivasidankurangmenguasaiteknikmemotivasi(2)tidakmenggunakanmediapembelajaranmenulispuisidan(3)padatahappenutupgurumengalamikesulitandalampengelolaanwaktusehinggamepetdenganjamistirahat.Faktorpenyebabmunculnyaproblematikayangbersumberdarisiswaadalah(1)siswakurangtermotivasimengikutipembelajaran(2)siswakurangtertarikdengankegiatanpembelajaranyangdilakukan(3)siswakurangmemahamimateritentangpuisi(4)siswatidakdibantudenganmediapembelajaran(5)siswasulitmenuangkangagasandan(6)siswamerasabelummendapatkanapresiasidarihasilkerjayangdilakukan.Ketigaalternatifpenyelesaianmasalahterdiriatasserangkaianpilihankegiatanyangvariatifdalampembelajarantahappendahuluanintidanpenutup.Alternatifpenyelesaianpermasalahanmeliputipelaksanaanpembelajaranmetodepembelajaranmediapembelajarandansumberbelajar.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdikemukakanduasaranPertamakepadagurudisarankanketikapelaksanaanpembelajaranmenulispuisiuntukmemberikanmotivasibelajarmelakukankegiatanapersepsimenggunakanmetodepembelajarankontekstualmenambahsumberbelajarlainselainLKSmenggunakanmediapembelajaranmenulispuisiberupagambardanlagumemberikanhukumanpositifmemberikanhadiahberupapoindanmelakukanrefleksipadakegiatanpenutup.Keduakepadapenelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiantentangpengaruhmetodepembelajaranmenulispuisisehinggamerangsangminatdanantusiasmesiswadalampembelajaransertamengasahimajinasidankeluwesansiswadalammengolahkosakata.