Keefektifan kalimat dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan / Eka Listiyaningsih

Main Author: Listiyaningsih, Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9436/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKListiyaningsihEka.2015.KeefektifanKalimatdalamTeksEksposisiKaryaSiswaKelasXSMANegeri2Lamongan.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.NurchasanahM.Pd.(II)Drs.DwiSaksomoM.Si.KataKuncikalimatefektiftekseksposisipembelajaranmenulisPenelitianinibertujuanmendeskripsikankeefektifankalimatdalamtekseksposisiberdasarkankesepadanankepararelandankehematankalimatdalamtekseksposisikaryasiswakelasXSMANegeri2Lamongan.PenelitianinimenarikkarenapembelajarantekseksposisisudahdiajarkanpadajenjangSMP/MTSsehinggatekseksposisisudahdikenalsiswaSMA/MA/SMK.Akantetapipenggunaankalimattidakefektifmasihseringditemukandalamtekseksposisikaryasiswa.Olehkarenaitupenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdengandesainpenelitianstudidokumen.Datapenelitianiniberupakesepadanankeparalelandankehematankalimat.Sumberdatapenelitianiniyaitukalimat-kalimatyangterdapatdalamtekseksposisikaryasiswakelasXISS1danXIBBSMANegeri2Lamongan.Prosedurpengumpulandatapenelitianinimenggunakanstudidokumendanteknikwawancara.Pengumpulandatadilakukandenganmengidentifikasidatayanglayakditelitimerekamdatakedalamtabelpenyajiandatadanmemberikankodepadamasing-masingdata.Instrumenutamadalampenelitianiniadalahpenelitisendiridengandibantuintrumentambahanberupapanduanwawancarapanduankriteriakelayakandatadanpanduananalisisdata.Untukmenjagakeabsahandatadilakukandenganketekunanpengamatanpengecekansejawatdandiskusidengandosenpembimbing.Kegiatananalisisdatadilakukandenganreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianinisebagaiberikut.Pertamaberdasarkanhasilanalisis325kalimatditemukan186kalimatsepadan(572%)dan139kalimattidaksepadan(428%).Kesepadanankalimatditandaidengankejelasanfungsisubjekpredikatdanobjek.Kejelasanfungsisubjekdapatdilihatdarikeberadaansubjekdanpredikattidaktergangguolehfungsiketerangandankonjungsiintrakalimattidakdipakaidalamkalimattunggal.Kejelasanpredikatdapatdilihatdaripredikatdalamkalimattersebuttidakdidahuluiolehkatayang.Sementaraitukejelasanfungsiobjekdapatdilihatdaripredikatyangberupakatakerjatransitifselaludiikutiolehobjek.Keduaberdasarkanhasilanalisis325kalimatditemukan162kalimatyangmemilikikesejajaran(498%)dan163kalimattidaksejajar(502%).Kepararelankalimatditandaidengankesejajaranbentukmaknadanperincian.Kesejajaranbentukdapatdilihatdaripengunaanfrasakoordinatifdankalimatmajemuksetara.Kesejajaranmaknadapatdilihatdarikesejajarankatayangdigunakandenganartikatatersebut.Kesejajaranperinciandapatdilihatdarikesejajarankatayangdigunakandalammenuliskansebuahperincian.Ketigaberdasarkanhasilanalisis325kalimatditemukankehematankalimatsejumlah172kalimathemat(529%)dan153kalimattidakhemat(471%).Kehematankalimatdapatditandaidenganpenghematankatatugassubjekkesinonimankatadantidakmenjamakkankatayangberbentukjamak.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankankepadagurubahasaIndonesiaagarlebihmemperhatikanpenyampaianmaterikeefektifankalimatkhususnyakesepadanankepararelandankehematankalimat.Gurudapatmenentukanlangkah-langkahpembelajaranuntukmeningkatkankeefektifankalimatdalamtulisansiswa.Selainitugurudiharapkanmemeriksakembalikesepadanankepararelandankehematankalimatdalamtekseksposisikaryasiswa.Haltersebutdilakukanagarsiswadapatmelakukanperbaikanpadaprosesbelajarmengajarselanjutnya.Bagisiswadisarankanagarlebihmemperhatikankeefektifankalimatkhususnyakepararelankalimatdalamtekseksposisi.Siswadiharapkanmenghindaripenggunaanbentukmaknadanperincianyangtidaksejajar.Siswaharuslebihgiatberlatihmenggunakankalimatparareldengantepat.