Pengembangan bahan ajar pembelajaran teks eksposisi kelas X SMA/SMK / Munic Talova Bhakti
Main Author: | Bhakti, Munic Talova |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9464/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKBhaktiMunicTalova.2015.PengembanganBahanAjarPembelajaranTeksEksposisiKelasXSMA/SMK.Skripsi.JurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuakibatulHasanahM.Pd(II)DewiPusposariM.Pd.KataKuncibahanajarpembelajaranberbasistekstekseksposisiTekseksposisiadalahteksyangditulisdengancaramemaparkangagasanpenulisterhadapsuatumasalahyangdiperkuatdenganargumen-argumenberupafaktateoripendapatahlimaupunhasilpenelitian.MemahamimemproduksidanmenyuntingtekseksposisimerupakankompetensidasaryangharusdikuasaipesertadidikpadaKurikulum2013.Pembelajaranmenulismenjadimomokbagisebagianpesertadidik.Halinimenjadihambataninternal.Sementaraitupenggunaanbahanajaryangkurangmenarikdanketerbatasansajianmateridalampembelajaranmenulistekseksposisimenjadihambataneksternalsehinggapesertadidikmerasakesulitandalammencapaikompetensidasartersebut.Olehkarenaitudibutuhkanbahanajaryangdapatmengatasihambatandanmendukungketercapaiankompetensidasartertentu.TujuanumumpenelitianiniadalahmenghasilkanprodukberupaLKSpembelajarantekseksposisiyangmemilikikelayakanisibahasasistematikadantampilan.Adapuntujuankhususpenelitiantesebut(1)mendeskripsikanrancanganprodukawalbahanajar(2)mendeskripsikanhasilujiprodukbahanajardan(3)mendeskripsikanrevisiprodukbahanajar.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatif.DesainpenelitianinimengadaptasidesainpenelitianpengembanganBorgdanGall(1983).Adaptasidilakukanmenjadidelapantahapyaitu(1)tahapanalisiskebutuhan(2)studipendahuluan(3)perancanganprodukawal(4)ujivalidasi(5)ujilapangan(6)revisitahapawal(7)ujicobaterbatasdan(8)revisiprodukakhir.Wujuddatapenelitianiniadalahdatakualitatifdandatakuantitatif.DatakualitatifberupatuturanhasilwawancaradengangurubahasaIndonesiacatatankomentardansaranperbaikandariahlibahanajarahlipembelajaranbahasaIndonesiapraktisidansiswa.DatakuantitatifberupaskorangketyangdiperolehdariahlibahanajarahlipembelajaranbahasaIndonesiapraktisidansiswasertaskorsiswadalammengerjakantugas.Instrumenpenelitianyangdigunakanmeliputipedomanwawancaradanangketpenilaian.Hasilujiprodukbahanajarolehahlibahanajarmendapatpersentasekelayakanaspekisisebesar942%aspekbahasa875%aspekpenyajiansebesar954%danaspektampilansebesar933%.Reratakelayakansebesar924%dengankualifikasisangatlayakdandapatdiimplementasikan.Ahlibahanajarmemberikomentardansaranperlunya(a)penambahankonseptekseksposisiolehpendapatlain(b)penggunaanbahasaharusbenar-benarsesuaidenganEYDdan(c)warnasampulharuslebihdicerahkanlagi.HasilujiprodukbahanajarolehahlipembelajaranbahasaIndonesiamendapatpersentasekelayakanpadaaspekisisebesar819%aspekbahasasebesar937%aspeksistematikapenyajiansebesar937%danaspektampilansebesar928%.Reratakelayakanansebesar878%dengankualifikasisangatlayakdandapatdiimplementasikan.AhlipembelajaranbahasaIndonesiamemberikomentardansaranperbaikanyaitu(a)paparanteoritekseksposisiperludirevisi(b)latihanisiperludiperbanyakdandivariasikan(c)pemfokusankompetensidasarmenyuntingpadaaspekbahasa(d)pembatasanteori(e)pemanfaatansumberbelajardan(f)penyederhanaankombinasiwarna.Hasilujiprodukbahanajarolehpraktisimendapatpersentasekelayakanpadaaspekisisebesar861%aspekbahasasebesar875%aspeksistematikapenyajiansebesar875%danaspektampilansebesar857%.Reratakelayakansebesar865%dengankualifikasisangatlayakdandapatdiimplementasikan.Praktisimemberikomentardansaranperlunya(a)pemberiansoalobjektif(b)penggunaankatasapauntuksiswadan(c)penyajiangambarkonkretbukanilustrasikartundanpembatasanhiasanyangterlalubanyak.Hasilujiprodukbahanajarolehsiswamendapatpersentasekelayakanpadaaspekisisebesar884%aspekbahasasebesar883%aspeksistematikapenyajiansebesar929%danaspektampilansebesar925%.Persentasekeseluruhansebesar912%dengankualifikasisangatlayakdandapatdiimplementasikan.Hasilpengembanganbahanajardariaspekisimenghasilkankesesuaiankelengkapandankedalamanmatericontohsertalatihanyangmeliputikompetensidasarmemahamimemproduksidanmenyuntingtekseksposisi.BahanajardariaspekbahasamenghasilkanbahasayangkomunikatiflogisdansesuaidenganEYD.Bahanajardariaspeksistematikapenyajianmenghasilkansistematikapenyajianyangterstrukturdankonsisten.SitematikapenyajianLKSterdiriatas(a)pendahuluanyangmeliputisampuldalamidentitasLKSkatapengantardaftarisidanpetunjukpenggunaan(b)isimeliputiUnit1Unit2danUnit3yangterdiriatasmaterisingkatcontohlatihankelompokdantugasindividu(c)penutupyangmeliputirangkumandandaftarrujukan.BahanajardariaspektampilanukurandesainsampuldandesainisiLKSyangmenariksertamenumbuhkanminatsiswauntukmempelajarinya.Penyebarluasanprodukbahanajardilakukandengantigacara.Pertamadisajikandalamseminarkesesamamahasiswa.Keduaartikelhasilpenelitiandidiseminasikanmelaluimajalahonline.KetigaprodukinidapatdigunakandisekolahmenengahyangtelahmenerapkanKurikulum2013yangmembutuhkanLKS.