Perbandingan hasil belajar kognitif siswa kelas XI dengan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain (PDEODE*E) pada materi larutan penyangga / Dhika Adhitya Cahya Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Dhika Adhitya Cahya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/94396/
Daftar Isi:
  • RINGKASANPratiwiDhikaAdhityaCahya.2019.PerbandinganHasilBelajarKognitifSiswaKelasXiDenganModelPembelajaranPredict-Observe-Explain(POE)DanPredict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain(PDEODEE)PadaMateriLarutanPenyangga.SkripsiJurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Dra.SitiMarfuahM.S(II)HerunataS.PdM.PdKataKunciModelpembelajaranPOEmodelpembelajaranPDEODEEhasilbelajarkognitifPendidikantelahmenjadikebutuhanpentingbagisetiapnegara.Pelaksanaanpembelajarandalampendidikanbertujuanmembentukkaraktersiswayangaktifdalammemecahkanmasalah.Salahsatupendukungutamapembelajaranadalahmodelpembelajaran.BerdasarkanPermendikbudNo.22Tahun2016pembelajaranScientifiecdapatmembentukkaraktersiswayangaktifsepertimodelpembelajaranPOEdanPDEODEE.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangmenggunakanmodelpembelajaranPredict-Observe-Explain(POE)denganPredict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain(PDEODEE).PenelitiandilaksanakandiSMAN2Ponorogo.Bentukpenelitianiniadalahquasieksperimen.Pemilihansampeldalampenelitianinimenggunakanteknikclusterrandomsamplingsehinggadidapatkan2kelasyaitukelasXIMIPA3danXIMIPA7.KelasXIMIPA3merupakankelaskontrolyangdibelajarkanmodelpembelajaranPredict-Observe-Explain(POE)dankelaseksperimenadalahkelasXIMIPA7yangdibelajarkandenganmodelPredict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain(PDEODEE).Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpretest-posttestcontrolgroupdesign.Nilaiprestestkelaskontroldaneksperimendigunakanuntukmengetahuiadatidaknyaperbedaankemampuanawalantarakeduakelastersebut.NilaiposttestdigunakanuntukmengetahuilebihtinggimanahasilbelajarkognitifyangmenggunakanmodelPredict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain(PDEODEE)atauyangmenggunakanmodelpembelajaranPredict-Observe-Explain(POE).HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerlaksanaanpembelajaranpadakelasyangmenggunakanmodelPredict-Observe-Explain(POE)sebesar975%dankelasyangmenggunakanmodelPredict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain(PDEODEE)sebesar95%.Keterlaksanaanpembelajaranpadakeduakelastermasukkategorisangatbaik.HasilpenelitianjugamenunjukkanbahwahasilbelajarkognitifsiswayangmenggunakanmodelPredict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain(PDEODEE)lebihtinggidaripadayangmenggunakanmodelPredict-Observe-Explain(POE).Rata-ratahasilbelajarkognitifkelaseksperimenadalah76sedangkanrata-ratahasilbelajarkognitifkelaskontroladalah70.Hasilpenelitianinidiperkuatdenganhasilperhitunganonetailedttestyangmenunjukkanbahwadanthitungttabeldengannilaithitungsebesar2129dannilaittabelsebesar1669.