Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran menulis teks cerita ulang untuk siswa SMA/SMK kelas XI / Tari Mei Wahyuni
Main Author: | Wahyuni, Tari Mei |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9472/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWahyuniTariMei.2015.PengembanganMultimediaInteraktifPembelajaranMenulisTeksCeritaUlanguntukSiswaSMA/SMKKelasXI.Skripsi.JurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.HeriSuwignyoM.Pd.(II)DwiSulistyoriniM.Hum.KatakuncimultimediainteraktifpembelajaranmenulisteksceritaulangMenulisteksceritaulangmerupakansalahsatuketerampilanyangharusdikuasaiolehsiswakelasXI.Melaluikegiatanmenulisteksceritaulangsiswadapatmenceritakanulangperistiwayangpernahdialaminyasecaraberurutan.SalahsatukesulitanyangdialamiolehsiswakelasXIpadapembelajaranmenulisteksceritaulangyaknikesulitandalampencarianideuntukmengawalitulisan.Permasalahantersebutdapatdiatasidenganmemberikanbahanbelajaryangberagamsebagaisumbermenciptakantulisan.Bahanbelajartersebutperludikemasdidalamsebuahmediapembelajarankarenamemperhatikansegikepraktisandalampenyampaiannya.Salahsatumediapembelajaranyangtepatsebagaipenyampaibahanbelajaryangberagamkepadasiswayaknimultimediainteraktifkarenamediatersebutmemilikikelebihandibandingkandenganmediapembelajaranyanglainyaknidapatmenggabungkanteksgambaraudiodanvideosekaligusdalamsatuprogram.Tujuanumumpenelitianiniadalahmenghasilkanprodukberupamultimediainteraktifuntukpembelajaranmenulisteksceritaulang.Adapuntujuankhususpenelitianinidiantaranya(1)menghasilkanprodukberupamultimediainteraktifpembelajaranmenulisteksceritaulanguntuksiswaSMA/SMKkelasXIyanglayakdarisegiisi(2)menghasilkanprodukberupamultimediainteraktifpembelajaranmenulisteksceritaulanguntuksiswaSMA/SMKkelasXIyanglayakdarisegitampilandan(3)menghasilkanprodukberupamultimediainteraktifpembelajaranmenulisteksceritaulanguntuksiswaSMA/SMKkelasXIyanglayakdarisegibahasa.PenelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganDarmawan(201260).Berdasarkanmodeltersebutterdapatsembilantahapanprosedurpenelitiandanpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniyakni(1)analisiskebutuhan(2)identifikasiprogram(3)pembuatanflowchart(4)pembuatanstoryboard(5)pengumpulanbahan(6)pemrograman(7)penyelesaian(finishing)(8)ujicobadan(9)revisi.Ujicobadilaksanakansebanyakempatkaliyakni(1)ujiahlimaterimenulisteksBahasaIndonesia(2)ujiahlimediapembelajaran(3)ujipraktisi(guruBahasaIndonesia)dan(4)ujilapanganterbatas(siswa).Jenisdatadalampenelitianiniberupadataverbaldannonverbal.Dataverbalyakniberupakomentaratausarandariahlipraktisidansiswamengenaikelayakanproduksedangkandatanonverbalyakniberupaskoryangdiperolehdarihasilangketpenilaianahlipraktisidansiswamengenaikelayakanproduk.Data-datatersebutdianalisisdenganmenggunakanduateknikanalisisdatayakniteknikkualitatifdanteknikkuantitatif.Hasilanalisisdatadigunakanuntukmengetahuitingkatkelayakanprodukdansebagaipedomanuntukmelakukanperbaikanterhadapproduk.Hasilpenelitiandanpengembanganmultimediainteraktifpembelajaranmenulisteksceritaulanginitergolonglayakdandapatdiimplementasikan.Berdasarkanhasilujikepadaahlipraktisidansiswakelayakandarisegiisimendapatkanpersentasesebesar816%kelayakandarisegitampilanmendapatkanpersentasesebesar87%dankelayakandarisegibahasamendapatkanpersentasesebesar829%.Meskipuntergolonglayakdandapatdiimplementasikanterdapatbagian-bagianyangharusdirevisisesuaisarandariahliyaknirevisipadakomponenisidantampilanproduk.Produkyangdihasilkandalampenelitianinimemilikitigakelebihan.Pertamaisiprodukmenyajikantigaidemenulisteksceritaulang.Keduatampilanprodukmenarikkarenadilengkapianimasiyangdisesuaikandengantemamenulisteksceritaulang.Ketigabahasaprodukmudahdipahamikarenamenggunakanstrukturkalimatyangsederhana.Langkahpemanfaatanprodukhasilpengembanganpadapenelitianiniyakni(1)gurudisarankanuntukmenggunakannyasebagaisalahsatualternatifmediapembelajarandalampembelajaranmenulisteksceritaulangkarenadapatmemudahkangurudalampemberianbahanbelajaryangberagamkepadasiswa(2)siswadisarankanuntukmenggunakannyasecaramandirikarenadapatmembantusiswamengembangkankemampuannyadalampembelajaranmenulisteksceritaulangdan(3)penelitilaindisarankanuntukmenjadikannyasebagaisumberinspirasidalammengembangkanprodukyanglebihbaiklagi.SelanjutnyapenyebarluasanprodukdapatdilakukanmelaluiforumMusyawarahGuruMataPelajaran(MGMP)BahasaIndonesiadaninternet.