Penalaran dalam teks eksposisi karya siswa kelas X-MIA 5 SMA Negeri 5 Malang / Yohanna Nirmalasari

Main Author: Nirmalasari, Yohanna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9467/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNirmalasariYohanna.2015.PenalarandalamTeksEksposisiKaryaSiswaKelasX-MIA5SMANegeri5Malang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.DawudM.pd.(II)Prof.Dr.H.A.SyukurGhazaliM.Pd.KataKuncipenalarantekseksposisisiswakelasX-MIA5SMANegeri5Malang.Tekseksposisimerupakanteksyangmenonjolkansebuahmasalahyangdipiliholehseorangpenulisdengantujuanuntukmenginformasikanataumemengaruhipembaca.Dalampenulisantekseksposisipenulisharusmenggunakanpenalaranyangruntutsesuaidenganunsurtekseksposisiyaknitesisargumendansimpulan.Halinisesuaidengankompetensidasaryangterdapatpadakurikulum2013kelasXSMANegeriyangmenuntutsiswauntukberpikirkritismengolahdanmengajigagasan.BerkaitandenganhaltersebutmakadiperlukanpembahasanmengenaipenalaranyangdigunakanolehsiswakelasX-MIA5SMANegeri5Malangdalammenulistekseksposisi.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanunsurpenalarandanmendeskripsikanvariasiteknikpengembanganpenalaranyangdigunakanolehsiswakelasX-MIA5SMANegeri5Malangdalammenulistekseksposisi.SecarakhususpenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanunsurpenalaranyangterdapatdidalamtesisargumendansimpulansertauntukmendeskripsikanjenisteknikpengembanganpenalaranyangdigunakanolehsiswakelasX-MIA5SMANegeri5Malangdalammenulistekseksposisi.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.DatapenelitianyangdidapatberupatekseksposisiskaryasiswakelasX-MIASMANegeri5Malang.PenelitiberperansebagaiinstrumenkunciyangdibantudenganintrumenpendukungberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)mediapembelajaranberupaPowerPointText(PPT)danLembarKerjaSiswa(LKS)tabelpanduankodifikasidatatabelpedomananalisisdatadantabelanalisisdata.Padakegiatananalisispenulismenggunakankegiatantriangulasidatateoridanjugaahli.Tekseksposisiyangsudahdireduksiakandianalisisberdasarkanpanduananalisisdata.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehduasimpulanyangsesuaidenganrumusanmasalahpenelitian.Pertamaunsurpenalarandalamtekseksposisiterbagimenjaditigabagian.Unsurpenalarandalamtesisialahpendirian.Pendiriandapatdipilahmenjadipendirianberdasarkanfaktapendirianberdasarkannilaidanpendirianberdasarkankebijakan.Pendirianberdasarkanfaktadikategorikanmenjadiduayaknipendirianberdasarkanfaktahubungandanpendirianberdasarkanfaktaprakiraan.Pendirianberdasarkanfaktayangditemukandapatdiklasifikasimenjadipendirianberdasarkanfaktahubungandenganlingkungankesehatanteknologibudayadanhukum.Pendirianberdasarkannilaidikategorikanmenjadiempatyakninilaibudayanilaipolitik.nilaipendidikandannilaikesehatan.Pendirianberdasarkankebijakanyangditemukanberupakebijakanpemerintah.Keduaunsurpenalarandalamargumenialahbuktiyangberupabuktifaktaataubuktiopiniterhadapfakta.Buktifaktadapatdikategorikanmenjaditigabagianyakniberdasarkanpengalamanpribadidanpengalamanumum.Pengalamanumumtersebutberupapendapatahlidanprakitisipengamatanilmiahdanstatistik.Ketigaunsurpenalarandalamsimpulanadalahtindakpenalaran.Tindakpenalarantersebutdapatberupapenegasanulangataumemengaruhipembaca.Tindakpenalaranyangditulisolehsiswamenunjukkansimpulanyangdibuatadalahsimpulanyanglurusatautidakdengantesisdanargumen.KeempattekseksposisiyangditulisolehsiswakelasX-MIA5SMANegeri5Malangditemukanadanyateknikpengembanganpenalaranyangvariatif.Ada4jenisteknikyaituteknikidentifikasiteknikperbandingamteknikdefinisidanteknikanalisis.Padateknikperbandingandipilahmenjadiduayakniperbandinganlangsungdananalogi.Padateknikdefinisidipilahmenjaditeknikdefinisiformaldandefinisiluas.Terakhirialahteknikanalisisyangdapatdipilahmenjaditeknikanalisissebabakibatdanteknikanalisisfungsional.BerdasarkankelemahansiswadalammenulistesisargumendansimpulanyanglurusdengantesisdanargumenmakapenelitimemberikansarankepadagurubahasaIndonesiapenelitilanjutandansiswa.PertamagurubahasaIndonesiadisarankanuntukmenyediakansumberbacaanyanglebihsebagaisumbersiswadalammenulis.Guruharusmengajarkanmenulistekseksposisidengantahap-tahappenulisanyangsesuaidenganunsurtekseksposisinya.Gurujugadisarankanuntukmembiasakanparasiswauntukmencantumkansumberbacaanpadateksyangditulis.Selainitugurujugaharusmengajarakancaramengemukakanpendapatyangdisertaidenganbuktiyangkuat.Keduapenelitilanjutandapatmelakukanpenelitianmengembangkanbahanajarmediapembelajaranstrategidanevaluasiyangberkaitandenganpembelajarantekseksposisi.Ketigasiswaharusseringberlatihmenulistesisyangmemilikibukti.Siswajugaharusmembiasakanmenulissimpulanyanglurusdengantesisdanargumen.Selainitusiswajugadisarankanuntukselalumencantumkansumberbacaanyangdigunakankedalamhasiltulisannya.