Problematika pelaksanaan pembelajaran menulis puisi di kelas V MI Tholabuddin Kecamatan Gandusari / Trisminingsih
Main Author: | Trisminingsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9506/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTrisminingsih.ProblematikaPelaksanaanPembelajaranMenulisPuisidiKelasVMITholabuddinKecamatanGandusari.Skripsi.JurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuakibatulHasanahM.Pd.(II)MusthofaKamalS.PdM.Sn.KatakunciproblematikamenulispuisipelaksanaanpembelajaranSalahsatubentukkaryasastrayangdikenalkanpertamakaliuntuksiswajenjangsekolahdasarataumadrasahibtidaiyahadalahpuisiyangdiwujudkandalambentukpembelajaranmenulispuisi.Elemenpendukungkeberhasilanpembelajaranmenulisyaitucaragurudalammenyajikanpelajaranmenulisdikelasdanresponsiswaterhadapkegiatanpembelajaranyangdilakukan.Penelitianinibertujuanmendeskripsikan(1)problematikapelaksanaanpembelajaranmenulispuisi(2)faktorpenyebabmunculnyaproblematikadan(3)alternatifpemecahanmasalah.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.Sumberdataprimerdalampenelitianiniadalahperistiwaatauaktivitasdikelasdaninforman(gurukelasV)untukmendapatkaninformasitentangproblematikapelaksanaanpembelajaranmenulispuisi.Sumberdatasekunderdalampenelitianiniadalahinforman(guru)danresponden(siswa)untukmendapatkaninfomasitentangfaktorpenyebabmunculnyaproblematika.SelainitusumberdatalainyaknirespondenuntukmendapatkanrespontentangalternatifpemecahanproblematikayaitugurukelasVMITholabuddin.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasiwawancaradanangket.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapmengumpulkandatamengklasifikasidatamemaparkandatadalambentukteksnaratifdanmemberikesimpulan.Keabsahandatadilakukandengantriangulasiyaitumembandingkanhasilpengamatandenganhasilwawancara.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiperolehsimpulansebagaiberikut.Pertamaproblematikaditemukanpadaseluruhtahapkegiatanpembelajaranyaitu(1)siswamalasdankurangantusiasmengikutipembelajaran(2)tahapintisiswakurangaktifdalampembelajarandan(3)tahappenutupsiswatidakfokusdaninginmengakhiripembelajaran.Keduafaktorpenyebabmunculnyaproblematikayaitugurudansiswa.(1)gurusulitmemotivasidankurangmenguasaiteknikmemotivasi(2)tidakmenggunakanmediapembelajaranmenulispuisidan(3)padatahappenutupgurumengalamikesulitandalampengelolaanwaktusehinggamepetdenganjamistirahat.Faktorpenyebabmunculnyaproblematikayangbersumberdarisiswaadalah(1)siswakurangtermotivasimengikutipembelajaran(2)siswakurangtertarikdengankegiatanpembelajaranyangdilakukan(3)siswakurangmemahamimateritentangpuisi(4)siswatidakdibantudenganmediapembelajaran(5)siswasulitmenuangkangagasandan(6)siswamerasabelummendapatkanapresiasidarihasilkerjayangdilakukan.Ketigaalternatifpenyelesaianmasalahterdiriatasserangkaianpilihankegiatanyangvariatifdalampembelajarantahappendahuluanintidanpenutup.Alternatifpenyelesaianpermasalahanmeliputipelaksanaanpembelajaranmetodepembelajaranmediapembelajarandansumberbelajar.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdikemukakanduasaranPertamakepadagurudisarankanketikapelaksanaanpembelajaranmenulispuisiuntukmemberikanmotivasibelajarmelakukankegiatanapersepsimenggunakanmetodepembelajarankontekstualmenambahsumberbelajarlainselainLKSmenggunakanmediapembelajaranmenulispuisiberupagambardanlagumemberikanhukumanpositifmemberikanhadiahberupapoindanmelakukanrefleksipadakegiatanpenutup.Keduakepadapenelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiantentangpengaruhmetodepembelajaranmenulispuisisehinggamerangsangminatdanantusiasmesiswadalampembelajaransertamengasahimajinasidankeluwesansiswadalammengolahkosakata.