Analisis keruntutan dan kreativitas ide dalam cerita anak karya siswa kelas V SDN Sumberdawesari IV Pasuruan / Mariyatul Qibthiyyah
Main Author: | Qibthiyyah, Mariyatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9487/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKQibthiyyahMariyatul.2016.AnalisisKeruntutandanKreativitasIdedalamCeritaAnakKaryaSiswaKelasVSDNSumberdawesariIVPasuruan.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.MaryaeniM.Pd.(II)Dr.MuakibatulHasanahM.Pd.KataKuncikeruntutankreativitasideceritaanakCeritaanakmerupakansalahsaturagamsastrayangdiajarkanpadajenjangsekolahdasar.KaranganatauceritakaryasiswaSDmerupakansastraanakyangberbentukprosafiksi.SebagaisebuahsastraanakceritakaryasiswaSDumumnyamencerminkankeruntutanceritadankreativitaside.Keruntutandalamceritaberkaitandenganbagaimanaalurpadasebuahceritadirangkai.Kreativitasmenjadisyaratutamaterciptanyasebuahtulisan.Kreativitasdalamprosesmenulisceritadapatdilihatdarikemampuansiswadalammenggaliidedanmengembangkanceritasesuaidenganunsurintrinsiksecaraunikbarudanmenarik.Kreativitasidesiswadapatdilihatdaripemilihantemapendeskripsiantokohdanpendeskripsianlataryangmenarikdalamcerita.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankeruntutandankreativitasidedalamceritaanakkaryasiswakelasVSDNSumberdawesariIVPasuruan.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpendekatankualitatif.Penelititerlibatsecaralangsungdalammengumpulkandatadanmenganalisisdata.DatapenelitianiniadalahdeskripsikeruntutandankreativitasidedalamceritaanakkaryasiswakelasVSDNSumberdawesariIVPasuruan.SumberdatapenelitianiniadalahceritaataukarangansiswakelasVSDNSumberdawesariIVPasuruansejumlah19cerita.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikdokumentasi.Instrumenutamapenelitianadalahpenelitisendiriyangdibantudenganinstrumenpendukungberupapedomananalisis.Analisisdatadilakukanpenelitidenganlangkah(1)mereduksidata(2)menyajikandatadan(3)menarikkesimpulan.Reduksidatadilakukandenganidentifikasidanmenyeleksidatasesuaikriteriaklasifikasidatadenganmemasukandatakedalamtabelpedomananalisidatadanpengkodeandatadenganmenuliskankodedata.Penyajiandatadisusunsejalandenganrumusanmasalah.Databerupakutipanceritayangtelahdipilihdarimasing-masingkriteriakeruntutandankreativitasideyangkemudiandianalisisberdasarkanpedomananalisiskeruntutandankreativitasidedalammenuliscerita.Penarikankesimpulandilakukanberdasarkanhasilanalisisdanpenyajiandata.Setelahdatadianalisisberdasarkanpedomananalisismakadiperolehkesimpulanakhiryangsejalandenganrumusanmasalah.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehduasimpulanyangsejalandenganrumusanmasalahyaitusebagaiberikut.PertamaberdasarkankeruntutannyaceritaanakkaryasiswakelasVSDNSumberdawesariIVPasuruandapatdikategorikandalamceritayangkurangruntuttidakruntutdanruntut.Kategoriyangpalingdominanditemukanadalahceritakurangruntutyaitusebanyak13cerita.Padakategorikurangruntutceritahanyamemenuhi3indikatorceritaruntutyaitulinearmemilikihubungansebab-akibatyangjelasdantidakberulang.Indikatorke-4yangberupamenggunakankatahubungyangtepattidakterpenuhidalamcerita.Ketidaktepatanpenggunaankatahubungtersebutmeliputikatahubungdankemudianlalujadidandanjuga.Padakategoritidakruntutceritahanyamemenuhi1indikatorceritaruntutyaituceritadikisahkansecaralinear.Padakategoriceritayangruntutceritasudahmemenuhi4indikatorceritaruntutyaitulinearmemilikihubungansebab-akibatyangjelastidakberulangdanmenggunakankatahubungyangtepat.KeduakreativitasidedalamceritaanakkaryasiswakelasVSDNSumberdawesariIVPasuruandilihatdari3unsuryaitupemilihantemadeskripsitokohdandeskripsilatar.Pertamakreativitasidedalammemilihtemadikategorikankedalamceritayangtidakkreatifkurangkreatifdankreatif.Adapunrinciannyaadalah7ceritatidakkreatif4ceritakurangkreatifdan8ceritakreatif.Padakategoritidakkreatifceritasudahseringditulisdantidakunik.Padakategorikurangkreatifceritajarangditulisnamuntidakunik.Padakategorikreatifceritajarangditulisdanunik.Keunikantersebutberupahalatauperistiwayangberbedadariperistiwayangdikisahkanceritapadaumunya.Keduakreativitasidedalammendeskripsikantokohsemuaceritadikategorkankurangkreatif.Haltersebutdisebabkansemuaceritahanyamenggunakansatutekniksajadalammendeskripsikantokohyaitutekniknarasisaja.Ketigakreativitasidedalammendeskripsikanlatarsemuaceritadikategorkankurangkreatif.Haltersebutdisebabkansemuaceritakurangrincidalammendeskripsikanlatartempatsehinggalatarsuasanatidakmunculdalamcerita.Berdasarkansimpulanhasilpenelitiandapatdikemukakansaran-saransebagaiberikut.Pertamabagiguru.Hasilpenelitianinidapatdijadikanrefleksidalampembelajaranmenulisceritayangsudahdilakukan.Untukpembelajaranmenulisceritaberikutnyagurudapatmemperbaikistrategi/metodepembelajaranyangmemaksimalkanhasilpembelajaranmenuliscerita.Keduabagipenelitilain.Hendaknyadikembangkanmenjadipenelitiantindakankelasyaitumencaristrategi/model/mediapembelajaranyangdapatmeningkatkankeruntutandankreativitassiswaSDdalammenulisceritaanak.