Keefektifan kalimat dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan / Eka Listiyaningsih
Main Author: | Listiyaningsih, Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9436/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKListiyaningsihEka.2015.KeefektifanKalimatdalamTeksEksposisiKaryaSiswaKelasXSMANegeri2Lamongan.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.NurchasanahM.Pd.(II)Drs.DwiSaksomoM.Si.KataKuncikalimatefektiftekseksposisipembelajaranmenulisPenelitianinibertujuanmendeskripsikankeefektifankalimatdalamtekseksposisiberdasarkankesepadanankepararelandankehematankalimatdalamtekseksposisikaryasiswakelasXSMANegeri2Lamongan.PenelitianinimenarikkarenapembelajarantekseksposisisudahdiajarkanpadajenjangSMP/MTSsehinggatekseksposisisudahdikenalsiswaSMA/MA/SMK.Akantetapipenggunaankalimattidakefektifmasihseringditemukandalamtekseksposisikaryasiswa.Olehkarenaitupenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdengandesainpenelitianstudidokumen.Datapenelitianiniberupakesepadanankeparalelandankehematankalimat.Sumberdatapenelitianiniyaitukalimat-kalimatyangterdapatdalamtekseksposisikaryasiswakelasXISS1danXIBBSMANegeri2Lamongan.Prosedurpengumpulandatapenelitianinimenggunakanstudidokumendanteknikwawancara.Pengumpulandatadilakukandenganmengidentifikasidatayanglayakditelitimerekamdatakedalamtabelpenyajiandatadanmemberikankodepadamasing-masingdata.Instrumenutamadalampenelitianiniadalahpenelitisendiridengandibantuintrumentambahanberupapanduanwawancarapanduankriteriakelayakandatadanpanduananalisisdata.Untukmenjagakeabsahandatadilakukandenganketekunanpengamatanpengecekansejawatdandiskusidengandosenpembimbing.Kegiatananalisisdatadilakukandenganreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianinisebagaiberikut.Pertamaberdasarkanhasilanalisis325kalimatditemukan186kalimatsepadan(572%)dan139kalimattidaksepadan(428%).Kesepadanankalimatditandaidengankejelasanfungsisubjekpredikatdanobjek.Kejelasanfungsisubjekdapatdilihatdarikeberadaansubjekdanpredikattidaktergangguolehfungsiketerangandankonjungsiintrakalimattidakdipakaidalamkalimattunggal.Kejelasanpredikatdapatdilihatdaripredikatdalamkalimattersebuttidakdidahuluiolehkatayang.Sementaraitukejelasanfungsiobjekdapatdilihatdaripredikatyangberupakatakerjatransitifselaludiikutiolehobjek.Keduaberdasarkanhasilanalisis325kalimatditemukan162kalimatyangmemilikikesejajaran(498%)dan163kalimattidaksejajar(502%).Kepararelankalimatditandaidengankesejajaranbentukmaknadanperincian.Kesejajaranbentukdapatdilihatdaripengunaanfrasakoordinatifdankalimatmajemuksetara.Kesejajaranmaknadapatdilihatdarikesejajarankatayangdigunakandenganartikatatersebut.Kesejajaranperinciandapatdilihatdarikesejajarankatayangdigunakandalammenuliskansebuahperincian.Ketigaberdasarkanhasilanalisis325kalimatditemukankehematankalimatsejumlah172kalimathemat(529%)dan153kalimattidakhemat(471%).Kehematankalimatdapatditandaidenganpenghematankatatugassubjekkesinonimankatadantidakmenjamakkankatayangberbentukjamak.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankankepadagurubahasaIndonesiaagarlebihmemperhatikanpenyampaianmaterikeefektifankalimatkhususnyakesepadanankepararelandankehematankalimat.Gurudapatmenentukanlangkah-langkahpembelajaranuntukmeningkatkankeefektifankalimatdalamtulisansiswa.Selainitugurudiharapkanmemeriksakembalikesepadanankepararelandankehematankalimatdalamtekseksposisikaryasiswa.Haltersebutdilakukanagarsiswadapatmelakukanperbaikanpadaprosesbelajarmengajarselanjutnya.Bagisiswadisarankanagarlebihmemperhatikankeefektifankalimatkhususnyakepararelankalimatdalamtekseksposisi.Siswadiharapkanmenghindaripenggunaanbentukmaknadanperincianyangtidaksejajar.Siswaharuslebihgiatberlatihmenggunakankalimatparareldengantepat.