Karakteristik diksi dan gaya bahasa puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Turen / Tyas Wiku Muliandari

Main Author: Muliandari, Tyas Wiku
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9482/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMuliandariTyasWiku.2015.KarakteristikDiksidanGayaBahasaPuisiSiswaKelasVIIISMPN1Turen.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.NitaWidiatiM.Pd.(II)Prof.Dr.WahyudiSiswantoM.Pd.KataKuncipuisidiksigayabahasa.Puisisebagaisalahsatujeniskaryasastradapatdigunakanuntukmembangkitkanperasaandanmerangsangimajinasidalamsusunanbahasayangindahdanbermakna.Diksidangayabahasatermasukdalamunsurfisikpuisiyangberfungsisebagaialatpenyalurgagasan.Semakinbanyakkatayangdikuasaipenyairmakasemakinbanyakideataugagasanyangmampudiungkapkan.PenelitianinidilakukanuntukmengetahuiapakahsiswakelasVIIItelahmemilikiwawasanmengenaidiksidangayabahasa.PenelitibermaksudmendeskripsikansecaraobjektifkarakteristikpenggunaandiksidangayabahasadalampuisikaryasiswakelasVIIISMPN1Turen.Denganpenelitianyangobjektifpenguasaansiswamengenaidiksidangayabahasadapatterlihat.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifterhadapdokumenpuisisiswakelasVIIISMPN1Turenyangberjumlah30puisi.Datapadapenelitianiniberupadiksidangayabahasayangdiperolehmenggunakaninstrumenberupatabelkodifikasidata.Analisisdatadilakukandengancaraberikut.PertamamembacapuisisiswakelasVIIISMPN1Turenuntukmemperolehdataberupadiksidangayabahasa.Keduamelakukanpengodeandataberdasarkantabelkodifikasidata.Ketigamemasukkandatakedalamtabelanalisisdata.Keempatmenelaahdata.KelimamenyajikandatadengancaramemaparkanhasiltemuandalampuisisiswapadababIIIsesuaidenganfokuspenelitian.KeenammembahashasiltemuanpadababIVsesuaidenganteoridanmemberikanbuktiuntukmenguatkanpendapatpenelitiandalammelakukanpembahasan.Ketujuhmenyimpulkanhasilpenelitian.BerdasarkananalisisdiksidangayabahasapuisisiswakelasVIIISMPN1Turenditemukantigahal.Pertamakarakteristikdiksiberupabentukmaknakonteksdanstrukturleksikal.Bentukdiksiberdasarkanbentukdasardanbentukyangtelahmengalamiprosesmorfologis.Bentukyangtelahmengalamiprosesmorfologispalingbanyakdigunakan.Maknaberupamaknadenotasidanmaknakonotasi.Maknakonotasimempengaruhiefekkeindahanpuisisepertiyangadapadasalahsatupuisisiswayangtidakmenggunakandiksibermaknakonotatif.SetiapdiksipuisikaryasiswakelasVIIISMPN1TurenmemilikihubungankolokasisehinggatekspuisikaryasiswakelasSMPN1Turenmemilikikontekslinguistik.StrukturleksikaldiksipuisikaryasiswakelasVIIISMPN1Turenberupasinonimipolisemihiponimidanantonimi.Strukturleksikalyangbanyakdigunakanberupahiponimi.KeduakarakteristikgayabahasaretorispuisisiswakelasVIIISMPN1Turenberupapenggunaangayabahasaaliterasidanasonansianastrof/infersiasindetonpolisindetonhisteronproteronpleonasmetautologiperifrasisprolepsiserotesiskoreksiohiperbolparadoksdanoksimoron.Gayabahasaretorisyangpalingbanyakdigunakanadalahgayabahasaaliterasidanasonansidenganyaitusebanyak32datadalam18puisidari30puisikaryasiswa.Gayabahasaaliterasidanasonansidigunakanuntukmenghasilkankeselarasanbunyiagartimbulefekkeindahan.KetigakarakteristikgayabahasaestetispuisisiswakelasVIIISMPN1Turenberupapenggunaangayabahasasimilemetaforapersonifikasialusieponimepitetsinekdokedanpun/paronomasia.Gayabahasaestetisyangpalingbanyakdigunakanadalahgayabahasasimileyangmunculsebanyak41kali.Gayabahasasimiledigunakanuntukmengandaikansesuatusamadenganyanglaindenganlebihmudahkarenalangsungmenggunakankatapembanding.Katapembandingyangbanyakdigunakanyaitukatabagaikan.TenagapengajarBahasaIndonesiaperlumemperluaskosakatadanmeningkatkanpengetahuanterhadapberbagaijenisgayabahasaagardapatdiajarkankepadapesertadidikdisekolah.Siswaperlubelajarlebihmendalammengenaidiksidangayabahasaagardapatmenggunakankeragamanbahasasecaratepatterutamauntukmenulispuisi.PembacadanmasyarakatumumperlulebihmencintaikaryasastraIndonesia.Kepadapenyairterutamapemulaperlulebihmemperhatikandiksidanpenggunaangayabahasasehinggatidakhanyamenimbulkanefekkeindahantetapijugamaknayangmendalam.