Pengembangan bahan ajar menulis teks fabel bermuatan pendidikan karakter untuk siswa kelas VIII SMPN 4 Malang / Liana Rochmatul Wachidah
Main Author: | Wachidah, Liana Rochmatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9462/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWachidahLianaRochmatul.2015.PengembanganBahanAjarMenulisTeksFabelBermuatanPendidikanKarakteruntuksiswaKelasVIIISMPN4Malang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Hj.YuniPratiwiM.Pd.(2)Prof.Dr.H.A.SyukurGhazaliM.Pd.KataKuncipengembanganbahanajarmenulisteksfabelpendidikankarakter.Penelitianpengembanganbahanajarmenulisteksfabelbermuatanpendidikankarakterdilatarbelakangiolehhasilstudipendahuluanbahwasaatiniterjadifenomenapenurunankualitasmoralpadausiaremaja.HaltersebutmenjadisalahsatualasanpemerintahIndonesiamengadakanprogampendidikankarakter.ImplementasipendidikankaraktermelaluipembelajaranbahasaIndonesiayaitumelaluikegiatanmenulisteksfabel.Dalamteksfabeltermuatpesanmoraldannilai-nilaikarakter.Akantetapiberdasarkanobservasiawalterdapatinformasibahwasiswamengalamibeberapakesulitandalammenulisteksfabel.Padakegiatanmenulissiswamengalamiempatkesulitanyaitu(1)siswasulitmengembangkanisiceritadaritemayangditentukan(2)siswamasihmenggunakanbahasayangbersifatujarandanbelummenggunakanbahasatulisdenganbenar(3)siswamasihragu-ragudalammenyusunkalimatyangtepatdan(4)siswabelummampumenggunakanejaanyangsesuaidengankaidah.Salahsatufaktorpenyebabnyayaitubahanajaryangbelumsesuaidengankebutuhansiswa.Bahanajaryangdigunakanbelummemudahkansiswadalammenulisteksfabelsertabelummenekankanpendidikankarakter.Upayauntukmenunjangpembelajaranyaitudiperlukanbahanajaryangmemudahkansiswadalammenulisteksfabelsehinggasiswadapatmengatasikesulitandanpembelajaranmenulisteksfabeldapatberjalandenganlancar.Selainitudiperlukanpulabahanajaryangdapatmemberikanpendidikankarakterkepadasiswamelaluipenanamannilai-nilaikarakterpadatokohdalamteksfabel.TujuanumumpenelitianiniadalahmenghasilkanprodukberupabahanajarmenulisteksfabelbermuatanpendidikankarakteruntuksiswakelasVIIISMP.TujuankhususpenelitianiniadalahmenghasilkanbahanajarmenulisteksfabelbermuatanpendidikankarakteruntuksiswakelasVIIISMPyangvaliddarisegiisisistematikakebahasaandantampilanyangsesuaidenganKurikulum2013.PenelitianinimenggunakanrancanganpengembanganbahanajaryangdimodifikasidarimodelpengembanganBorgdanGall.Berdasarkanmodeltersebutdalampenelitianiniterdapattujuhtahapanproseduryaitu(1)studipendahuluan(2)perencanaan(3)pengembangandrafproduk(4)ujicobaproduk(5)revisihasilujicobaproduk(6)ujicobalapangan(6)penyempurnaanprodukakhir.Ujiprodukdilakukandenganmelibatkan(1)ahlimenulisteksfabel(2)ahlipembelajaranmenulisteksfabel(3)praktisiataugurubahasaIndonesiadan(4)ujilapanganterbatasmelibatkansiswakelasVIIISMPN4Malang.Jenisdatapenelitianiniadalahdatanonverbaldanverbal.Datanonverbalberupaskorterhadapujiprodukbahanajaryangtelahdituliskanolehahlipraktisidansiswasertapenilaiankegiatanmenulismandirisiswa.Dataverbalberupainformasiyangdisampaikankelompokujiyaituberupacatatankomentardansaran.Padapenelitianpengembanganinimenggunakanangketpenilaiandanpedomanwawancarabebassebagaiinstrumenpengumpulandata.Analisisdatadilakukandengancara(1)mengumpulkandatanonverbalyangdiperolehdariangketpenilaian(2)mentranskripdataverbal(3)mengidentifikasimengklarifikasimemaknaidanmenyimpulkandataverbalberdasarkankelompokujidan(4)menganalisisdatadanmerumuskansimpulananalisissebagaidasaruntukmelakukantindaklanjutterhadapprodukyangdikembangkan.Penyajiandatahasilujiprodukdenganahlimenulisteksfabelmendapatpersentase897%berartitergolongsangatvaliddandapatdiimplementasikan.Penyajiandatahasilujiprodukdenganahlipembelajaranmenulisteksfabelmendapatpersentase947%berartitergolongsangatvaliddandapatdiimplementasikan.Penyajiandatahasilujiprodukdenganpraktisimendapatpersentase856%berartitergolongsangatvaliddandapatdiimplementasikan.Penyajiandatahasilujiprodukdengansubjekujiterbatasmendapatpersentase882%berartitergolongsangatvaliddandapatdiimplementasikan.Simpulanpenelitianpengembanganiniadalahbahanajarmenulisteksfabelyangdikembangkandenganmuatanpendidikankaraktermenunjukkanbahwaproduktergolongsangatvaliddansiapdiimplementasikandalampembelajaranmenulisteksfabel.Saranpemanfaatanprodukhasilpengembanganditujukankepadagurusiswapenelitilaindanpengembangproduklebihlanjut.BahanajarinidapatdimanfaatkanbagigurubahasaIndonesiayaitudenganmemilihteksfabelyangmemuatnilai-nilaikaraktersecaraselektifdanmemanfaatkanbahanajarsebagaisumberbahanpembelajaranmenulisteksfabeldenganoptimalsehinggakendaladalampembelajarandapatteratasi.Bahanajarinidapatdimanfaatkanbagisiswa.Siswadapatterlibatsecaraaktifdalampembelajaranmenulisteksfabelkarenadenganmenggunakanbahanajarmenulisteksfabelbermuatanpendidikankaraktersiswadapatmengembangkankreativitasmudahdalammengikutipembelajaranmenulisteksfabeldanmemperolehpendidikankarakter.Penelitilaindisarankanuntukmempertimbangkanbahanajarmenjadisumberinspirasidalammengembangkanbahanajaryanglebihbaik.Bahanajariniinidapatdimanfaatkanbagipengembangbahanajarlebihlanjutyaitudenganmempelajaridanmemanfaatkanbahanajaruntukmengajarkankompetensimenulisteksfabel.8195