Korelasi kegiatan berpikir asosiatif dan kemampuan menciptakan majas serta citraan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V SDN Rembang 02 Kota Blitar / Moch. Vandi Arifin
Main Author: | Arifin, Moch. Vandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9505/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKArifinMochVandi.2016.KorelasiKegiatanBerpikirAsosiatifdanKemampuanMenciptakanMajassertaCitraandalamPembelajaranMenulisPuisiSiswaKelasVSDNRembang02KotaBlitar.ProdiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerah.JurusanSastraIndonesia.FakultasSastra.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing1Dr.MuakibatulHasanahM.Pd.Pembimbing2Dr.MartutikM.Pd.KatakunciberpikirasosiatifmajascitraanpuisiBerpikirasosiatifadalahberpikirdengancaramengasosiasikansesuatudenganlainnya.Berpikirasosiatifmerupakanprosespembentukanhubunganantarastimulusdenganresponartinyastimulusdanresponsangatberkaitanerat.HubungankegiatanberpikirasosiatifdanprosesmenulispuisisiswakelasVSDsangatberkaitanerat.SiswakelasVSDmampumenghasilkanresponapabilasiswadiberikanstimulus.Responyangdiberikanolehsiswamemilikiperbedaanantarasiswasatudenganlainnya.Puisiadalahsalahsatudarikaryasastrayangmengungkapkanpikiranpenulissecaraimajinatif.Majasdancitraanmerupakanbagiandaristrukturpembangunpuisi.Majasdapatberbentuktertulismaupunlisansedangkancitraanmerupakangambarananganyangterbentukdandiekspresikanmelaluibahasadaripengalamaninderamanusia.Terkaithalitupenelitianinibertujuanmengetahui(1)korelasikegiatanberpikirasosiatifdankemampuanmenciptakanmajasdan(2)korelasikegiatanberpikirasosiatifdankemampuanmenciptakancitraan.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatif.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVSDNRembang02KotaBlitarsejumlah40siswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahtes.Datapadapenelitianiniadalahhasilmenulispuisiberupaskordansumberdatadiperolehdarihasilmenulispuisisiswa.Teknikpengumpulandatamenggunakantesmenulispuisidenganmediagambaryangdiasosiasikan.AnalisisdatamenggunakanOneSampleKolmogorovSmirnovLevenesTestdanproductmomentcorrelation.Hasilpenelitianmenunjukkanpertamaterdapatkorelasipositifsebesar057dengankategorisedangdantingkatsignifikansi536(Sig.005)denganstatusHaditerimayakniterdapatkorelasipositifdansignifikansiantarakegiatanberpikirasosiatifdankemampuansiswamenciptakanmajasdalampembelajaranmenulispuisisiswakelasVSDNRembang02KotaBlitar.Keduaterdapatkorelasipositifsebesar056dengankategorisedangdantingkatsignifikansi520(Sig.005)denganstatusHaditerimayakniterdapatkorelasipositifdansignifikansiantarakegiatanberpikirasosiatifdankemampuansiswamenciptakancitraandalampembelajaranmenulispuisisiswakelasVSDNRembang02KotaBlitar.Temuanpenelitianmenunjukkanbahwaterdapathubunganpositifantaraberpikirasosiatifdankemampuanmenciptakanmajassebesar057danhubunganpositifantaraberpikirasosiatifdankemampuanmenciptakancitraansebesar056.BerdasarkanhaltersebutmakadisarankankepadaguruBahasaIndonesiauntukmenggunakanstrategiberpikirasosiatifdalampembelajaranmenulispuisikelasVSD.Penelitianinidapatdijadikanreferensiuntukpenelitiansejenisbagipenelitiselanjutnya.