Kemampuan mengonversi teks eksposisi menjadi teks percakapan siswa kelas X-MIA SMA Negeri 1 Kepanjen / Siti Rohmatus Sholekhah

Main Author: Sholekhah, Siti Rohmatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9468/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSholekhahSitiRohmatus.2015.KemampuanMengonversiTeksEksposisiMenjadiTeksPercakapanSiswaKelasX-MIASMANegeri1Kepanjen.SkripsiProgramStudiBahasaSastraIndonesiadanDaerahJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumadiM.Pd(2)Dr.ImamAgusBasukiM.Pd.KataKuncitekseksposisitekspercakapanpembelajaranmenulisMenulismerupakansalahsatuaspekpentingdalamketerampilanberbahasa.Salahsatuketerampilanmenulisadalahmengubahtekssatumenjaditekslain.Keterampilanmengubahtekssatumenjaditekslaindisebutketerampilanmengonversiteks.Dalammengonversisiswatidaksekedarmenulisteksbegitusajanamunsiswaharusmembacaterlebihdahuluteksyangakandikonversi.PadajenjangSMAsiswadituntutmampumengonversitekseksposisi.Salahsatutekshasilkonversiadalahtekspercakapan.Siswaharusmemahamitekseksposisiterlebihdahulukemudianmengubahnyamenjaditekspercakapan.Mengonversimerupakansalahsatuketerampilanyangmemerlukanlatihan-latihanuntukmeningkatkankemampuanpemahamandanberpikirsertaketerampilanmenulis.Penelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatankuantitatif.Desainpenelitianiniadalahpenelitiandeskriptif.PenelitianinidilakukandiSMAN1Kepanjentahunajaran2014/2015.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasX-MIASMAN1Kepanjensemestergenaptahunajaran2014/2015yangberjumlah247siswa.Sementarasampelyangdigunakandalampenelitianadalah71siswa.Penentuansampeldalampenelitianinidilakukandenganteknikacakkelas.LangkahpelaksanaanpenelitianiniyaitumelakukanujipengambilandatadikelasX-MIA7kemudianmelakukanujipengambilandatadikelasX-MIA2.Setelahdilakukantesdatadiberiskorpadatiapaspek-aspekyangditelitikemudiandiolahdenganmenggunakanteknikpersentase.Aspekyangditelitipadapenelitianiniterdiriatasaspekkelengkapanisiaspekketepatanpilihankataaspekkeefektifankalimataspekketerpaduanwacanadanaspekkekreatifan.Setelahitudilakukanpenyimpulankemampuansiswasecaraindividudansecarakelompok.BerdasarkantemuanpenelitianpadasiswakelasX-MIASMAN1Kepanjendiperolehlimahasilpenelitian.Pertamasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkelengkapanisi.Halitudibuktikanolehjumlahpersentasesiswayangmampusebesar7886%sedangkanpersentasesiswayangtidakmampusebesar2112%.Keduasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekketepatanpilihankata.Halitudibuktikanolehjumlahpersentasesiswayangmampusebesar9718%sedangkanpersentasesiswayangtidakmampusebesar281%.Ketigasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkeefektifankalimat.Halitudibuktikanolehjumlahpersentasesiswayangmampusebesar100%.Keempatsiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekketerpaduanwacana.Halitudibuktikanolehjumlahpersentasesiswayangmampusebesar100%.Kelimasiswatidakmampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkekreatifan.Halitudibuktikanolehjumlahpersentasesiswasebesar5914%sedangkanpersentasesiswayangtidakmampusebesar4084%.BerdasarkanhasilpenelitianpadasiswakelasX-MIASMAN1Kepanjenterdapatlimasimpulan.Pertamasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkelengkapanisi.Keduasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekketepatanpilihankata.Ketigasiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkeefektifankalimat.Keempatsiswamampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekketerpaduanwacana.Kelimasiswatidakmampumengonversitekseksposisimenjaditekspercakapanberdasarkanaspekkekreatifan.Berdasarkankesimpulantersebutdikemukantigasaran.PertamasiswadisarankanagarbanyakberlatihmengidentifikasikelengkapanisiberlatihmenulismenggunakanbahasaIndonesiayangbaikdanberlatihuntukmenuliskreatif.Keduagurudisarankanuntukmemberikancontohdanmaterimengenaitekspercakapanpenggunaanbahasadanmenuliskreatifsebelumkegiatanmengonversidilaksanakan.KetigaPenelitiselanjutnyadisarankandapatmelakukanpenelitianmengenaimengonversiteksyanglainnya.Penelitiselanjutnyajugadapatmenelitimengenaikarakteristikstrukturtekskarakteristikpolakalimatataumenggunakanrancanganpenelitianlainsepertieksperimenuntukmengetahuikemampuanmengonversitekseksposisimaupunteksyanglain.