Paragraf dalam laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan / Eka Meike Astiti

Main Author: Astiti, Eka Meike
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9476/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAstitiEkaMeike.2015.ParagrafdalamLaporanHasilObservasiSiswaKelasVIISMPNegeri1Pandaan.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumadiM.Pd(II)MusthofaKamalS.Pd.M.Sn.KataKunciparagraftekslaporanhasilobservasi.Paragrafmerupakanunsurpembangundalamsebuahteks.Dalammenulissebuahtekssalahsatuhalyangperludiperhatikanialahparagrafyangterdapatdalamtekstersebut.Sebuahteksdibangunatasbeberapaparagrafyangsalingberhubungansehinggabisamenyampaikanmaksuddaritekstersebutkepadapembacadenganbaik.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)kelengkapansyarat-syaratpembentukanparagraf(2)teknikpengembanganparagrafdan(3)penggunaanunsurkebahasaandalamparagraftekslaporanhasilobservasikaryasiswaSMPNegeri1Pandaan.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdengandesaindeskriptif.Datapenelitianiniberupaparagraf-paragrafyangterdapatpadatekslaporanhasilobservasikaryasiswakelasVIISMPNegeri1Pandaan.SumberdatapenelitianiniadalahtekslaporanhasilobservasikaryasiswakelasVIISMPNegeri1Pandaan.Instrumenpenelitianiniadatigayaitu(1)tes(2)tabelpanduankodifikasidatadan(3)tabelanalisisdata.Prosedurpengumpulandatapenelitianinidilakukanmelaluipemberiantugasmenulistekslaporanhasilobservasimelaluiinstrumentesyangberbentuklembarkerjasiswa.Analisisdatapenelitianiniialahanalisisparagraf.Analisisdatapenelitianinidilakukanmelaluitahapreduksidatapenyajiandatadanpenarikansimpulan.Reduksidatayangdilakukandalampenelitianinimeliputiidentifikasiklasifikasidankodifikasi.Reduksidatadalampenelitianinididasarkanpadasyarat(1)paragrafterdiriataslebihdarisatukalimatdan(2)identitasparagrafjelas(namapengarang/siswanomorpresensidankelas).Sementaraituparagrafyangtidakmemenuhisyaratdanparagrafyangtidakterbacatidakdianalisiskarenadapatmenimbulkankerancauandalamanalisisdata.Datapenelitianinidisajikansesuaidenganfokuspenelitian.Penarikansimpulanpadapenelitianinidilakukandenganmengecekkesesuaianhasilanalisisdenganfokuspenelitianyangtelahditetapkan.Temuanpenelitianinidisajikansesuaidenganfokuspenelitian.Pertamadariaspekkelengkapansyarat-syaratpembentukanparagrafditemukan(1)kalimat-kalimatdalamparagrafsecarabersama-samamenyatakansatuidepokok(2)kalimat-kalimatdalamparagrafmemilikiketerkaitanantarasatukalimatdengankalimatyanglain(3)kalimatpenjelasyangcukupuntukmenunjangkalimattopikdalamparagraf(4)kalimatyangtidakmendukungidepokokparagraf(5)paragrafyangmenyatakanduahalyangberbeda(6)paragrafyangtidakmemilikiketerkaitanantarkalimat(7)paragrafdengankalimatyangsingkatdantidakdikembangkansecaralebihluasdan(8)paragrafyangmemilikiduaidepokokyangberbedadantidakdijelaskansecararincidengankalimatpenjelas.KeduaDariaspekteknikpengembanganparagrafditemukan(1)paragrafyangmemilikiidepokokberupahalumumyangterdapatdiawalparagrafdandijelaskandenganhalkhusussebagaikalimatpenjelas(2)paragrafyangmemilikiidepokokyangdijelaskandengancontoh-contohkonkretdalamkalimatpenjelas(3)paragrafyangmengandungperbandinganantaraduahal(4)paragrafyangdiawalidenganidepokokyangmenjadisebabdandijelaskandenganakibatdalamkalimatpenjelas(5)paragrafyangmemilikiidepokokyangdijelaskandengankalimatpenjelasyangmenjelaskanurutantempat(6)paragrafyangmemilikikalimatpenjelasyangmemaparkanproses-prosestertentudan(7)paragrafyangdikembangkandenganduateknikyaituteknikpengembangansebab-akibatdanteknikpengembangandengancontoh.Ketigadariaspekpenggunaanunsurkebahasaanditemukan(1)ketepatanpenggunaanhurufkapital(2)ketepatanpenggunaantandakomadantandatitik(3)katayangsudahsesuaidengankontekskalimatdanketepatanpenulisankata(4)kalimatyangmemilikisubjekdanpredikat(5)konjungsiyangsesuaidengankedudukandanmaknanya(6)kesalahanpenulisanhurufkapitaldanhurufmiring(7)kesalahanpenggunaantandatitikdantandakoma(8)kesalahanpenulisankatadan(9)kalimatyangtidakmemilikisubjek.Berdasarkanhasiltemuanpenelitianterdapattigasaranyangdapatdiberikan.PertamaGurubahasaIndonesiakelasVIISMPNegeri1Pandaandisarankanuntukmelatihketerampilansiswamenulisparagrafyangterdiriataskalimatyangmendukungidepokokparagrafdankalimat-kalimatyangmenyatakansatuidepokok.Gurujugadisarankanuntukmelatihsiswamenulisparagrafyangmengandungketerkaitanantarkalimatdankalimatpenjelasyangdikembangkansecaraluasdanrinci.Keduasiswadisarankanuntukbelajarmengenaiteknik-teknikpengembanganparagrafagarsiswadapatmenulisparagrafdenganberbagaimacamteknikpengembanganparagaf.KetigasiswadisarankanuntukberlatihmenulissesuaidengankaidahbahasaIndonesiayangbaikdanbenardenganmemperhatikanpenulisanhurufkapitaldanhurufmiringyangbenarpenggunaantandatitikdantandakomayangtepatpenulisankatadankalimatyanglengkap.