Pengembangan media pembelajaran menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas VII / Aptia Ardiasari

Main Author: Ardiasari, Aptia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9471/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArdiasriAptia.2015.PengembanganMediaPembelajaranMenyusunMenelaahdanMerevisiTeksEksplanasiBerbasisMultimediaInteraktifuntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.KusubaktiAndajaniM.Pd.(2)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd.KataKuncimediapembelajaranmenyusunmenelaahdanmerevisitekseksplanasimultimediainteraktifPembelajaranBahasaIndonesiadalamKurikulum2013menggunakanpendekatanberbasisteks.ArtinyaKurikulum2013mengarahkansiswauntukbelajarmemahamihinggamemproduksiteks.Memproduksiteksmerupakansalahsatuketerampilanmenulissertamerevisi.KeterampilantersebutdiajarkansalahsatunyapadapembelajaranmenyusunmenelaahdanmerevisitekseksplanasikelasVII.BerdasarkanwawancaradenganguruSMPKelasVIIhasilpembelajaranmenyusuntekseksplanasipadakelasVIImenunjukkanbahwasiswabelummampumenyusunkalimatyangefektif.Haltersebutterlihatdaritekseksplanasiyangdihasilkansiswamasihbanyakterdapatpenyusunankalimatyangtidakpadusertapenggunaanejaanyangtidaksesuaidengankaidahkebahasaanyangberlaku.Salahsatucarayangdapatdigunakanuntukmempermudahpemahamansiswaterkaitmaterimenyusunmenelaahdanmerevisiteksekplanasitersebutadalahdenganpenggunaanmediapembelajaran.Olehkarenaitumediapembelajaranyangmenunjangpembelajaranmenyusunmenelaahdanmerevisitekseksplanasiditelitidandikembangkan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)menghasilkanmediapembelajaranmenyusunmenelaahdanmerevisitekseksplanasiberbasismultimediainteraktifyanglayakdarisegiisi(2)menghasilkanmediapembelajaranmenyusunmenelaahdanmerevisitekseksplanasiberbasismultimediainteraktifyanglayakdarisegisistematikapenyajian(3)menghasilkanmediapembelajaranmenyusunmenelaahdanmerevisitekseksplanasiberbasismultimediainteraktifyanglayakdarisegibahasadan(4)menghasilkanmediapembelajaranmenyusunmenelaahdanmerevisitekseksplanasiberbasismultimediainteraktifyanglayakdarisegitampilan.MetodeyangdigunakandalampenelitiandanpengembanganinidiadaptasidarimodelpengembanganBorgGall(1983)yangterdiriatassepuluhtahapan.Kesepuluhtahapantersebutdimodifikasimenjadisembilantahapanyaitu(1)penelitiandanpengumpulaninformasi(2)perencanaan(3)pembuatandrafprodukbesertaalatevaluasinya(4)ujiahlimateridanmedia(5)revisihasilujiahli(6)ujipraktisi(7)revisihasilujipraktisi(8)ujicobaterbatasdan(9)revisiakhir.Ujicobaprodukdilaksanakansecarabertahapdenganurutan(1)ujicobaahlimateridanahlimedia(2)ujicobapraktisidan(3)ujicobaterbatas.Pengambilandataujicobamenggunakaninstrumenyangberupaangkettertutupdanterbuka.Angkettertutupdigunakanuntukmemperolehdatakuantitatifyangberupaskorpenilaiansedangkanangketterbukadigunakanuntukmendapatkandatakualitatifyangberupacatatanuntuksaranperbaikanproduk.Datayangdiperolehtersebutdisajikandandianalisisberdasarkanaspekkelayakanprodukyangtelahditentukanyangmeliputikelayakanisikelayakansistematikapenyajiankelayakanbahasadankelayakantampilan.Datakuantitatifdianalisisdengancaradihitungmenggunakanpedomanpenyekoransedangkandatakualitatifdipaparkansebagaisaranuntukperbaikanproduk.ProdukyangdikembangkandalampenelitianiniberupamediapembelajaraninteraktifyangmenggunakanaplikasiAdobeDirector.Kompetensidasaryangdikembangkanmeliputirangkaianketerampilanberbahasamenulisyaknimenyusunmenelaahdanmerevisitekseksplanasi.Materitersebutberisilangkah-langkahmenyusunmenelaahdanmerevisitekseksplanasi.Penyajianmateridalammediatersebutdisertaidengankuisyangterdiriatasempatlevelsoalsebagailatihanawalbagisiswasebelummerekaberlatihmandirimenyusuntekseksplanasibesertamenelaahdanmerevisinya.Hasilujicobaprodukyangdiperolehdariahlimateriahlimediapraktisidansiswadisajikanberdasarkantiapaspekkelayakanprodukyaitukelayakanisi838%(layak)kelayakansistematikapenyajian802%(layak)kelayakanbahasa881%(sangatlayak)dankelayakantampilan822%(layak).Berdasarkanhasiltersebutmediapembelajarantergolonglayakuntukdiimplementasikandalampembelajaranmenyusunmenelaahdanmerevisi.Penilaianmediadarisegidatakuantitatiftersebutdidukungdengandatakualitatifyangberupacatatansebagaiacuanuntukpenyempurnaanproduk.Catatanperbaikanyangdiperolehyaitu(1)penyajianindikatordantujuanyangdisusunper-KDsertadinyatakandalamkondisi(2)penambahanwacanautuhbesertapenjelasanunsurkebahasaan(3)penjelasansertapemberiancontohpadasetiappetunjuk(4)penambahantombolnavigasi(5)pengubahanbeberapasimbolnavigasi(6)penyajianKDindikatordantujuandipaparkandenganbahasasiswa(7)perbaikankesalahanpenulisan(8)penyesuaiantampilandenganaudienyangdiacu(9)penyederhanaantampilanawalsampulboksCDdanbukupanduandan(10)perbaikantipografi.Mediayangtelahdikembangkaninidapatdimanfaatkanolehgurusiswadanpenelitisejenis.Gurudapatmenggunakanmediainisebagaiperangkatpembelajarankhusunyapelengkapbukutekspelajaran.Siswadapatmemanfaatkanmediainisebagaisaranabelajarmandiri.Penelitianlanjutandapatmenjadikanmediainisebagaibahanpertimbanganuntukmengembangkanprodukyanglebihbaik.PenelitiandanpengembanganmediainiidealnyadapatdisebarluaskanmelaluiartikelilmiahdanseminardalamforumMGMP.