Kemampuan mengonversi teks eksposisi menjadi teks percakapan siswa kelas X-MIA SMA Negeri 1 Kepanjen / Siti Rohmatus Sholekhah
Main Author: | Sholekhah, Siti Rohmatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9468/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSholekhahSitiRohmatus.2015.KemampuanMengonversiTeksEksposisiMenjadiTeksPercakapanSiswaKelasX-MIASMANegeri1Kepanjen.SkripsiProgramStudiBahasaSastraIndonesiadanDaerahJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumadiM.Pd(2)Dr.ImamAgusBasukiM.Pd.KataKuncitekseksposisitekspercakapanpembelajaranmenulisMenulismerupakansalahsatuaspekpentingdalamketerampilanberbahasa.Salahsatuketerampilanmenulisadalahmengubahtekssatumenjaditekslain.Keterampilanmengubahtekssatumenjaditekslaindisebutketerampilanmengonversiteks.Dalammengonversisiswatidaksekedarmenulisteksbegitusajanamunsiswaharusmembacaterlebihdahuluteksyangakandikonversi.PadajenjangSMAsiswadituntutmampumengonversitekseksposisi.Salahsatutekshasilkonversiadalahtekspercakapan.Siswaharusmemahamitekseksposisiterlebihdahulukemudianmengubahnyamenjaditekspercakapan.Mengonversimerupakansalahsatuketerampilanyangmemerlukanlatihan-latihanuntukmeningkatkankemampuanpemahamandanberpikirsertaketerampilanmenulis.Penelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatankuantitatif.Desainpenelitianiniadalahpenelitiandeskriptif.PenelitianinidilakukandiSMAN1Kepanjentahunajaran2014/2015.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasX-MIASMAN1Kepanjensemestergenaptahunajaran2014/2015yangberjumlah247siswa.Sementarasampelyangdigunakandalampenelitianadalah71siswa.Penentuansampeldalampenelitianinidilakukandenganteknikacakkelas.LangkahpelaksanaanpenelitianiniyaitumelakukanujipengambilandatadikelasX-MIA7kemudianmelakukanujipengambilandatadikelasX-MIA2.Setelahdilakukantesdatadiberiskorpadatiapaspek-aspekyangditelitikemudiandiolahdenganmenggunakanteknikpersentase.Aspekyangditelitipadapenelitianiniterdiriatasaspekkelengkapanisiaspekketepatanpilihankataaspekkeefektifankalimataspekketerpaduanwacanadanaspekkekreatifan.Setelahitudilakukanpenyimpulankemampuansiswasecaraindividudansecarakelompok.BerdasarkantemuanpenelitianpadasiswakelasX-MIASMAN1Kepanjendiperolehlimahasilpenelitian.Pertamasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkelengkapanisi.Halitudibuktikanolehjumlahpersentasesiswayangmampusebesar7886%sedangkanpersentasesiswayangtidakmampusebesar2112%.Keduasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekketepatanpilihankata.Halitudibuktikanolehjumlahpersentasesiswayangmampusebesar9718%sedangkanpersentasesiswayangtidakmampusebesar281%.Ketigasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkeefektifankalimat.Halitudibuktikanolehjumlahpersentasesiswayangmampusebesar100%.Keempatsiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekketerpaduanwacana.Halitudibuktikanolehjumlahpersentasesiswayangmampusebesar100%.Kelimasiswatidakmampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkekreatifan.Halitudibuktikanolehjumlahpersentasesiswasebesar5914%sedangkanpersentasesiswayangtidakmampusebesar4084%.BerdasarkanhasilpenelitianpadasiswakelasX-MIASMAN1Kepanjenterdapatlimasimpulan.Pertamasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkelengkapanisi.Keduasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekketepatanpilihankata.Ketigasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkeefektifankalimat.Keempatsiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekketerpaduanwacana.Kelimasiswatidakmampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkekreatifan.Berdasarkankesimpulantersebutdikemukantigasaran.PertamasiswadisarankanagarbanyakberlatihmengidentifikasikelengkapanisiberlatihmenulismenggunakanbahasaIndonesiayangbaikdanberlatihuntukmenuliskreatif.Keduagurudisarankanuntukmemberikancontohdanmaterimengenaitekspercakapanpenggunaanbahasadanmenuliskreatifsebelumkegiatanmengonversidilaksanakan.KetigaPenelitiselanjutnyadisarankandapatmelakukanpenelitianmengenaimengonversiteksyanglainnya.Penelitiselanjutnyajugadapatmenelitimengenaikarakteristikstrukturtekskarakteristikpolakalimatataumenggunakanrancanganpenelitianlainsepertieksperimenuntukmengetahuikemampuanmengonversitekseksposisimaupunteksyanglain.