Pengaruh penggunaan media audio visual iklan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo / Vitri Andriani
Main Author: | Andriani, Vitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9450/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAndrianiVitri.2015.PengaruhPenggunaanMediaAudioVisualIklanterhadapKemampuanMenulisTeksDeskripsiSiswaKelasVIISMPNegeri2KrembungKabupatenSidoarjo.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFSUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd.(II)Dr.KusubaktiAndajaniM.Pd.KatakuncimediaaudiovisualiklanpembelajaranmenulisteksdeskripsiMenulisteksdeskripsimerupakansalahsatukompetensidasardalamKurikulum2013padajenjangSMPkelasVII.Teksdeskripsiadalahsebuahteksyangmenggambarkanataumendeskripsikansebuahobjeksecaradetailsehinggaseolah-olahpembacadapatmelihatmendengardanmerasakanobjektersebutsecaranyata.Mengacupadakriteriateksdeskripsitersebutdibutuhkanmediayangdapatmembantusiswadalammenulisteksdeskripsi.Mediaaudiovisualiklandapatmenjadisalahsatumediaalternatifdalampembelajaranmenulisteksdeskripsi.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpengaruhpenggunaanmediaaudiovisualiklanterhadapaspekkelengkapanisikerincianobjekdeskripsidanpilihankatadeskriptif.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimensemu.Desainyangdigunakandalampenelitianiniadalahnonequivalentcontrolgroupdesign.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri2KrembungKabupatenSidoarjotahunajaran2014/2015.Penentuansampeldalampenelitianinidilakukandenganteknikpengambilansampelacaksederhana(simplerandomsampling).BerdasarkantekniktersebutsampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVII-A(kelaseksperimen)dankelasVII-B(kelaskontrol).Kelaseksperimendiberikanperlakuandenganmediaaudiovisualiklansedangkankelaskontroltanpamenggunakanmediaaudiovisualiklan.Instrumenyangdigunakandalampenelitianinimeliputi(1)instrumenpretesdanpostesmenulisteksdeskripsi(2)mediaaudiovisualiklandan(3)pedomanpenilaian.AnalisisdatadilakukandenganujistatistikmenggunakanbantuanprogramSPSS16.0forWindows.UjistatistiktersebutmenggunakanujistatistiknonparametrikTwoIndependentSampleTestdenganujiMannWhitneyU.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhpenggunaanmediaaudiovisualiklanterhadapkemampuanmenulisteksdeskripsisiswaSMPNegeri2KrembungKabupatenSidoarjo.HasilujistatistikMannWhitneyUdiperolehnilaisignifikansi0000sehinggadapatdisimpulkanbahwaHaditerimaataumediaaudiovisualiklanberpengaruhsecarasignifikanterhadapkemampuanmenulisteksdeskripsi.Rata-ratakelaseksperimenlebihbesardibandingkankelaskontrolyaitu92487480.Secarakhususpenggunaanmediaaudiovisualiklanberpengaruhterhadaptigaaspekteksdeskripsiyaitukelengkapanisikerincianobjekdeskripsidanpilihankatadeskriptif.(1)HasilujistatistikMannWhitneyUterhadapskoraspekkelengkapanisidiperolehnilaisignifikansi0000sehinggadapatdisimpulkanbahwaHa1diterimaataumediaaudiovisualiklanberpengaruhsecarasignifikanpadaaspekkelengkapanisi.Rata-rataskoraspekkelengkapanisikelaseksperimenlebihbesardibandingkankelaskontrolyaitu397337.Siswayangdibelajarkanmenggunakanmediaaudiovisualiklanmendeskripsikansemuabagianobjeksecaralebihlengkapdaripadasiswayangdibelajarkantanpamenggunakanmediaaudiovisualiklan.(2)HasilujistatistikMannWhitneyUterhadapskoraspekkerincianobjekdeskripsidiperolehnilaisignifikansi0000sehinggadapatdisimpulkanbahwaHa2diterimaataumediaaudiovisualiklanberpengaruhsecarasignifikanpadaaspekkerincianobjekdeskripsi.Rata-rataskoraspekkerincianobjekdeskripsikelaseksperimenlebihbesardibandingkankelaskontrolyaitu390280.Siswayangdibelajarkandenganmediaaudiovisualiklan(kelaseksperimen)mendeskripsikanobjeklebihrincidenganmendeskripsikanciri-ciriobjeksecaradetail.(3)HasilujistatistikMannWhitneyUterhadapskoraspekpilihankatadeskriptifdiperolehnilaisignifikansi0000sehinggadapatdisimpulkanbahwaHa3diterimaataumediaaudiovisualiklanberpengaruhsecarasignifikanpadaaspekpilihankatadeskriptif.Rata-rataskoraspekpilihankatadeskriptifkelaseksperimenlebihbesardibandingkankelaskontrolyaitu307260.Siswayangdibelajarkandenganmediaaudiovisualiklanmenggunakanpilihankatadeskriptiflebihvariatifdansesuaidengandeskripsiobjekdibandingkansiswayangdibelajarkantanpamediaaudiovisualiklan.Saranyangdiajukandalampenelitianiniyakni(1)bagigurumediaaudiovisualiklandapatdijadikansebagaimediaalternatifyangvariatifdanmenarikdalampembelajaran(2)salahsatumediayangdapatdipilihadalahmediaaudiovisualiklanyangdapatdigunakanuntukpembelajaranpadakompetensidasarmenulisteksdeskripsiataukompetensidasaryanglaindan(3)bagipenelitiselanjutnyayanginginmelakukanpenelitianserupaagarlebihmemperhatikanwaktu.