Analisis penokohan pada teks cerita pendek karya siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Singosari tahun ajaran 2014/2015 / Rofi Rahmawati

Main Author: Rahmawati, Rofi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9491/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahmawatiRofi.2015.AnalisisPenokohanPadaTeksCeritaPendekKaryaSiswaKelasXITKJ1SMKNegeri2SingosatiTahunAjaran2014/2015.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegerimalang.Pembimbing(I)Dr.SunotoM.Pd(II)Dr.NitaWidiatiM.Pd.Katakunciceritapendektokohpenokohanplot.Ceritapendekmerupakankisahansuatuceritayangberbentukpendekdansingkatnamuntetapmemperhatikankemenarikandankeutuhancerita.Salahsatuunsurpembangunceritapendekyaitutokohdanpenokohan.Sebuahceritatidakakanterlepasdaritokoh-tokohyangdiceritakan.Tokohjugatidakterlepasdarikarakterdanperwatakannya.Penokohanmemilikikaitandenganunsurintrinsikyanglainyaituplotkarenakaraktertokohdalamsuatuceritadapatdipahamidandiketahuimelaluikemunculantokohpadatiap-tiaprangkaianperistiwa.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenokohandilihatdariperanantokohsebagaipembawapesandalamceritadanpenokohandilihatdarifungsitokohsebagaipenggerakcerita.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Datapadapenelitianiniberupakutipan-kutipantekscerpenkaryasiswakelasXITKJ1SMKNegeri2Singosariyangberkaitandengantokohdanpenokohan.Sumberdatapadapenelitianiniyaitusejumlah13tekscerpenkaryasiswakelasXITKJ1SMKNegeri2Singosari.Penelitianinimenggunakanpenelitisebagaiinstrumenutamadanmenggunakantabelanalisissebagaiinstrumenpendukung.Analisisdatadilakukandengancaramelakukanreduksidatamelakukaninterpretasiterhadapdatamemverifikasidatadanmenariksimpulanterhadaptemuandata.Berdasarkantemuanpenelitiandiperolehduasimpulanyangsekaligusjugamenjawabfokusmasalahpenelitianini.Pertamapenokohandilihatdariperanantokohsebagaipembawapesanmeliputitokohprotagonisdantokohantagonis.Dari13tekscerpenkaryasiswakelasXITKJ1SMKNegeri2Singosariditemukanadanyatokohyangsesuaidengankaraktertokohprotagonisdantokohantagonis.Tokohprotagonissecaraumumdikembangkandengancaramemberikanwatakdanperilakusepertibaikhatipenyayangpenyabardansukamenolong.Tokohantagonissecaraumumdikembangkandengancaramenampilkanwatakdanperilakuyangnegatifmeliputisifatpemarahegoispendendampembohongpembangkangdanpencuri.Berdasarkantemuanpenelitiantokohyangberperansebagaipembawapesanyaitutokohantagoniskarenatokohantagonisdalamsuatuceritamengembandanmembawapesanmoral.Kehadirantokohantagonismemangberwujudsebagaitokohyangmemilikiwataknegatif.Dariwataknegatiftersebuttersimpanlahsuatupesanyangjustrusangatbaikyangdapatdijadikanolehpembacasebagaipembelajaran.Keduapenokohanyangdilihatdaritokohsebagaipenggerakceritameliputitokohsentraldantokohtambahan.PadacerpensiswakelasXITKJ1SMKNegeri2Singosariditemukanadanyatokohyangsesuaidengankaraktertokohsentraldantokohtambahan.Tokohsentralsecaraumumdikembangkandengancaramemunculkantokohsentralsebagaitokohyangbertugasmenciptakankonflikdanmengakhirikonflikpadacerita.Tokohtambahansecaraumumdikembangkandengancaramenghadirkantokohtambahanhanyasebagaipelengkappadapenokohan.Berdasarkantemuanpenelitiantokohyangbertugassebagaipenggerakceritayaitutokohsentralkarenakeberadaantokohsentralsenantiasahadirpadatiaprangkaianperistiwadalamsuatuceritadantokohsentralmerupakantokohyangmemicuadanyakonflik.DarihasilanalisisjugaditemukanadanyacarayangdigunakanolehsiswakelasXITKJ1SMKNegeri2Singosaridalammenggambarkanwatakpadatokohhasilkarangannyayaitumenggunakanmetodedramatik(dengancaratidaklangsung)meliputipenggambaranwataktokohmelaluipercakapantingkahlakujalanpikirantokoharuskesadarantokohreaksitokohdanreaksitokohlain.Berdasarkansimpulansaranyangdiberikanpadapenelitianiniadalahsebagaiberikut.PertamaBagisiswayanginginmengembangkancerpendisarankanagarmemilahtokoh-tokohyangakandigunakanpadacerpenterlebihdahulu.Pemilahantersebutdisertaijugapemberianperandanfungsitokohsepertitokohprotagonistokohantagonistokohsentraldantokohtambahanterkaitdenganmaksudpenulisdalamupayamengangkattemadanpesan.KeduabagigurubahasaIndonesiadiharapkanmelakukanperbaikanpadapengajarantekscerpenkhususnyapemahamanmateritentangtokohdanpenokohanagarsiswalebihterampildalammemahamitokohdanpenokohansecarabenardanlengkap.Olehkarenaitualangkahbaikjikadapatdilakukanpendalamanmateripemberiancontohdanlatihan.Ketigabagipenelitiselanjutnyadisarankanagarmelakukanpenelitianyangterkaitdengantokohdanpenokohanmisalnyapadatokoh-tokohyangtidakmenjadifokuspadapenelitianini.