Pengembangan bahan ajar teks laporan hasil observasi berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas X SMA/SMK / Agelgara Kusumo Putro

Main Author: Putro, Agelgara Kusumo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9504/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutroAgelgaraKusumo.2014.PengembanganBahanAjarTeksLaporanHasilObservasiBerbasisKearifanLokaluntukSiswaKelasXSMA/SMK.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EndahTriPriyatniM.Pddan(II)Drs.DwiSaksomoM.SiKatakuncipengembanganbahanajartekslaporanhasilobservasikearifanlokalBahasaIndonesiamerupakanmatapelajaranyangmemegangfungsipentingbagipesertadidikdalamprosesberkomunikasibaikdilingkungansekolahmaupunditengahmasyarakat.BerdasarpadahaltersebutpembelajaranBahasaIndonesiayangmeliputiempatketerampilanberbahasayaknimenulisberbicaramembacadanmenyimakharusdikeloladenganbaik.Saatinipembelajaranempatketerampilantersebuttidaklagidiajarkansecaraterpisahmelainkanterintegrasimenjadisatuprosespembelajaran.Haltersebutmerupakanupayauntukmemaksimalkankualitaspembelajaranbahasayangtertuangdalamdokumenkurikulum2013.Kurikulumbaruinijugamenghadirkankompetensi-kompetensiyangbaru.Salahsatunyayaknitekslaporanhasilobservasi.Sebagaisuatuhalyangbarutentunyabelumbanyaksumberbahanyangdapatdimanfaatkanbaikolehguruataupunpesertadidik.Potensipengembanganjugamunculdarikeberadaanbuku-bukuteksyangkurangmemilikikualitasdankelengkapanisiyangbaik.Padaeraketerbukaaninformasisaatinipengenalanprodukkearifanlokaljugaperludilakukankepadapesertadidiksebagaiupayamemperkuatjatidiri.Untukituperludilakukanupayamengembangkanprodukbahanajaruntukmempermudahpesertadidikdalammencapaikompetensidasartersebutsertadapatmemberipemahamanterhadapproduk-produkkearifanlokalbudaya.Tujuanpenelitianiniterdiridariduahal.Pertamamengembangkanbahanajartekslaporanhasilobservasiyangmampumengintegrasikanproduk-produkkearifanlokalsertamemilikikualitasaspekisipenyajianbahasamaupuntampilanyangbaik.Keduamengembangkanbahanajartekslaporanhasilobservasiyangmenarikdanmampumenguatkanminatpesertadidikdalambelajar.Spesifikasiprodukbahanajarinimencakupisipenyajianbahasadantampilan.BahanajarinimenyajikanpembelajaransembilankompetensitekslaporanhasilobservasiyangtersajidalamprogrammultimediainteraktifdandikemaskedalamCDinteraktif.BahanajarinidisusundariprogramMicrosoftVisualBasic2010Express.Metodepembelajaranyangdigunakandalambahanajariniadalahkombinasimetodepembelajaransaintifikdanmetodepembelajaranberbasisteks.Penyusunanbahanajarinipentingbagi(1)siswasebagaisumberbelajaryangmenarikdaninteraktif(2)bagiguruuntukmempermudahaksesbahanajardansebagaipertimbanganpenyusunanskenariopembelajaran(3)bagiduniapendidikanbahaninimemperkayaperbendaharaansumberbelajar(4)bagipenulisbahanajarinimembukapengetahuansecaralebihmendalamterhadappembelajarantekslaporanhasilobservasi.ModelpenelitiandanpengembanganyangdiadaptasiadalahmodelBorgdanGall.Langkah-langkahpenelitianinimencakup(1)studipendahuluan(2)perencanaanpengembanganproduk(3)mengembangkanprodukawal(4)mengembangkandesainproduk(5)validasiahlidanrevisidan(6)ujilapanganskalakecil.Validasiahlipadapenelitianinidilakukandenganduatahapyaknitahapujimateridantahapujimedia.UjivalidasidilakukanolehdosenyangmemilikikapabilitasdalampembelajaranBahasaIndonesiasedangkanujimediadilakukanolehdosenyangmemilikiintensitasyangtinggidalamkegiatanmengembangkanbahanajardanmediapembelajaran.TahapujilapangandilakukanpadasepuluhsiswakelasXSMAN1TalundanseorangguruBahasaIndonesia.Datapenelitianiniberupadatakualitatifdandatakuantitatifyangdikumpulkandariinstrumenpengumpuldatayaknipedomanwawancarapedomanobservasidanangket.PenelitianinimenghasilkanprodukberupabahanajartekslaporanhasilobservasiberbasiskearifanlokalyangdikemaskedalamCDinteraktif.Bahanajarinidisajikandenganformatmultimediainteraktif.Isibahanajarinimencakuppembelajaransembilankompetensitekslaporanhasilobservasiyangdilengkapidenganrubrikpenilaianpadasetiapkompetensi.Bahanpenyusunbahanajarinimencakupteksbahananalisispemodelanlatihan/penugasansebuahvideobahanobservasidanrubrikpenilaianpadamasing-masingkompetensi.Sebagaiupayamemotivasipesertadidikuntukbelajarbahanajarinidikemasdalamtampilanyangmenarikmelaluipenataanbagian-bagianhalampemilihanwarnamusikinstrumentaldanpenggunaanmotif-motifkaintradisionalIndonesiasebagaiheaderdanfooterpadasetiaphalamanbahanajarini.Padatahapujiahlimaterididapathasil87%yangmenunjukkanbahwabahanajarinidapatdiimplementasikantanparevisi.Ujiahlimediamenunjukkanhasil84%.Berdasarkandatatersebutbahanajarinidapatdigolongkanvaliddandapatlangsungdiimplementasikantanparevisi.Ujicobalapanganyangtelahdilakukanpadapraktisisiswadangurumenunjukkanhasil94%dan96%.Hasiltersebutmenunjukkanbahwabahanajariniberkategorivalid.Meskipundemikiansesuaidatakualitatifyangdidapatdaricatatanrekomendasipengujidanpraktisidilakukantahaprevisipadabahanajariniterutamadariaspektampilanmedia.Darikajianprodukyangtelahdirevisidiketahuikeunggulandankekuranganbahanajarini.Keunggulanbahanajariniadalahsecaralengkapmenyajikansembilankompetensidasartekslaporanhasilobservasi.Latihanataupenugasanyangdisusunsesuaiuntukmenuntunpesertadidikmenguasaisetiapkompetensi.Bahanajarinijugadilengkapidenganrubrikpenilaiandisetiapkompetensidasar.Pesertadidikdapatlangsungmengetahuikualitaspencapaianmerekaterhadappembelajaranyangmerekalaluidenganpenggunaanrubriktersebut.Bahanajarinidisusundenganmengombinasikanduametodepembelajaranyaknisaintifikdanpembelajaranberbasisteks.Dengandemikianbahanajarinidapatdijadikantuntunandalammenyusunskenariopembelajarandikelas.Melaluipenyajiantampilanyangmenarikdenganmengombinasikanbahanteksbahanvisualdanbahanaudiobahanajarinimampumendorongmotivasibelajardankeaktifansiswadalamprosespembelajaran.