Hubungan motivasi membaca dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP di Kota Malang / Muliyawati
Main Author: | Muliyawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9451/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMuliyawati.2015.HubunganMotivasiMembacadenganKemampuanMenulisTeksEksposisiSiswaKelasVIISMPdiKotaMalang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.ImamAgusBasukiM.Pddan(II)Dr.MartutikM.Pd.KatakuncimotivasimembacakemampuanmenulistekseksposisiPerkembanganteknologidaninformasiyangsangatpesatmenuntutsetiaporanguntukmengembangkankemampuandalammendapatkanberbagaiinformasisecaracepatdansebanyak-banyaknya.Salahsatucaramendapatkaninformasiyaitumelaluimembaca.Olehsebabitupembelajarandisekolahseharusnyadiarahkanuntukmendorongsiswamendapatkanberbagaiinformasidenganmembaca.Salahsatufaktoryangmemengaruhikemampuanmembacaadalahpsikologiyangdidalamnyaadaaspekmotivasi.Motivasimempunyaiperananpentingdalammembaca.Motivasidalammembacaperluditumbuhkembangkanuntukmencapaihasilyangmaksimal.Hasildarimembacabisadiwujudkandenganmenulis.Seseorangyangsebelummenulistekseksposisimengawalinyadenganmembacaterlebihdahuluakanmempunyaiinformasitambahanyanglebihakuratdalammenyusunargumendaripadayangtidakmembaca.Olehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)motivasimembacasiswakelasVIISMPdiKotaMalang(2)kemampuanmenulistekseksposisisiswakelasVIISMPdiKotaMalangdan(3)hubunganmotivasimembacadengankemampuanmenulisteksekspsosisisiswakelasVIISMPdiKotaMalang.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankorelasional.PenelitianinibertujuanuntukmemperolehgambaranmengenaihubunganmotivasimembacadengankemampuanmenulistekseksposisidiSekolahMenengahPertama(SMP)diKotaMalang.Penelitianiniterdiriatasduavariabelyaitumotivasimembacasebagaivariabelbebasdankemampuanmenulistekseksposisisebagaivariabelterikat.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMPdiKotaMalangsedangkansampelnyamenggunakantigasekolahdiKotaMalang.SumberdatadalampenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPdiKotaMalang.SubjekpenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIISMPdiKotaMalangdengansampel182siswadaritigasekolahyaituSMPN1MalangSMPN20MalangdanSMPN26Malang.Datayangdiperolehadaduayaitu(1)datamotivasimembacaberupapilihan-pilihanjawabanyangdisediakandalamangketyangdiwujudkandalambentukskormotivasimembacadan(2)datakemampuanmenulistekseksposisiberupatesmenulistekseksposisiyangdiwujudkandalambentukskor.Keduadatatermasukdalamdatakuantitatifsehinggamenggunakanteknikanalisiskorelasiproduct-momentdariPearson.Hasilpenelitianinisebagaiberikut.PertamamotivasimembacasiswakelasVIISMPdiKotaMalangtergolongtinggidenganrentangskor7787(4286%).KeduakemampuanmenulistekseksposisisiswakelasVIISMPdiKotaMalangtergolongsangattinggidenganrentangskor8898(6099%).Ketigaadahubunganmotivasimembacadengankemampuanmenulistekseksposisi.Haltersebutdapatdibuktikandengannilaisig.(2-tailed)sebesar0021005.Besarnyakorelasiyaitu0171menunjukkanbahwatingkathubunganantarakeduavariabeltersebutsangatrendahdanbertandapositif.Haltersebutmenunjukkanbahwabentukhubungankeduavariabeltersebutadalahberbandinglurusyaitujikamotivasimembacatinggimakakemungkinankemampuanmenulistekseksposisijugatinggidanberlakupulasebaliknya.Berdasarkanhasilpenelitiandisampaikansaransebagaiberikut.Pertamagurudiharapkanmampumempertahankanmotivasimembacadankemampuanmenulistekseksposisisiswa.Keduasiswadisarankandapatmengelolamotivasimembacayangadadidalamdirinyasendirisecarabaikdanbijakkarenamotivasimembacaterbuktimempunyaihubungandengankemampuanmenulistekseksposisi.KetigaHasilpenelitianinidapatdimanfaatkansebagaireferensiuntukmengembangkanpenelitianmengenaimotivasimembacadengankemampuanmenulistekseksposisidenganwilayahpopulasilainataumengenaifaktor-faktoryangmempengaruhimotivasimembacadankemampuanmenulistekseksposisisiswa.