Korelasi kegiatan berpikir asosiatif dan kemampuan menciptakan majas serta citraan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V SDN Rembang 02 Kota Blitar / Moch. Vandi Arifin

Main Author: Arifin, Moch. Vandi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9505/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArifinMochVandi.2016.KorelasiKegiatanBerpikirAsosiatifdanKemampuanMenciptakanMajassertaCitraandalamPembelajaranMenulisPuisiSiswaKelasVSDNRembang02KotaBlitar.ProdiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerah.JurusanSastraIndonesia.FakultasSastra.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing1Dr.MuakibatulHasanahM.Pd.Pembimbing2Dr.MartutikM.Pd.KatakunciberpikirasosiatifmajascitraanpuisiBerpikirasosiatifadalahberpikirdengancaramengasosiasikansesuatudenganlainnya.Berpikirasosiatifmerupakanprosespembentukanhubunganantarastimulusdenganresponartinyastimulusdanresponsangatberkaitanerat.HubungankegiatanberpikirasosiatifdanprosesmenulispuisisiswakelasVSDsangatberkaitanerat.SiswakelasVSDmampumenghasilkanresponapabilasiswadiberikanstimulus.Responyangdiberikanolehsiswamemilikiperbedaanantarasiswasatudenganlainnya.Puisiadalahsalahsatudarikaryasastrayangmengungkapkanpikiranpenulissecaraimajinatif.Majasdancitraanmerupakanbagiandaristrukturpembangunpuisi.Majasdapatberbentuktertulismaupunlisansedangkancitraanmerupakangambarananganyangterbentukdandiekspresikanmelaluibahasadaripengalamaninderamanusia.Terkaithalitupenelitianinibertujuanmengetahui(1)korelasikegiatanberpikirasosiatifdankemampuanmenciptakanmajasdan(2)korelasikegiatanberpikirasosiatifdankemampuanmenciptakancitraan.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatif.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVSDNRembang02KotaBlitarsejumlah40siswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahtes.Datapadapenelitianiniadalahhasilmenulispuisiberupaskordansumberdatadiperolehdarihasilmenulispuisisiswa.Teknikpengumpulandatamenggunakantesmenulispuisidenganmediagambaryangdiasosiasikan.AnalisisdatamenggunakanOneSampleKolmogorovSmirnovLevenesTestdanproductmomentcorrelation.Hasilpenelitianmenunjukkanpertamaterdapatkorelasipositifsebesar057dengankategorisedangdantingkatsignifikansi536(Sig.005)denganstatusHaditerimayakniterdapatkorelasipositifdansignifikansiantarakegiatanberpikirasosiatifdankemampuansiswamenciptakanmajasdalampembelajaranmenulispuisisiswakelasVSDNRembang02KotaBlitar.Keduaterdapatkorelasipositifsebesar056dengankategorisedangdantingkatsignifikansi520(Sig.005)denganstatusHaditerimayakniterdapatkorelasipositifdansignifikansiantarakegiatanberpikirasosiatifdankemampuansiswamenciptakancitraandalampembelajaranmenulispuisisiswakelasVSDNRembang02KotaBlitar.Temuanpenelitianmenunjukkanbahwaterdapathubunganpositifantaraberpikirasosiatifdankemampuanmenciptakanmajassebesar057danhubunganpositifantaraberpikirasosiatifdankemampuanmenciptakancitraansebesar056.BerdasarkanhaltersebutmakadisarankankepadaguruBahasaIndonesiauntukmenggunakanstrategiberpikirasosiatifdalampembelajaranmenulispuisikelasVSD.Penelitianinidapatdijadikanreferensiuntukpenelitiansejenisbagipenelitiselanjutnya.