Kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang tahun pelajaran 2014-2015 / Ahsanul Kholiqin
Main Author: | Kholiqin, Ahsanul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9496/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKholiqinAhsanul.2015.KemampuanMenulisTeksBiografiSiswaKelasVIIISMPNegeri21MalangTahunPelajaran2014/2015.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegerimalang.Pembimbing(I)Dr.MuakibatulHasanahM.Pd(II)Dr.KusubaktiAndajaniM.Pd.KatakuncikemampuanmenulisteksbiografiTeksbiografimerupakansuatukaryatulisyangmengisahkantentangperjalananhidupseseorangyangditulisolehoranglain.MelaluikegiatanmenulisteksbiografisiswakelasVIIISMPNegeri21Malangtahunpelajaran2014/2015diharapkandapatmendokumentasikanriwayathidupseseorangdalambentuktulissertadapatmemberikaninformasiriwayathidupseseorangkepadapembaca.Melaluikegiatanmenulisteksbiografisiswadiharapkandapatmemaparkandenganjelasidentitasseseorangperistiwadanmasalahyangdialamiseseorangprestasiyangdicapaiseseorangdannilaipositifseseorangyangditulisbiografinyasecarafaktual.SelainmeningkatkandanmengembangkankemampuanmenulismelaluikegiatanmenulisteksbiografisiswakelasVIIISMPNegeri21Malangtahunpelajaran2014/2015dapatmengambilnilaipositifdariperjalananhiduptokohuntukditerapkandalamkehidupansehari-hari.TujuanpenelitaninisecaraumumadalahuntukmendeskripsikankemampuanmenulisteksbiografisiswakelasVIIISMPNegeri21Malangtahunpelajaran2014/2015.Sehubungandenganitusecarakhusustujuanpenelitianinidirumuskanmenjadiduatujuan.Keduatujuantersebutadalahuntukmendeskripsikankemampuanmenulisteksbiografidariaspekstrukturisidanmendeskripsikankemampuanmenulisteksbiografidariaspekkebahasaan.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiwakelasVIIISMPNegeri21Malangtahunpelajaran2014/2015.Sampeldalampenelitianiniadalahsiswakelas8.2dan8.3SMPNegeri21Malangtahunpelajaran2014/2015dengantotalsebanyak64siswa.Teknikpengambilansampelpadapenelitianinidengancarasampelacakklaster(clusterrandomsampling).Instrumentesberisiperintahdanpetunjukmenulisteksbiografidigunakansebagaialatuntukmendapatkankaryatulissiswa.PedomanpenyekorankemampuanmenulisteksbiografimerupakaninstrumenpenilaianuntukmengetahuikemampuanmenulisteksbiografisiswakelasVIIISMPNegeri21Malangtahunpelajaran2014/2015.Pengumpulandatapadapenelitianinimenggunakantesyangberisiperintahdanpetunjukmenulisteksbiografi.BerdasarkanhasilpenelitiansecaraumumdiperolehsimpulanbahwasiswakelasVIIISMPNegeri21Malangtahunpelajaran2014/2015mampumenulisteksbiografi.Kemampuansiswadalammenulisbagianjudulteksbiografitergolongbaiksiswamendapatkategorisangatbaiksebesar3333%dankategoribaiksebesar6666%.Kemampuansiswadalammenulisbagianorientasiteksbiografitergolongbaiksiswamendapatkategorisangatbaiksebesar4074%dankategoribaiksebesar5925%.Kemampuansiswadalammenulisbagianperistiwadanmasalahteksbiografitergolongsangatbaiksiswamendapatkategorisangatbaiksebesar100%.Kemampuansiswadalammenulisbagianreorientasiteksbiografitergolongbaiksiswamendapatkategorisangatbaiksebesar2777%dankategoribaiksebesar7222%.Kemampuansiswadalammenulisaspekketepatanpilihankatateksbiografitergolongkurangbaiksiswamendapatkategorisangatbaiksebesar370%kategoribaiksebesar4074%kategoricukupbaiksebesar3333%dankategorikurangbaiksebesar2222%.Kemampuansiswadalammenulisaspekkeefektifankalimatteksbiografitergolongbaiksiswamendapatkategorisangatbaiksebesar9444%dankategoribaiksebesar555%.Kemampuansiswadalammenulisaspekketepatanpenggunaanejaanteksbiografitergolongkurangbaiksiswamendapatkategorisangatbaiksebesar1666%kategoribaiksebesar2962%kategoricukupbaiksebesar2592%dankategorikurangbaiksebesar2777%.Saranpenelitianiniditujukankepadapihak-pihakberikut(1)bagiguruBahasaIndonesiadan(2)bagipenelitiselanjutnya.BagiguruBahasaIndonesiadisarankanagarmelakukantindaklanjutdalampembelajaranmenulisteksbiografikhususnyapadaaspekpilihankatadanpenggunaanejaan.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmengembangkanpenelitianbaruyangmasihberkaitandenganteksbiografi.Penelitianselanjutnyadapatmenelitimengenaikarakteristikstrukturteksbiografisertakarakteristikkohesimaupunkoherensiyangdigunakandalamteksbiografi.