Pengembangan media komik elektronik untuk pembelajaran menulis teks anekdot SMA kelas X / Rina Septi Maharani
Main Author: | Maharani, Rina Septi A |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9478/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMaharaniRinaSepti.2015.PengembanganMediaKomikElektronikUntukPembelajaranMenulisTeksAnekdotSMAKelasX.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd(2)Dr.KusubaktiAndajaniM.PdKataKuncimediakomikelektronikmenulisteksanekdot.Perkembanganteknologipadaeramodernjugaberdampakpadaduniapendidikan.Pembaruandilakukanpadahampirseluruhaspekpendidikanbegitupundenganpenerapankurikulum.PadaranahpembelajaranbahasaIndonesiakurikulumterbaruyakniKurikulum2013padajenjangSMPdanSMAberbasispadateks.PadajenjangSMAteksanekdotadalahsalahsatuteksyangharusdikuasaiolehsiswakelasX.Bahanajaryangsudahmulaivariaifbelumdiikutidenganmediapembelajaranyangmendukung.Mediapembelajaranmerupakansegalabentukbahanyangdigunakanuntukmembantuguruatauinstrukturdalammelaksanakankegiatanbelajarmengajardikelas.Mediapembelajaraneratkaitannyadengankegiatanpembelajaran.Mediapembelajaranadalahsalahsatuunsuryangdapatmemudahkankegiatanpembelajaran.Pentingnyasebuahmediapembelajarandapatdilihatdaristudipendahuluanyangadadilapangan.Hasilstudipendahuluandilapanganmenunjukkanbahwasiswamemilikiminatyangbaikterhadappembelajaranmenulisteksanekdot.SiswamemilikiskematabahwapembelajaranmenulisteksanekdotadalahkegiatanbelajaryangbarumerekalakukandalampelajaranbahasaIndonesia.Karakterteksanekdotyanglaindaritekslainsemisalcerpennovelmaupunteksdramayangseringmerekabacamenjadikanteksanekdotsedikitterasaasingbagisiswa.Selainitumediapembelajaranyangtersediabelumvariatif.Sumberbelajardaribukukurangmenarikbagisiswa.Padaakhirnyahaltersebutmembuatsiswamengalamibanyakkesulitanmeskipunminatkarenarasapenasaranbaikuntukmenulisteksanekdot.Alasantersebutmendorongpenelitiuntukmelakukanpengembanganmediakomikelektronikuntukpembelajaranmenulisteksanekdot.BerdasarkanhasilstudipendahuluanmakatujuanumumpenelitianiniadalahmenghasilkanmediapembelajaranmenulisteksanekdotuntuksiswakelasXSMAyangmencakuptigakriteriayaitudeskripsiisimediapembelajaranyangrelevandengankompetensidasarmenulisteksanekdotsistematikapenyajianmediapembelajaranyangatraktifuntuksiswakelasXSMAdantampilanmediapembelajaranyangmenarikuntuksiswakelasXSMA.UntukmencapaitujuanpenelitiandigunakanrancanganpenelitianyangdiadaptasidarimodeldesainpengembanganBorgdanGall.Berdasarkanmodeltersebutdalampenelitianiniada4tahapyakni(1)tahapprapengembangan(2)tahappengembangan(3)tahapujicobadanrevisidan(4)tahappenyempurnaanprodukakhir.Validasidilakukanmelaluivalidasiahlimateriahlimediadanpraktisi.UjicobalapangandilakukandengansiswakelasXSMANegeri1Pare.DarihasilujicobaprodukahlimateridanpembelajaranbahasaIndonesiamemberikannilaikelayakanaspekmaterisebesar861%sedangkanpraktisimemberikan916%.Padaaspeksistematikapenyajianmediapembelajaranahlimediapembelajaranmemberikannilaisebesar812%ahlimateridanpembelajaranbahasaIndonesiamemberikannilaikelayakansebesar80%sedangkanpraktisimemberikan100%.Padaaspekbahasamediapembelajaranahlimediamemberinilai833%ahlimaterimemberinilai833%sedangkanpraktisimemberinilai100%.Padaaspektampilanmediapembelajaranahlimediamemberinilaikelayakansebesar933%ahlimateridanpembelajaranbahasaIndonesiamemberinilaikelayakansebesar964%sedangkanpraktisimemberikan821%.Dariujicobalapangansiswamemberikannilaikelayakanpadaaspekmaterisebesar783%.Padaaspeksistematikapenyajiansebesar80%.Padaaspekbahasasebesar85%danaspektampilansebesar766%.Berdasarkanhasiltersebutdiketahuibahwaaspekmaterisistematikapenyajiandantampilantelahmemenuhikriterialayak.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwa(1)aspekmateritelahsesuaidenganmaterimenulisTeksanekdotSMA(2)aspeksistematikapenyajianmudahdigunakanolehsiswadan(3)tampilanmediapembelajaranmenarik.HasilpengembanganprodukmediapembelajaranmenulisteksanekdotinidarisegiisimudahdipahamiolehsiswakarenamaterisesuaidenganmaterimenulisteksanekdotSMAmaterifokuspadapengembanganstrukturteksanekdotbukandefinisiteksanekdotterdapatkomikanekdotyangdikemasdalambentukelektroniksebagaisumberideuntuksiswasertaterdapatlatihanpadasetiapkomikagarsiswalebihmudahmemahamimateriyangdiberikan.Darisegibahasamediapembelajaranmenggunakanragambahasabakulugasmenarikmemotivasidanmenggunakansapaankalian.Darisegisistematikamediapembelajaranmudahdigunakanolehgurukarenasetiapmenumediapembelajaraninilangsungdisusunsesuaidenganlangkah-langkahpembelajaranmenulisteksanekdot.DandarisegitampilanmediapembelajarandilengkapidenganberbagaigambaryangmenariksertaperpaduanwarnayangsesuaidengansiswaSMA.ProdukmediapembelajaranmenulisteksanekdotinidapatdibacadipelajaridandimanfaatkanolehsemuapihakdiantaranyagurudansiswaSMAkelasX.Gurudapatmemanfaatkanmediapembelajaraniniuntukmembantuparasiswadalammaterimenulisteksanekdot.Mediapembelajaraninidapatdigunakanolehsiswadenganbimbinganguru.Mediapembelajaraninijugadapatdigunakanolehgurusebagaisalahsatumediapembelajaranuntukmaterimenulisteksanekdot.