Pengaruh penggunaan media video pendek fenomena alam dan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMKN 5 Malang / Vita Devi Susanti

Main Author: Susanti, Vita Devi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9442/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKSusantiVitaDevi.2015.PengaruhPenggunaanMediaVideoPendekFenomenaAlamdanSosialterhadapKemampuanMenulisTeksEksplanasiKompleksSiswaKelasXISMKN5Malang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd.(II)Drs.DwiSaksomoM.Si.KataKunciVideopendektekseksplanasikomplekspembelajaranmenulisMenulistekseksplanasikompleksmerupakansalahsatukompetensidasardiSMA/MA/SMKkelasXI.Tekseksplanasikompleksmerupakanteksyangmenjelaskanprosesmengapaataubagaimanasuatuperistiwaterjadi.Mengacupadakriteriatulisantekseksplanasikompleksyangmenitikberatkanpadaprosesterjadinyasuatuperistiwasertamerupakanwacanailmiahmakadibutuhkanbantuanmediaagartujuandaripembelajarandapattercapai.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmediavideopendekfenomenaalamdansosialterhadapkemampuanmenulistekseksplanasikomplekspada4aspekyaitu(1)kelengkapanisi(2)keruntutandankelengkapantahapan(3)kalimatsebab-akibatdan(4)kualitasejaandantandabaca.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganrancanganeksperimensemu.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXISMKN5Malang.SampelpenelitianiniadalahsiswakelasXITKJ2(kelaseksperimen)danTKJ3(kelaskontrol).Instrumenyangdigunakanadalahvideotesuntukmenulistekseksplanasikompleksdanrubrikpenilaian.Teknikpengumpulandatadengantesmenulistekseksplanasikompleks.Kelaseksperimendiberiperlakuandenganvideopendekfenomenaalamdansosialdalammenulistekseksplanasikomplekssedangkankelaskontroltanpavideo.AnalisisdatadilakukandenganmenggunakanujiMannWhitneyUdenganbantuanSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhpenggunaanmediavideopendekfenomenaalamdansosialterhadapkemampuanmenulistekseksplanasikompleks.Penggunaanmediavideopendekfenomenaalamdansosialberpengaruhpadaempataspekyaitu(1)kelengkapanisisiswamampumenulistekseksplanasikomplekssesuaidengankelengkapanisiyangmeliputipernyataanumumsemuatahapandariprosesterjadinyafenomenadansimpulanyangberisiopiniatausimpulandariteks(2)keruntutandankelengkapantahapansiswamampumenuliskansemuatahapandarisuatufenomenasecararuntutdanlengkap(3)kalimatsebab-akibatkalimatsebab-akibattersebutmemilikikonjungsisebabatauakibatsepertikarenaakibatnyadandisebabkanolehdan(4)kualitasejaandantandabaca.Rata-ratanilaiposteskelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Rata-ratanilaikelaseksperimenpadawaktupostesadalah91sedangkankelaskontrol81.Selainiturata-rataskortiapaspekdalammenulistekseksplanasikomplekskelaseksperimenjugalebihtinggidaripadakelaskontrol.Rata-ratatiapaspektersebutyaitu(1)kelengkapanisikelaseksperimenmemilikirata-rata37sedangkankelaskontrol34(2)keruntutandankelengkapantahapankelaseksperimenmemilikirata-rata39sedangkankelaskontrol35(3)kalimatsebab-akibatkelaseksperimenmemilikirata-rata37sedangkankelaskontrol34dan(4)kualitasejaandantandabacakelas