Hubungan motivasi membaca dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP di Kota Malang / Muliyawati

Main Author: Muliyawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9451/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMuliyawati.2015.HubunganMotivasiMembacadenganKemampuanMenulisTeksEksposisiSiswaKelasVIISMPdiKotaMalang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.ImamAgusBasukiM.Pddan(II)Dr.MartutikM.Pd.KatakuncimotivasimembacakemampuanmenulistekseksposisiPerkembanganteknologidaninformasiyangsangatpesatmenuntutsetiaporanguntukmengembangkankemampuandalammendapatkanberbagaiinformasisecaracepatdansebanyak-banyaknya.Salahsatucaramendapatkaninformasiyaitumelaluimembaca.Olehsebabitupembelajarandisekolahseharusnyadiarahkanuntukmendorongsiswamendapatkanberbagaiinformasidenganmembaca.Salahsatufaktoryangmemengaruhikemampuanmembacaadalahpsikologiyangdidalamnyaadaaspekmotivasi.Motivasimempunyaiperananpentingdalammembaca.Motivasidalammembacaperluditumbuhkembangkanuntukmencapaihasilyangmaksimal.Hasildarimembacabisadiwujudkandenganmenulis.Seseorangyangsebelummenulistekseksposisimengawalinyadenganmembacaterlebihdahuluakanmempunyaiinformasitambahanyanglebihakuratdalammenyusunargumendaripadayangtidakmembaca.Olehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)motivasimembacasiswakelasVIISMPdiKotaMalang(2)kemampuanmenulistekseksposisisiswakelasVIISMPdiKotaMalangdan(3)hubunganmotivasimembacadengankemampuanmenulisteksekspsosisisiswakelasVIISMPdiKotaMalang.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankorelasional.PenelitianinibertujuanuntukmemperolehgambaranmengenaihubunganmotivasimembacadengankemampuanmenulistekseksposisidiSekolahMenengahPertama(SMP)diKotaMalang.Penelitianiniterdiriatasduavariabelyaitumotivasimembacasebagaivariabelbebasdankemampuanmenulistekseksposisisebagaivariabelterikat.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMPdiKotaMalangsedangkansampelnyamenggunakantigasekolahdiKotaMalang.SumberdatadalampenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPdiKotaMalang.SubjekpenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIISMPdiKotaMalangdengansampel182siswadaritigasekolahyaituSMPN1MalangSMPN20MalangdanSMPN26Malang.Datayangdiperolehadaduayaitu(1)datamotivasimembacaberupapilihan-pilihanjawabanyangdisediakandalamangketyangdiwujudkandalambentukskormotivasimembacadan(2)datakemampuanmenulistekseksposisiberupatesmenulistekseksposisiyangdiwujudkandalambentukskor.Keduadatatermasukdalamdatakuantitatifsehinggamenggunakanteknikanalisiskorelasiproduct-momentdariPearson.Hasilpenelitianinisebagaiberikut.PertamamotivasimembacasiswakelasVIISMPdiKotaMalangtergolongtinggidenganrentangskor7787(4286%).KeduakemampuanmenulistekseksposisisiswakelasVIISMPdiKotaMalangtergolongsangattinggidenganrentangskor8898(6099%).Ketigaadahubunganmotivasimembacadengankemampuanmenulistekseksposisi.Haltersebutdapatdibuktikandengannilaisig.(2-tailed)sebesar0021005.Besarnyakorelasiyaitu0171menunjukkanbahwatingkathubunganantarakeduavariabeltersebutsangatrendahdanbertandapositif.Haltersebutmenunjukkanbahwabentukhubungankeduavariabeltersebutadalahberbandinglurusyaitujikamotivasimembacatinggimakakemungkinankemampuanmenulistekseksposisijugatinggidanberlakupulasebaliknya.Berdasarkanhasilpenelitiandisampaikansaransebagaiberikut.Pertamagurudiharapkanmampumempertahankanmotivasimembacadankemampuanmenulistekseksposisisiswa.Keduasiswadisarankandapatmengelolamotivasimembacayangadadidalamdirinyasendirisecarabaikdanbijakkarenamotivasimembacaterbuktimempunyaihubungandengankemampuanmenulistekseksposisi.KetigaHasilpenelitianinidapatdimanfaatkansebagaireferensiuntukmengembangkanpenelitianmengenaimotivasimembacadengankemampuanmenulistekseksposisidenganwilayahpopulasilainataumengenaifaktor-faktoryangmempengaruhimotivasimembacadankemampuanmenulistekseksposisisiswa.