Analisis penokohan pada teks cerita pendek karya siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Singosari tahun ajaran 2014/2015 / Rofi Rahmawati
Main Author: | Rahmawati, Rofi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9491/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahmawatiRofi.2015.AnalisisPenokohanPadaTeksCeritaPendekKaryaSiswaKelasXITKJ1SMKNegeri2SingosatiTahunAjaran2014/2015.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegerimalang.Pembimbing(I)Dr.SunotoM.Pd(II)Dr.NitaWidiatiM.Pd.Katakunciceritapendektokohpenokohanplot.Ceritapendekmerupakankisahansuatuceritayangberbentukpendekdansingkatnamuntetapmemperhatikankemenarikandankeutuhancerita.Salahsatuunsurpembangunceritapendekyaitutokohdanpenokohan.Sebuahceritatidakakanterlepasdaritokoh-tokohyangdiceritakan.Tokohjugatidakterlepasdarikarakterdanperwatakannya.Penokohanmemilikikaitandenganunsurintrinsikyanglainyaituplotkarenakaraktertokohdalamsuatuceritadapatdipahamidandiketahuimelaluikemunculantokohpadatiap-tiaprangkaianperistiwa.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenokohandilihatdariperanantokohsebagaipembawapesandalamceritadanpenokohandilihatdarifungsitokohsebagaipenggerakcerita.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Datapadapenelitianiniberupakutipan-kutipantekscerpenkaryasiswakelasXITKJ1SMKNegeri2Singosariyangberkaitandengantokohdanpenokohan.Sumberdatapadapenelitianiniyaitusejumlah13tekscerpenkaryasiswakelasXITKJ1SMKNegeri2Singosari.Penelitianinimenggunakanpenelitisebagaiinstrumenutamadanmenggunakantabelanalisissebagaiinstrumenpendukung.Analisisdatadilakukandengancaramelakukanreduksidatamelakukaninterpretasiterhadapdatamemverifikasidatadanmenariksimpulanterhadaptemuandata.Berdasarkantemuanpenelitiandiperolehduasimpulanyangsekaligusjugamenjawabfokusmasalahpenelitianini.Pertamapenokohandilihatdariperanantokohsebagaipembawapesanmeliputitokohprotagonisdantokohantagonis.Dari13tekscerpenkaryasiswakelasXITKJ1SMKNegeri2Singosariditemukanadanyatokohyangsesuaidengankaraktertokohprotagonisdantokohantagonis.Tokohprotagonissecaraumumdikembangkandengancaramemberikanwatakdanperilakusepertibaikhatipenyayangpenyabardansukamenolong.Tokohantagonissecaraumumdikembangkandengancaramenampilkanwatakdanperilakuyangnegatifmeliputisifatpemarahegoispendendampembohongpembangkangdanpencuri.Berdasarkantemuanpenelitiantokohyangberperansebagaipembawapesanyaitutokohantagoniskarenatokohantagonisdalamsuatuceritamengembandanmembawapesanmoral.Kehadirantokohantagonismemangberwujudsebagaitokohyangmemilikiwataknegatif.Dariwataknegatiftersebuttersimpanlahsuatupesanyangjustrusangatbaikyangdapatdijadikanolehpembacasebagaipembelajaran.Keduapenokohanyangdilihatdaritokohsebagaipenggerakceritameliputitokohsentraldantokohtambahan.PadacerpensiswakelasXITKJ1SMKNegeri2Singosariditemukanadanyatokohyangsesuaidengankaraktertokohsentraldantokohtambahan.Tokohsentralsecaraumumdikembangkandengancaramemunculkantokohsentralsebagaitokohyangbertugasmenciptakankonflikdanmengakhirikonflikpadacerita.Tokohtambahansecaraumumdikembangkandengancaramenghadirkantokohtambahanhanyasebagaipelengkappadapenokohan.Berdasarkantemuanpenelitiantokohyangbertugassebagaipenggerakceritayaitutokohsentralkarenakeberadaantokohsentralsenantiasahadirpadatiaprangkaianperistiwadalamsuatuceritadantokohsentralmerupakantokohyangmemicuadanyakonflik.DarihasilanalisisjugaditemukanadanyacarayangdigunakanolehsiswakelasXITKJ1SMKNegeri2Singosaridalammenggambarkanwatakpadatokohhasilkarangannyayaitumenggunakanmetodedramatik(dengancaratidaklangsung)meliputipenggambaranwataktokohmelaluipercakapantingkahlakujalanpikirantokoharuskesadarantokohreaksitokohdanreaksitokohlain.Berdasarkansimpulansaranyangdiberikanpadapenelitianiniadalahsebagaiberikut.PertamaBagisiswayanginginmengembangkancerpendisarankanagarmemilahtokoh-tokohyangakandigunakanpadacerpenterlebihdahulu.Pemilahantersebutdisertaijugapemberianperandanfungsitokohsepertitokohprotagonistokohantagonistokohsentraldantokohtambahanterkaitdenganmaksudpenulisdalamupayamengangkattemadanpesan.KeduabagigurubahasaIndonesiadiharapkanmelakukanperbaikanpadapengajarantekscerpenkhususnyapemahamanmateritentangtokohdanpenokohanagarsiswalebihterampildalammemahamitokohdanpenokohansecarabenardanlengkap.Olehkarenaitualangkahbaikjikadapatdilakukanpendalamanmateripemberiancontohdanlatihan.Ketigabagipenelitiselanjutnyadisarankanagarmelakukanpenelitianyangterkaitdengantokohdanpenokohanmisalnyapadatokoh-tokohyangtidakmenjadifokuspadapenelitianini.